-->

Header Menu

Keunikan Dan Mitos Burung Serindit

Keunikan Dan Mitos Burung Serindit

Assalamualaikum para pecinta kicau mania, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan artikel tentang Keunikan Burung Serindit Yang Sangat Spektakuler.
Serindit merupakan burung dalam genus burung paruh bengkok Loriculus.

Ukuran tubuh burung serindit ini berukuran kecil dan penyebaran burung serindit meliputi hutan tropis di Asia Tenggara.

Burung serindit umumnya memiliki bulu berwarna hijau muda dengan ekor yang pendek.
Burung Serindit termasuk animalia dengan filum chordata, kelas aves, ordo psittaciformes, keluarga Psittacidae atau burung paruh bengkok dengan genus Loriculus.

Burung yang punya nama lain Sindit dan Seindit ini, di wilayah tertentu di Indonesia, menjadi burung klangenan atau burung favorit. Nama burung serindit ini berbeda-beda di setiap wilayah.
Bagi sebagian kelompok masyarakat, burung serindit bukan hanya sekedar burung kicau atau burung hias saja namun untuk sebagian orang burung ini dikaitkaitan dengan cerita mitos.

Misalnya bagi kalangan orang melayu Burung serindit
Bagi orang melayu Riau misalnya, Serindit sudah lama dimitoskan bahkan diabadikan dalam berbagai cerita rakyat dan dijadikan lambang-lambang kebijaksanaan, keindahan, keberanian, kesetiaan, kerendahan hati maupun lambang kearifan.

Beragamnya lambang dan mitos yang dimiliki oleh burung serindit ini, menyebabkan unsur burung ini dimasukkan pula ke dalam lambang Propinsi Riau, yakni pada “Hulu Keris” yang disebut “Hulu Keris Kepala Serindit”, yang melambangkan keberanian, arif dan bijaksana di dalam menegakkan kebenaran dan keadilan.

Lambang Keris digunakan oleh masayarakat riau sebagai lambang kebanggaan yaitu digunakan sebagai lambang bagian pakaian lengkap adat Riau, hulunya yang bermotif Serindit.

Ada banyak sekali gelar yang diberikan pada burung serindit ini ,salah satunya Di dalam cerita-cerita rakyat Riau, terutama kisah mengenai dunia fauna, burung ini disebut dengan gelar “Panglima Hijau”.

Di dalam kehidupan orang Melayu Riau, sangkar berisi burung  Serindit digantungkan di bagian depan rumah, tidak jauh dari ambang pintu rumah.

Penempatan ini dikaitkan pula dengan adanya kepercayaan, bahwa burung serindit dapat menolak “sihir”, dan hal-hal buruk lainya.

Ciri-ciri Burung Serindit

Untuk ciri-ciri burung serindit dapat dikenali dengan melihat bentuknya seperti burung parkit, tetapi ekor pada burung serindit lebih pendek.

Untuk bulu sayap burung serindit berwarna hijau tua, dan pada ujungnya terdapat warna merah kuning, hitam dan dibalik sayap burung serindit terdapat warna biru tua.

Badannya berwarna hijau muda bercampur kekuning- kuningan, sedangkan punggungnya terdapat warna kuning, merah, biru dan terdapat sedikit kecoklatan.

Ekor burung serindit berwarna hijau tua bercampur dengan merah, biru, kuning dan kecoklatan.

Paruh burung serindit berwarna berwama hitam dengan sedikit warna putih, sedangkan di puncak kepalanya terdapat warna biru untuk serindit melayu dan berwarna merah untuk serindit Sulawesi.

Untuk membedakan burung serindit jantan dan betina sangat mudah, kita hnya cukup memperhatikan warna pada burung saja yaitu pada burung serindit jantan pada bagian atas dadanya terdapat warna merah berbentuk bulatan, sedangkan pada Serindit betina warnanya hijau kekuningan, gidak terdapat warna merah sedikitpun.

Perbedaan warna di bagian atas dada inilah yang memudahkan orang untuk membedakan apakah serindit itu jantan atau betina.

Burung serindit memiliki jari kaki yang agak besar, yang lebih mirip jari kaki burung nuri. Jari kaki burung serindit berjumlah empat jari.

Burung serindit ini memiliki bentuk tubuh yang relatif kecil, sifatnya lincah dan pemberani, terutama yang jantannya.

Untuk habitat burung serindit hidup di hutan-hutan lebat, dan juga sering ditemukan diperkebunan warga yaitu perkebunan kelapa sawit. Hidup Burung serindit selalu berkelompok dan berpasangan, mereka berpasangan bisa sampai 2-3 pasang.

Di daerah Riau, populasi Serindit yang terbesar adalah di daerah daratan Sumatera, Sedangkan didaerah riau sendiri jumblahnya tidak terlalu banyak dibandingkan daratan sumatra.

Daerah penyebaran burung serindit meliputi Semenanjung Melayu, Singapura, Kep. Anamba Kalimantan, Kep. Riau, Bangk, Belitung, Sumatera dan pulau- pulau seperti Nias, Siberut, Sipora dan Enggano.

Makanan burung serindit terdiri dari nektar, bunga, buah-buahan, biji-bijian dan kemungkinan serangga kecil.

Untuk perkembangbiakan burung serindit antara bulan Januari dan Juli.

Sarang burung serindit terdapat di lubang pohon yang hidup atau yang sudah mati.

Sarangnya terletak sekitar 10 m dari atas tanah. Diameter lubang sarang berukuran kira-kira 8 cm. Kedalaman sarangnya sekitar 45 cm dengan lebar 30 cm. Alas sarang terdiri dari daundaun dan rerumputan.

Serindit betina membawa bahan untuk sarang dengan cara diselipkan pada bulubulu tunggingnya.

Musim bertelur burung serindit ini dimulai saat bulan januari dan juli. Sedangkan untuk jumlah telur yang dihasilkan dari burung serindit dalam sekali bertelur hanya sebanyak 3 butir telur saja.

Waktu pengeraman telur burung serindit memakan waktu sekitar 3-4 minggu.

Keunikan Yang Dimiliki Oleh Burung Serindit

Keunikan Burung serindit dapat dilihat dari gaya tidurnya yang mirip dengan kelelawar, yaitu bergelantungan dengan membalikan badan.

Pada saat makan pun burung serindit melakukan hal yang sama yaitu bergelantungan disangkar maupun didahan dan ranting pohon.

Saat berada di alam bebas, burung serindit bergelantungan pada dahan / cabang pohon, baik pada waktu tidur maupun sewaktu menyantap buah-buahan.

Sedangkan sewaktu dalam pemeliharaan di sangkar ataupun di kandang. Burung serindit pada umumnya bergelantungan pada bagian atas atau jeruji sangkar atau kandang.

Apabila di rumah anda banyak tikusnya, jeruji yang ada di bagian atas dan dinding kandang perlu anda buat rangkap dua.

Tujuan membuat dua rangkap sangkar yaitu, supaya kaki serindit pada saat bergelantungan tidak akan dimakan tikus.

Selanjutnya untuk pemeliharaan yang ada di dalam sangkar, selama sangkar digantungkan, rasanya susah sekali untuk tikus untuk mendekatinya dan sangat tidak mungkin tikus dapat menjangkau sarang.

Akan lebih baik apabila Anda menyiapkan satu tenggeran lagi. Yang bertepat di bawah atap sangkar, supaya burung dapat dengan leluasa bergelantungan di sana. Dan burung serindit lebih nyaman.
( Baca Juga: Jenis-jenis Burung Serindit )
Itulah artikel tentang Keunikan Dan Mitos Burung Serindit. Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa share artikel ini...

0 Response to "Keunikan Dan Mitos Burung Serindit "

Post a Comment