-->

Header Menu

Cara Akurat Membedakan Burung Decu Jantan Dan Betina

Cara Akurat Membedakan Burung Decu Jantan Dan Betina

Burung Decu merupakan jenis burung kicau yang memiliki suara kicauan yang lantang dan juga sangat merdu. selain memiliki suara kicauan yang sangat merdu, burung decu inipun mampu menirukam suara kicauan burung yang di dengarnya.

Selain itu juga burung decu ini memiliki ukuran tubuh yang tergolong burung kecil namun unik. Pada saat inipun burung decu memiliki lumayan banyak peminat di kalangan pecinta kicau mania.

Banyak yang mengatakan bahwa burung decu ini merupakan burung kecer mini, hal ini dikarnakan oleh ciri-ciri yang dimiliki oleh burung decu ini hampir mirip dengan burung kecer, mulai dari warna bulunya sampai pada habitatnyapun sama seperti burung kecer.

Habitat asli burung decu ini yaitu daerah-daerah dataran rendah yang gersang dan juga di daerah perumahan-perumahan warga. Dan untuk penyebaranya di indonesia burung decu ini tersebar di bebeapa pulau di indonesia seperti pulau jawa, kalimantan dan juga sulawesi. Tidak jarang burung decu ini dapat ditemukan juga di perkebunan warga seperti persawahan atau tanah lapang.

Perlu sobat ketahui bahwa burung decu ini merupakan jenis burung kicau yang keberadaanya sekarang ini masuk kedalam daftar burung kicau yang terancam punah, hal ini dikarnakan oleh semakin meningkatnya penangkapan burung decu di alam liar, sehingga burung decu tidak sempat untuk berkembang biak.

Hal inilah yang membuat harga burung decu dipasaran semakin hari semakin meningkat. Ini merupakan kabar baik bagi sobat yang gemar menangkar burung kicau, jadi untuk sobat yang ingin mendapatkan untung lebih sebaiknya sobat menangkar burung decu ini.

Nah, untuk sobat yang tertarik ingin menangkar burung decu ini, sebaiknya terlebih dahulu sobat mengetahui jenis kelamin jantan dan betina burung decu, agar saat sobat membeli burung decu ini dipasaran sobat sudah tidak kesulitan lagi.

Cara Membedakan Jenis Kelamin Jantan Dan Betina Burung Decu

Ciri - ciri Burung Decu Jantan


  • Ukuran tubuh burung decu jantan lebih besar dan sedikit lebih panjang, selain itu juga pada saat berdiri burung decu jantan akan terlihat lebih tegak dan gagah.
  • Bentuk kepala burung decu jantan berukuran lebih besar dan agar panjang.
  • Suara kicauan burung decu jantan lebih nyaring, panjang dan juga lebih bervariasi.
  • Warna bulu burung decu jantan di dominasi dengan wana yang lebih hitam pekat dengan warna putih di bagian strip sayapnya, dan pada bagian bawah perutnya sampai ekornya memiliki warna yang sama dengan burung kecer tretes.
Ciri - ciri Burung Decu Betina

  • Warna bulu tubuhnya lebih didominasi dengan warna coklat agak terang dengan perpaduan warna putih dibagian perutnya.
  • Sedangkan untuk ukuran tubuhnya burung decu betina memiliki postur tubuh yang lebih kecil dan luat, pada saat berdiri terlihat agak membungkuk.
  • Ukuran kepalanya lebih kecil dan juga terlihat lebih bulat.
  • Suara kicauan burung decu betina lebih terdengar monoton dan memiliki suara volume yang kecil.
Baca Juga: Jamu Rahasia Burung Kecer Agar Cepat Gacor
Sebenarnya untuk membedakan jenis kelamin burung decu jantan dan betina itu sangatlah mudah, sobat hanya perlu melihat warna bulunya yang mencolok, untuk burung decu jantan memiliki warna sayap yang didominasi dengan warna hitam mengkilap. Sedangkan burung decu betina memiliki warna bulu yang lebih didominasi dengan warna coklat keabuan.

0 Response to "Cara Akurat Membedakan Burung Decu Jantan Dan Betina"

Post a Comment