-->

Header Menu

Cara Menangkap Burung Tekukur Liar

Cara Menangkap Burung Tekukur Liar

Assalamualaikum para pecinta kicau mania sesabang dan setanah air, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara menjerat burung tekukur.

Cara membuat jebakan burung ptekukur. Burung tekukur merupakan salah satu burung yang memiliki suara yang merdu. Tidak sedikit pecinta kicau mania yang memelihara burung ini baik itu hasil dari pasar burung maupun dari hasil tangkapan liar.
Untuk anda yang ingin tau bagaimana caranya membuat jebakan burung tekukur berikut saya akan mengajarkan bagaimana caranya membuat jebakan burung tekukur.

Untuk cara menjebak burung tekukur pakai kenur pancingan atau benang nilon, sediakan bahan-bahan berikut:

1. Kenur atau benang nilon yang berwarna hitam atau putih.
2. Belahan bambu yang telah di bentuk.
3. Lidi atau tusuk sate yang pendek dan tajam.
4. Lidi atau tusuk sate yang panjang dan lentur.
5. Bambu kecil panjang buat tiang jebakan.

Cara kerja:
Bambu yang telah dibelah yang sudah di bentuk di tancap kan ke tanah, dan di sebelah kiri, lidi atau tusuk sate pasang di sebelah nya.
Lidi atau tusuk sate kecil yang sudah di ikat ke bambu kecil jadikan tiang dan di tancap kan di sebelah nya lalu lidi atau tusuk sate kecil di tarik sampai melengkung, dan kait kan ke belahan bambu yang sudah di bentuk dan apit dengan lidi atau tusuk sate yang panjang, kenur yang di bentuk bulat di ujung lidi atau tusuk sate kecil di taruk di atas lidi atau tusuk sate panjang.
Bentuknya melingkar, setelah lidi atau tusuk sate yang panjang di injak oleh siburung tekukur nya kemudian lidi atau tusuk sate kecil lepas dari kait nya lalu bambu kecil yang panjang yang di tarik sampai melengkung akan menarik kenur tersebut kaki, burung tekukur terikat karena dibawah kaki nya terpasang kenur yang di bentuk melingkar dengan ikatan yang kendor atau bisa mulur dikakinya.

Menjebak burung tekukur, memakai jantrot cara menjebak burung tekukur, jebakan dengan cara ini bisa menjerat lebih dari satu burung tekukur, bahkan bisa sampai satu rombongan bisa kena semua karena jerat ini di pasang banyak dan mengelilingi jantrot tersebut, memasangan jebakan ini bisa di pasang di daerah yang banyak tekukur nya seperti daerah persawahan.

Jantrotnya di taruh di bawah dan mulai pasang jerat nya, mengelilingi jantrot tersebut memasang jerat ini tidak lah sulit cukup dengan di tancapkan ke tanah, jerat ini sudah siap menunggu mangsanya. jerat ini terbuat dari benang nilon dan kenur pancingan dengan tiang dari besi yang ujung nya tajam.

Biasanya tersedia di pasar burung dan bisa juga di buat sendiri menjebak burung memang menyenangkan dan bisa menghasilkan uang yang banyak.

Demikian Trik dari saya tentang cara menangkap burung Tekukur di Alam liar. Semoga bermanfaat.

2 Responses to "Cara Menangkap Burung Tekukur Liar"