-->

Header Menu

Cara Mengatasi Bulu Rontok Pada Lovebird Dengan Cepat Dan Mudah

Cara Mengatasi Bulu Rontok Pada Lovebird Dengan Cepat Dan Mudah


Assalamulaikum kicau mania sebangsa dan setanah air. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips tentang Cara Mengatasi Bulu Lovebird Rontok Sampai Pulih Kembali.

Seperti yang kita tahu bahwa burung Lovebird merupakan salah satu burung hias yang memiliki bulu yang sangat cantik dan sangat bervariasi, selain memiliki bulu yang sangat cantik, burung lovebird juga memiliki corak warna yang sangat unik dan cantik. Contohnya perpaduan warna seperti warna hijau bercorakan warna kuning dan merah.
Disamping burung Lovebird memiliki bulu - bulu yang sangat cantik, ternyata tidak sedikit pula pecinta kicau mania yang mengeluhkan bahwa burung Lovebird yang mereka miliki terkena penyakit Bulu Rontok.

Sangat disayangkan bukan jika hal ini terjadi pada burung Lovebird kesayangan sobat, pasti malamnya sobat nga bisa tidur wkwkwk..

Karena bagi para pecinta kicau mania khususnya pecinta Lovebird, pasti mengiginkan bahwa lovebird miliknya tetap sehat, baik itu sehat secara fisiknya ataupun sehat dalam suara kicauanya.

Namun, permasalahn Lovebird mengalami Rontok pada bulu - bulunya ini tidak hanya disebabkan oleh penyakit alaminya saja,  namun permasalahan Lovebird mengalami rontok pada bulunya ini juga sering disebabkan oleh kelakuan Lovebird itu sendiri seperti, Lovebird yang mencabut - cabut bulunya sendiri karena disebabkan Over birahi, atau karena Lovebird memiliki banyak kutu.

Untuk itu sobat sebagai pemilik harus tau bagaimana cara menangani bulu Lovebird yang rontok, namun untuk mengatasi kita harus butuh kesabaran dan juga ketelitian yang estra. Karena seperti yang kita tahu bahwa waktu yang dibutuhkan burung untuk menumbuhkan bulunya membutuhkan waktu yang cukup lama.

Untuk mempermudah sobat dalam mengatasi bulu Lovebird yang rontok, sobat harus tau terlebih dahulu penyebabnya. Karena jika sobat sudah tau penyebabnya, maka untuk mengatasinyapun sobat bsa lebih mudah.

Sebelum tau tentang bagaimana cara mengatasinya, simak terlebih dahulu penyebabnya. Berikut merupakan beberapa penyebab:

Penyebab - penyebab Buku Rontok Pada Lovebird


  • Burung Lovebird yang sobat miliki mengalami kekurangan Vitamin dan mineral, untuk mengatasi masalah ini, sobat barus memberikan makanan yang mengandung Vitamin dan mineral yang tinggi, seperti memberikan berupa buah - buahan.
  • Burung Lovebird mengalami atau terkena penyakit cacingan sehingga menyebabkan bulunya rontok, cacingan yang seperti ini merupakan cacingan yang sangat parah yang biasa disebut cacing kronis.
  • Selain disebabkan oleh kekurangan Vitamin dan mineral, ternyata bulu burung Lovebird yang rontok juga bisa disebabkan oleh kekurangan Protein, untuk mengatasi ini yang harus sobat lakukan ialah memberikan makanan yang mengandung protein pada Lovebird sobat.
  • Bulu Lovebird yang rontokpun selain disebabkan oleh beberapa masalah diatas, ternyata bulu rontok pada lovebird tersebut bisa disebabkan oleh faktor keturunanya.

Itulah tadi penyebab - penyebab bulu rontok yang terjadi pada burung Lovebird, nah, sekarang mari kita lanjut ketahap yang paling penting yaitu cara mengatasi buku rontok pada Lovebird. Simak ulasan berikut ini:

Cara Mengatasi Bulu Rontok Pada Lovebird


1. Pemberian Vitamin


Yang pertama yaitu dengan cara memberikan obat yang bisa mengurangi bulu Rontok pada Lovebird, disini kita bisa menggunakan Vitamin obat yang bernama Orbird. Namun pemberian vitamin ini tidak akan langsung sembuh, hal ini membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk melihat hasilnya.

Baca Juga: Cara Meracik Ramuan Rahasia Lovebird Biar Bisa Ngekek Panjang

Vitamin ini tidak hanya bisa mengurangi kerontokan bulu pada lovebird saja, namun juga bisa menyembuhkan sakit dan lemas yang disebabkan bulu rontok yang parah pada Lovebird. Jadi menurut saya vitamin ini sangat recomended banget untuk mengatasi masalah kerontokan bulu Lovebird.

Cara pemberianya cukup mudah yaitu dengan cara mencampurkan Vitamin Orbird ini pada makanan dan minuman Lovebird sobat.

2. Memberikan Buah Dan Sayur


Jika bulu burung Lovebird sobat rontok disebabkan oleh stress pada burung, sobat bisa mengatasinya dengan cara memberikan buah - buahan dan sayur - sayuran, sebaiknya sobat memilih buah - buahan dan sayuran yang dapat menurunkan tingkat stress, namun sebelum buah - buahan dan sayur - sayuran pada lovebird, sobat harus memastikan bahwa buah dan sayuran tersebut sudah steril, untuk menghindari serak pada burung.

3. Proses pemandian


Sobat juga harus memperhatikan proses pemandianya, jika bulu burung Lovebird sobat rontok disebabkan oleh kutu, maka sobat sangat dianjurkan untuk memandikan Lovebird dengan menggunakan air Tembakau, banyak pecinta kicau mania yang menggunakan air tembakau ini untuk digunakan sebagai menghilangkan kutu pada burung.

Sobat bisa memandikan burung Lovebird sobat sebanyak 2 kali sehari dengan menggunakan air Tembakau ini.

4. Pemulihan Bulu


Untuk memulihkan bulu Lovebird kembali seperti semula, sobat bisa menggunakan asam linolet, asam linolet ini dipercaya mampu menumbuhkan bulu lovebird yang rontok dan juga mampu mempercantik kembali bulunya.

Nah itulah tadi tips dan cara perawatan burung lovebird untuk menumbuhkan bulunya yang rontok yang disebabkan oleh beberapa penyebab seperti diatas, semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa share ya gan,,

0 Response to "Cara Mengatasi Bulu Rontok Pada Lovebird Dengan Cepat Dan Mudah"

Post a Comment