-->

Header Menu

Begini Cara Akurat Membedakan Burung Nuri Pelangi Jantan dan Betina

Cara Akurat Membedakan Nuri Pelangi Jantan dan Betina

Assalamulaikum kicau mania sesabang dan setanah air. Ya, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips tentang cara membedakan burung Nuri Pelangi jantan dan Betina.
Burung Nuri Pelangi meruapakan salah satu jenis burung nuri yang paling populer diindonesia.

merupakan burung yang masuk dalam kategori burung yang berukuran kecil. Ukuran tubuh burung nuri pelangi yaitu berkisaran antara 30-35cm.

Yang membuat para pecinta kicau mania memburu burung ini yaitu diakibatkan oleh warna dari bulu burung ini.

Warna bulu burung nuri pelangi yaitu terdiri dari perpaduan warna antara merah, kuning, biru, orange, hijau dan hitam.

Berbeda dengan jenis burung nuri yang lain yang hanya memiliki perpaduan warna yang tidak terlalu banyak, yang biasanya perpaduan warna antara hijau dan kuning.

Di alam liar, burung nuri pelangi hidup secara berkelompok, setiap kelompok berjumlah antara 5-6 ekor. Burung ini dialam liar memakan berupa buah-buahan dan juga biji-bijian.

Untuk harga burung nuri pelangi dipasar burung bisa dibilang cukup mahal yaitu berkisaran antara Rp. 700.000-750.000

Itulah salah satu penyebab banyak sobat kicau mania di indonesia memburu burung ini, baik itu untuk di jadikan penghias rumah, maupun di gunakan untuk mendulang keuntungan yang lebih besar yaitu Di Ternak.

Baiklah, mari kita mulai ketipsnya yaitu bagaimana cara membedakan Nuri Pelangi jantan dan betina.

1. Melihat Bentuk Kepala Burung

Yang pertama, untuk membedakan Nuri Pelangi jantan dan betina yaitu kita bisa melihat bentuk kepala burung. Untuk bentuk kepala burung nuri pelangi jantan yaitu berbentuk persegi. Sedangkan untuk kepala Nuri pelangi betina berbentuk bulat.

Sobat bisa mengecek bentuk lepala burung dengan cara menangkap burung nuri sobat, selanjutnya memegang/meraba kepala sang burung dengan lembut.

2. Melihat Bentuk Tubuh Burung

Selain melihat bentuk kepala burung nuri pelangi untuk membedakan jenis kelamin jantan dan betina, sobat juga bisa melihat bentuk tubuh burung nuri pelangi untuk membedakan jenis kelamin jantan dan betina.

Untuk bentuk tubuh nuri pelangi jantan berbentuk lebih kekar dan pada saat berdiri burung nuri pelangi jantan terlihat lebih tegak dan kuat. Dan pada bentuk dadanya, burung nuri pelangi jantan memiliki bentuk dada yang berbentuk tebal dan tidak bulat.

Sedang untuk nuri pelangi betina, pada saat berdiri keadaan burung nuri pelangi terlihat agak membungkuk. Dan pada bentuk dadanya berbentuk bulat dan agak datar.

3. Melihat Warna Bulu Dadanya.

Selanjutnya untuk membedakan jenis burung nuri pelangi jantan dan betina yaitu kita bisa memperhatikan warna bulu dada burung nuri pelangi.

Yaitu pada warna bulu burung nuri pengi jantan yaitu berwarna kuning gelap, dan juga warnanya agak tua dan kental.

Sedangkan pada warna bulu dada burung nuri pelangi betina berwaran kuning yang lebih pudah dibandingkan nurinpelangi jantan.

Secara keseluruhan warna bulu burung nuri pengi jantan lebih terang dan tua, dan pada warna bulu burung nuri pelangi betina lebih pudah dan terlihat agak muda.

4. Melihat Cara Makan Nuri Pelangi.

Selanjutnya yang bisa sobat lakukan dalam membedakan jenis kelamin burung nuri pelangi jantan dan betina bisa juga sobat lakukan dengan cara melihat bagaimana cara makanya.

Pada burung nuri pelangi jantan pada saat makan sang burung akan makan dengan cara membusungkan dadanya dan smbil melompat-lompat untuk mengambil makananya.

Sedangkan pada nuri pelangi betina pada saa makan, dia tidak membusungkan dadanya dan juga memakan makanan lebih tenang dan ayu.

Itulah tadi tips dari saya tentang bagaimana cara membedakan jenis kelamin jantan dan betina burung nuri pengi.

Yang harus sobat lakukan dalam membedakan jenis kelamin jantan dan betina dari burung nuri pelangi ini yaitu ketelitian sobat. Semoga artikel ini bermanfaat.




0 Response to "Begini Cara Akurat Membedakan Burung Nuri Pelangi Jantan dan Betina"

Post a Comment