-->

Header Menu

Kolibri Manggar Dan Cara Perawatanya

Assalamuallaikum para pecinta kicau mania sesabang dan setanah air. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan informasi burung kolibri manggar dan cara perawatanya.

Kolibri adalah burung yang berukuran 6-7 cm, burung kolibri termasuk kedalam kategori burung yang berukuran kecil.

Penyebaran burung kolibri meliputi Amerika utara dan Amerika selatan.

Burung kolibri mempunyai warna bulu yang bervariasi, meliputi warna merah, biru, ungu, dan kuning. warna burung kolibri jika saat terbang lebih mirip warna minyak yang terkena air.

Di Indonesia sendiri burung kolibri memilik beberapa jenis yaitu.

Konin/kolibri ninja, kolibri mangar, kolibri sepah raja, kolibri wulung, kolibri jawa/jago, kolibri ekor merah dan kolibri kelapa leher merah.

Dari beberapa jenis burung kolibri diatas saya akan membahas jenis kolibri manggar.

Kolibri mangar atau yang biasa kita kenal dengan nama kolibri kelapa adalah salah satu jenis burung kolibri atau burung madu yang memiliki postur tubuh yang relatif lebih besar dibandingkan dengan jenis kolibri lainya.


Hal ini dapat dikenali dari paruhnya yang lebih besar sehingga memungkinkan burung ini memakan ulat hongkong dan voer.

Burung Kolibri Kelapa atau Manggar ini memiliki nama latin yaitu Anthreptes Singalensis. Tempat yang disukai oleh kolibri manggar yaitu berupa kebun kelapa dan hutan bunga.

Burung kolibri manggar di alam liar, banyak dijumpai di kawasan hutan mangrove, perkebunan kelapa dan pinggiran pantai.

untuk mencari makanan, burung ini mencari berupa serangga kecil seperti laba-laba, kupu-kupu kecil dan nektar dari bunga-bunga yang bermekaran seperti bunga sepatu, kelapa, pisang, gersen dan lain sebagainya. Yang memiliki kandungan nektar tinggi.

Seperti jenis burung madu lainnya tentu burung kolibri kelapa atau maggar ini juga mempunyai warna bulu metalik yang mengkilap dan khas. Pada kolibri kelapa warna metalik tersebut menghias pada bagian kepala hingga tengkuk dengan variasi warna biru, kuning dan ungu yang cantik bersinar saat terkena sinar matahari.

Dilihat dari suara kicauannya maka suara burung kolibri kelapa atau manggar ini juga mempunyai kualitas suara yang tak kalah menarik dengan jenis burung kicau lainnya. Suara kolibri manggar juga identik dengan suara besetan atau crecetan khas yang rapat, kencang dan juga melengking. Membuat banyak orang tertarik dengan suaranya.


Suara kicauan burung kolibri manggar kerap dijadikan bahan masteran untuk burung kicau lainnya. Dengan kualitas suara kicaunya yang khas ditambah lagi dengan parasnya yang cantik membuat banyak orang tertarik untuk merawatnya.

Perawatan burung kolibri memang dikenal relatif lebih sulit dibandingkan dengan burung kicauan lainya yang memiliki bentuk paruh pendek dan kokoh. Hal ini wajar sebab burung madu selalu memiliki bentuk paruh yang kecil dan panjang.

Jika pada perawan burung kicau lainya, untuk memberi pakannya sangat mudah didapat berbeda dengan pakan kolibri manggar yang harus berupa nektar.

Selain kesulitan pada pemberian pakannya, kolibri juga memiliki kesulitan pada paruhnya, yang sangat kecil Sehingga membuatnya kesulitan menyantap makanan yang dihidangkanpemilik, berupa voer dan serangga kecil.

Tapi itu semua tidak berlaku untuk kolibri kelapa. Karna kolibri manggar ini diyakini perawatannya lebih mudah sebab memiliki bentuk paruh yang relatif besar. Dibandingkan jenis kolibri lainya.

Cara Membedakan kolibri jantan dan betina

Membedakan koibri jantan dan betina dapat dikenali lebih mudah jika usianya sudah dewasa begitupun sebaliknya. Sebab pada usia dewasa warna metalik yang menghias di tubuh kolibri jantan tampak terang bersinar. Dan suara kicauan burung pejantan pun diyakini lebih keras dan melengking dibanding kolibri betina.

Untuk anda yang tertarik memelihara kolibri manggar perlu diingat bahwa burung kolibri termasuk burung dilindungi di Indonesia sebab ia memiliki peranan penting dalam penyerbukan bunga secara alami.

Perawatan Kolibri Manggar

Perawatan kolibri manggar tidak jauh berbeda dengan perawatn burung kolibri lainya, yang terpenting kita harus menyediakan minuman manis pengganti nektar, voer, kroto atau ulat kecil sebagai menu hariannya.

Berikut perawatan harian kolibri manggar mulai subuh sampai malam hari.

Pada pukul 05.30, gantung sangkar burung diteras rumah anda untuk diembunkan. Pengembunan sangat bermanfaat untuk kestabilan birahi dan mempercepat kolibri bahan menjadi cepat bunyi dan ngeroll.

Pada pukul 06.20 turunkan sangkar burung, ambil tempat nektar dan kroto. Ganti air minum dengan yang baru. Lalu Gantung kembali sangkar burung ditempat yang terkena sinar matahari secara langsung. Biasanya setelah terkena sinar matahari burung akan mandi ditempat minum. Biarkan kolibri mandi ditempat minumnya Jangan sekali-kali memandikan kolibri dengan cara di gebyur secara langsung dengan gayung, karna itu akan membuat kolibri mati.

Bila perlu mandikan burung kolibri dengan cara disemprot secara perlahan, tapi jangan menyemprot pada bagian mata dan telinga burung.

Pada pukul 08.30 jika burung sudah terbang kesana kemari dan membuka paruhnya pertanda bahwa penjemuran sudah cukup. Turunkan sangkar burung lalu masukan nektar ,voer dan kroto. Ganti air minum yang sudah dipakai buat mandi tadi.

Lalu taruh kembali sangkar burung ditempat yang teduh lalu angin-anginkan. Biasanya burung akan langsung bunyi jika sudah diangin- anginkan.

Pada pukul 10.45 ambil sangkar burung dan masukan sangkar burung kedalam rumah dan dikrodong. Taruh ditempat yang terang dan tenang. Selama burung dikerodong burung bisa di masteri dengan suara-suara masteran burung lain yang anda inginkan.

Pada pukul 14.00 buka kerodong lalu taruh sangkar burung diteras. Halaman rumah anda.

Pada pukul 16.30 masukan kembali sangkar burung ke dalam rumah. Agar burung dapat beristirahat dengan tenang, dan bebas dari gangguan serangga. Pada saat malam hari burung bisa dimasteri lagi sampai ke esokan harinnya.

Baca Juga: Masteran kolibri sampai gacor

Itulaha cara perawatan burung kolibri manggar. Semoga artikel ini bermanfaat.

2 Responses to "Kolibri Manggar Dan Cara Perawatanya"