-->

Header Menu

Jenis Jenis Burung Punai dan Keunikanya

Jenis Jenis Burung Punai dan Keunikanya 


Burung Punai atau dalam bahasa inggris di sebut (Green Pingeon) ini merupakan salah satu jenis burung hutan yang yang memiliki penampilan tubuh yang sangat cantik. Burung Punai ini merupakan jenis burung yang masing masuk kedalam keluarga genus burung merpati.

Jika di lihat dari penampilan dan bentuk tubuhnya, burung Punai ini memiliki sedikit perbedaan yang mencolok dengan burung Merpati. Jika burung Merpati hanya memiliki ragam warna yang hanya satu atau dua jenis saja, namun burung Punai ini memiliki ragam warna bulu yang lebih bervariasi. Seperti warna hijau, kuning, orange, merah, hitam dan biru.

Namun, variasi warna tersebut hanya terdapat pada jenis burung Punai jantan saja, dan tidak terdapat pada jenis burung Punai betina yang hanya memiliki variasi warna hijau saja. Hal inilah yang menjadi perbedaan mendasar dari jenis burung Punai jantan dan betina.

Untuk habitatnya sendiri burung Punai ini dapat di temukan di
daerah bagian Asia Tenggara seperti Indonesia, Vietnam,
Singapura, Thailand, Filipina, Cina, Malaysia, dan Kamboja.
Burung Punai ini umumnya berhabitat asli di bagian hutan
pantai, hutan magrove, hutan sekunder, hutan rawa-rawa, perkebunan yang berpohon jarang, di sekitar pemukiman, tempat-tempat terbuka dan juga
lembah yang memiliki ketinggian sampai dengan 1500 dpl.

Di Indonesia sendiri burung Punai ini memiliki beberapa jenis yang tersebar luas di hutan-hutan lebat di beberapa daerah seperti Kalimantan, Sulawesi, Sumatra dan Pulau Jawa.

Pada saat membuat sarang burung Punai biasanya membuat sarang di pepohonan yang memiliki ketinggian yang cukup extrim yaitu mencapai 5 sampai 10m. Pada saat membuat sarang, burung Punai merupakan burung yang terkenal pemalasnya saat membangun sarangnya, bisa di lihat dari bentuk sarangnya saja, sarang burung Punai hanya terbentuk dari ranting-ranting yang sangat tipis dan mudah hancur, sampai-sampai jika dilihat dari luar, telur-telurnya akan tampak terlihat jelas.

Baiklah, untuk teman-teman yang penasaran dengan jenis-jenis dan ragam burung Punai yang ada di Indonesia, silahkan simak ulasanya berikut ini.

Punai Penganten (Treron griseicauda)

Yang pertama yaitu jenis burung Punai Penganten. Jenis burung Punai yang satu ini memiliki karakteristik seperti berikut, burung Punai penganten jantan memiliki ciri-ciri warna pada bagian bahu berwarna merah padam, dan pada bagian kepalanya berwarna abu-abu.

Sedangkan pada jenis burung Punai penganten betina memiliki warna yang hampir sama hanya saja, warna pada bagian wajahnya berwarna hijau muda. Dan untuk warna ekor dari Punai penganten jantan dan betina berwarna hijau pada bagian tengah ekornya dan pada warna bagian luarnya berwarna abu-abu.

Punai Salung (Treron oxyura)

Jenis burung Punai Salung ini memiliki ciri-ciri yaitu berwarna hijau muda dengan sedikit warna abu-abu pada seluruh bagian tubuhnya. Dan memiliki satu keunikan yang tidak di miliki jenis burung Punai yang lainya yaitu memiliki bentuk ekor yang panjang dan agak runcing. Dengan jenis Punai Salung jantan memiliki ciri-ciri warna pada bagian tengkuk atau bagian belakang leher berwarna biru kebiruan.

Punai Lenguak (Treron curvirosra)

Jenis burung Punai yang tersebar di Indonesia salah satunya yaitu Punai Lenguak. Burung Punai Lenguak memiliki ciri-ciri seperti berikut, Keunikan jenis burung Punai Lenguak ini yaitu terdapat pada bentuk paruhnya yang mana bentuk paruhnya berukuran agak lebih besar.

Pada jenis burung Punai Lenguak jantan memiliki ciri-ciri warna merah padam pada bagian bahu, dengan ciri khas mahkota yang berwarna abu-abu dengan pangkal paruh yang berwarna merah. Sedangkan pada jenis burung Punai betina memiliki warna hijau yang tersebar pada selur tubuhnya dengan warna mahkota yang berwarna abu-abu. Baik itu pada jenis burung Punai Lenguak jantan ataupun betina sama-sama memiliki waran pada tengah bagian ekornya berwarna hijau dengan warna bulu luarnya yaitu abu-abu.

Punai Gagak (Treron sphenura)

Jenis burung Punai Gagak jantan yaitu memiliki warna pada bagaian tubuhnya berwarna hijau muda dengan warna bahaunya yaitu merah padam. Sslain itu juga jenis Punai Gagak Jantan memiliki warna mahkota dan dadanya berwarna kuning emas.

Sedangkan pada jenis burung Punai Gagak Betina memiliki warna hijau sepenuhnya dengan warna pada bagian mahkotanya yaitu hijau muda.

Punai Siam (Treron bicincta)

Selanjutnya yaitu jenis burung Punai Siam, burung Punai Siam memiliki ciri-ciri yaitu pada Punai jantan memiliki kepala berwarna
hijau muda dengan leher merah muda, dada orange, dan tengkuk berwarna abu-abu. Sedangkan pada Punai Siam betina memiliki ciri-ciri  kepala dan leher berwarna hijau dengan tengkuk berwarna abu-abu. Dan juga pada bagian ekornya berwarna kehitaman.

Punai Gading (Treron vernans)

Selanjutnya yaitu jenis Punai Gading, jenis Punai gading memiliki ciri-ciri seperti berikut yaitu pada jenis Punai Gading jantan memiliki kepala berwarna
abu-abu, leher merah jambu, dan pada bagian dada berwarna range. Sedangkan pada jenis Punai Gading betina berwarna hijau dengan tubuh bawah berwarna lebih muda. Dan warna pada bagian ekornya yaitu berwarna abu-abu.

Punai Bakau (Treron fulvicollis)

Jenis Punai Bakau memiliki ciri-ciri seperti berikut, jenis Punai bakau jantan memiliki kepala dan dada berwarna coklat dan bahu dan punggung berwarna merah padam. Sedangkan pada Punai Bakau betina memiliki warna yang mirip dengan Punai Bakau jantan, hanya saja pada bagian tengkuknya berearna hitam.

Punai Besar (Treron capellei)

Berbeda dengan jenis Punai yang lainya, burung Punai yang satu ini memiliki ukuran tubuh yang lebih besar, dengan kaki yang berwarna kuning. Punai Besar jantan memiliki dada yang berwarna orange dan tungging berwarna coklat, sedangkan si betina mirip jantan dengan warna yang sedikit lebih buram.

Punai Kecil (Treron olax)

Dilihat dari namanya saja, tentunya sudah terbayang di benak sobat bukanbahwa ukuran tubuh dari jenis burung Punai ini yaitu lebih kecil. Pada burung Punai kecil jantan memiliki kepala yang berearna abu-abu, pada bagian dadanya berwarna  orange, dan pada bagian bahu serta punggungnya berwarna  merah padam.
Baca Juga: Jenis Burung Kolibri Yang Hidup di Indonesia
Sedangkan pada jenis Punai Kecil betina berwarna hijau dengan warna mahkota abu-abu serta bagian dada dan perut berwarna hijau muda. Dan pada bagian ekornya berwarna kehitaman.


0 Response to "Jenis Jenis Burung Punai dan Keunikanya"

Post a Comment