-->

Header Menu

Cara Menjinakan Burung Nuri Pelangi Dengan Mudah

Cara Menjinakan Burung Nuri Pelangi Dengan Mudah

Assalamulaikum kicau mania sesabang dan setanah air. Ya, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips tentang cara menjinakan burung nuri pelangi atau perkici pelangi.

Nuri pelangi atau nama latinya trichoglossus haematodus merupakan salah satu burung paruh bengkok yang masih dalam spesies kakak tua Australia yang dapat ditemukan di Australia, Indonesia Timur, Papua Nugini, Kalodenia baru, kepulauan soloman dan Vanuatu.

Di Australia sendiri burung nuri pelangi dikenal dengan nama lorikeet pelangi. Sedangkan diindonesia biasa kita kenal dengan nama Perkici pelangi/nuri pelangi.
Untuk ukuranya, burung nuri pelangi masuk dalam kategori burung yang berukuran sedang yaitu berkisaran antar 40-50cm.


Di idonesia burung nuri pelangi cukup populer untuk dipelihara sebagai penghobi maupun untuk diternak. Mengingat harga burung nuri pelangi ini cukup tinggi, sangat menguntungkan untuk Ditangkar Dan Diternak.

Selain dikarenakan oleh harga burung ini yang tinggi, yang membuat banyak peminat burung inipun dikarena penampilan burung nuri pelangi yang sangat cantik yaitu perpaduan antara warna hijau, kuning, merah, hitam dan biru.

Jika soba membeli nuri pelangi dari pasar burung atau membeli langsung ditempat penangkaran burung nuri pelangi biasanya sobat mendapatkan burung yang masih dalam keadaan liar. Untuk menjinakan burung nuri pelangi sebenarnya bisa dikatakan cukup mudah, kuncinya yaitu harus sabar dan tekun. Berikut saya akan mengajarkan bagaimana cara menjinakan nuri pelangi.

Cara Menjinakan Nuri Pelangi Dengan Mudah.

1. Adaptasi.

Mengapa hal pertama yang harus diperhatikan adalah adaptasi? Adaptasi sangat penting untuk burung yang masih baru karena burung yang masih baru dibeli dari pasar burung ataupun dari penghobi burung, pasti saat kita beli dan kita tempatkan di sangkar barung yang telah kita siapkan pasti si burung akan merasa takut dan glabakan.

Maka dari itu kita harus memperkenalkan sangkar barunya. Salah satu hal yang perlu sobat diperhatikan ialah sangkar yang sobat gunakan, usahakan jangan menaruh burung nuri pelangi disangkar yang tertutup. Karena sangkar tertutup hanya cocok untuk proses berternak burung. Berbeda halnya jika sobat hanya ingin mengkoleksinya saja, sobat bisa membuatkan tangkringannya saja lalu mengikatnya dengan menggunakan rantai burung yang sobat bisa dapatkan dipasar burung.

2. Perhatikan Penempatan Sangkarnya.

Tidak hanya sangkarnya saja yang harus sobat perhatikan, namun sobat juga harus memperhatikan penempatan sangkarnya. Setelah sobat memiliki sangkarnya setelah itu untuk menjinakan burung nuri ialah sobat bisa meletakan sangkar burung nuri pelangi ditempat ramai. Dimana tempat yang banyak orang berlalu-lalang seperti di depan pintu sobat atau didepan teras rumah sobat.

Karena semakin sering burung melihat manusia secara dekat maka lambat laun burung akan terbiasa dengan keberadaan manusia lama kelamaan burung akan jinak dengan sendirinya. Karna tidak takut lagi dengan keberadan manusia.

3. Memberikan Pakan Dengan Tangan Langsung.

Salah satau cara yang bisa sobat lakukan untuk menjinakan nuri pelangi yaitu dengan cara memberikan pakan dengan tangan sobat langsung. Karena dengan cara ini burung dan sobat bisa lebih akrab.

Namun, untuk awal-awal pasti burung tidak langsung mau makan ditangan sobat langsung, pasti si burung merasa takut, maka dari itu untuk pertama kali sobat bisa memberikan pakan dengan menggunakan sendok atau kayu. Jika siburung sudah mulai takut, barulah sobat coba memberikan pakan si burung dengan menggunakan tangan sobat langsung.

Memang cara ini memang sedikit berbahaya, karena jika sarung tangan yang sobat gunakan tipis atau tidak menggunakan sarung tangan, maka bersiaplah tangan sobat luka. Saran saya jika sobat ingin memberikan makan burung nuri pelangi dengan tangan langsung, sobat harus menggunakan sarung tangan yang tebal. Sobat bisa memberikan pakan berupa biji-bijian seperti, biji miled, biji bunga matahari, biji jagung muda dan lainsebagainya.

4. Ajak Burung Nuri Bermain.

Mengajak burung nuri bermain merupakan salah satu cara menjinakan burung nuri pelangi. Karena bermain merupakan dunia burung nuri. Jika sobat bersungguh-sungguh dalam melatih nuri pelangi, pasti dalam waktu yang cukup singkat nuri pelangi pasti akan mampu memperlihatkan beberapa atraksi. Salah satu pelatihan yang bisa sobat lakukan yaitu melatih nuri pelangi dengan menggunakan bola. Semakin sering sobat mengajak burung nuri bermain-main maka burung nuri yang sobat miliki akan bisa semakin jinak.

5. Memandikan Burung Nuri

Salah satu cara yang harus sobat lakukan untuk menjinakan burung nuri pelangi yaitu bisa dengan cara memandikan sang burung. Caranya yaitu menyemprot burung nuri dengan menggunakan semprotan burung sampai basah kuyub.

Karena pada saat basah kuyub burung nuri pelangi akan terdiam disangkarnya tidak glabakan lagi. Nah, disitulah sobat bisa mengambil kesempatan yaitu dengan cara menangkap burung dan mulai memberikan pakan untuk burung, perlu diingat pada saat menyemprot burung, jangan menyemprot burung pada bagian hidung dan telinga burung, karna jika air semprotannya sampai masuk hidung atau telinga burung. Itu akan berdampak buruk untuk kesehatan burung.

Setelah proses memandikan burung telah selesai, selanjutnya proses penjemuran burung, jemurlah burung sobat dibawah terik matahari sampai burung kering.

6. Melatih Nuri Berbicara

Semakin sering sobat mengajak burung nuri berbicara maka burung nuri sobat akan lebih mudah jinak. Saran saya jangan berbicara kepada burung sobat pada saat banyak orang, karena ditakutkan sobat dianggap gila nantinya hehehehe..

Sobat bisa melatihnya dengan mengajarkanya sepatah dua kata, maka lama-kelaman burung nuri sobat akan terbiasa dengan keberadaan sobat.

Itulah beberapa cara untuk menjinakan burung nuri pelangi dengan mudah. Sekali lagi saya ingatkan bahwa untuk menjinakan burung nuri pelangi hal yang paling utama yaitu sobat harus sabar dan tekun. Maka sobat akan mendapatkan hasil yang maksimal pula.


0 Response to "Cara Menjinakan Burung Nuri Pelangi Dengan Mudah"

Post a Comment