-->

Header Menu

Jenis-Jenis Burung Puyuh Yang Memiliki Keunikan Luar Biasa

Jenie-Jenis Burung Puyuh Yang Memiliki Keunikan Luar Biasa

Assalamualaikum kicau mania sesabang dan setanah air. Ya, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi tentang Jenis-jenis burung Puyuh yang sangat unik.

Burung Puyuh merupakan salah satu jenis burung liar yang tidak bisa terbang tinggi seperti burung pada umumnya.

Burung puyuh mampu terbang tinggi hanya sampai 1-2 meter saja dan jauh jarak yang dicapaipun tidak terlalu jauh seperti halnya burung pada umumnya.

Bahkan untuk burung puyuh petelur yang digunakan ternak tidak bisa terbang sama sekali.

Di indonesia sendiri burung puyuh digunakan oleh manusia untuk diternak dan dipelihara sebagai penghias rumah.

Burung puyuh penghias untuk dimanfaatkan keindahan bulunya dan juga suaranya yang enak didengar.

Sedangkan untuk burung puyuh perternak unggul untuk dimanfaatkan telurnya sebagai kepentingan pangan dan mendulang keuntungan yang lebih.

Dipasaran biasanya burung puyuh dijual dengan harga yang sangat terjangkau yaitu berkisaran antara Rp.5.000-7.000 .

Dipasaran burung puyuh tidak dijual dalam keadaan hidup melainkan dijual sudah dalam keaadaan untuk dikonsumsi layaknya ayam potong.

Tidak hanya dijual dagingnya saja, namun burung puyuh dipasaran dimanfaatkan juga telurnya untuk dikonsumsi langsung atau di olah menjadi berbagai makanan atau masakan siap saji. Sampai sekarang ini telur dan juga daging dari burung puyuh ini sangat tinghi pasokanya, dan permintaanya pun semakin tinggi.

Itulah yang membuat para peternak diindonesia beralih fungsi menjadi peternak burung puyuh.

Ternyata banyak juga para pecinta burung puyuh diindonesia yang tidak mengetahui jenis-jenis dari burung puyuh.

Maka dari itu saya akan membagikan artikel ini tentang jenis-jenis dari burung puyuh.

Sebenarnya burung puyuh memiliki dua kategori yaitu burung puyuh hias dan juga burung puyuh petelur yang didalam kategori itu terdapat jenis-jeninya.

Burung Puyuh Hias


1. Burung Puyuh Mahkota

Yang pertama yaitu jenis burung puyuh mahkota, mengapa disebut burung puyuh mahlota, karena burung puyuh jenis ini memiliki jambul yang mirip mahkota pada kepanya.
Jambul tersebut berwarna merah dengan bulu tubuhnya berwarna coklat agak orange.

Jambul mahkota itulah yang membuat burung puyuh ini memiliki daya tarik tersendiri untuk di jadikan penghias rumah kita. Perbedaan antara puyuh mahkota jantan dan betina terdaoat pada warnanya.

Burung puyuh mahkota jantan memiliki warna ekor yang berwarna merah terang.
Sedangkan pada puyuh mahkota betina memiliki warna bulu yang agak kebiruan dan tidak memiliki kipas dikepalanya.

2. Burung Puyuh Gonggong

Selanjutnya yaitu jenis burung Puyuh Gonggong yaitu jenis burung puyuh yang memilii suara yang sangat keras dan unik.
Keunikan suara burung puyuh ini yaitu mirip seperti suara gonggong yang sedang dipukul. Itulah yang membuat burung puyuh ini danamakan burung puyuh gonggong.

Selain dilihat darisuaranya yang sangat unik, burung puyuh gonggong inipun memiliki warna bulu yang lumayan indah juga yaitu berwarna agak gelap dengan perpaduan warna coklat dan kuning.

3. Burung Puyuh Batu 

Burung puyuh batu dengan nama latin Coturnix Chinensis ini merupakan jenis burung puyuh yang memiliki jeunikan tersendiri.
Burung puyuh jenis ini memiliki ukuran tubuh yang lumayan besaryaitu berkisaran antara 15-20cm.

Burung puyuh jantan memiliki warna bulu pada bagian perut burung berwarna kehitaman dengan terdapat garis garis hitam.

Sedangkan pada bagian ekor burung berwarna coklat dan agak kehitaman.

Sedangkan pada burung puyuh betina memiliki warna tubuh  yaitu campuran antara hitam dan coklat. Pada bagian ekor burung berwarna merah dan agak kekuningan dengan garis garis hitam.  Burung puyuh batu mampu bertelur sampai 5 - 6 butir telur sekali bertelur.

4. Burung Puyuh Albino

Burung puyuh albino atau biasa disebut jugu puyuh putih, merupakan jenis burung puyuh yang memiliki keunikan tersendiri yaitu memiliki warna bulu putih keseluruhan.
Burung puyuh putih memang sangat banyak kita lihat dipelihara oleh pecinta burung diindonesia untuk dijadikan penghias rumah atau untuk di pelihara sebagai teman untuk menghilangkan rasa lelah setelah beraktivitas. Dikarenakan keindahan dari burung ini.

Burung puyuh albino ini muncul secara tidak sengaja yaitu muncul akibat rekayasa genetika dari perkembang biakan burung puyuh lainya.

5. Burung Puyuh Rimba Sumatra

Burung puyuh rimba sumatra merupakan jenia burung puyuh yang masuk kedalam kategori burung puyuh hias, dikarena memiliki keunikan tersendiri yaitu sering berbunyi di pagi hari.
Burung puyuh rimba sumatra biasanya dapat ditemukan di area hutan datar di sumatra. Burung ini dialam liar hidup secara berkelompok. Setiap kelompok bisa sampai 3-5 ekor.

Jenis Burung Petelur


Jenis burung puyuh petelur merupakan jenis burung puyuh yang dimanfaatkan telur dan dagingnya untuk dikonsumsi.

Tapi sebagian besar burung petelur ini diapasaran dijual hanya telurnya saja. Karena burung petelur hanya diternak.

Burung puyuh petelur ini merupakan jenis burung puyuh yang memiliki kemapua bertelur yang lebih baik dibandingkan jenis burung puyuh hias. Dikarenakan burung puyung petelur ini sudah dirancang dari genetikanya dan diberikan kemampuan bertelur yang baik.

Burung puyuh petelur mampu bertelur 1 sampai 2 telur dalam waktu sehari tanpa melalui proses kawin.

Berikut merupakan jenis burung puyuh petelur unggulan yang ada diindonesia.

1. Burung Puyuh Lokal kualitas pertama
Burung puyuh lokal pertama merupakan jenis burung puyuh petelur yang masuk kedalam kualitas pertama.

Burung puyuh jenis ini memiliki ukuran tubuh yang kecil dan memiliki warna tubuh yang berwarna hitam agak kecoklatan.

Burung puyuh jenis ini biasa disebut dengan sebutan burung puyuh biasa.

2. Burung puyuh jumbo kualitas kedua
Jenis burung puyuh jumbo merupakan jenis burung puyuh petelur yang masuk kedalam kategori burung puyuh petelur kualitas 2.

Burung puyuh jenis ini memiliki warna bulu yang sama dengan warna bulu burung puyuh lokal yaitu berwarna hitam dan agak coklat, namun perbedaanya yaitu burung puyuh jenis ini memiliki  ukuran tubuh yang lebih besar.

3. Burung puyuh petelur jumbo kualitas ketiga
Selanjutnya yaitu burung puyuh petelur jumbo, yaitu jenis burung puyuh yang memiliki kualitas paling bagus, perbedaanya yaitu terdapat pada bagian warna, burung ini memiliki warna kecoklatan. Yang bissa di sebut puyuh golden.

Burung puyuh jenis ini meiliki kualitas telur yang lebih baik dibandingkandengan jenis yang lain yaitu ukuran telurnya lebih besar dari kualitas 1 dan 2.

Untuk harganya sendiri burung puyuh hias merupakan burung ouyuh yang memiliki harga jual yang paling mahal dibandingkan dengan burung puyuh petelur.

Dikarenakan burung puyuh petelur hanya digunakan sebagai petelur saja untuk diambil keuntunganya. Berbeda dengan burung puyuh hias yang dijual dengan harga yang mahal dikarenakan kualitas penampilan dan suaranya yang lebih baik.

Itulah artikel dari saya tentang jenis-jenia burung puyuh yang ada diindonesia. Semoga bermanfaat.











0 Response to "Jenis-Jenis Burung Puyuh Yang Memiliki Keunikan Luar Biasa"

Post a Comment