-->

Header Menu

Daftar Harga Burung Lovebird Terbaru 2019 [Terupdate]

Harga Burung Lovebird 2019

Kicau mania SangkarLapis, burung Lovebird dari tahun-ketahun semakin dikenal masyarakat luas karena memiliki ciri khas warna bulu dan suaranya yang menarik yang tentunya dapat mempengaruhi harga di pasaran. Bahkan tak jarang burung Lovebird sering diadakan dalam kontes perlombaan.

Harga setiap jenis burung Lovebird berbeda-beda karena memiliki karakteristik dan nilai julanya masing-masing, selain itu dari tahun ketahun harga burung Lovebird di pasaran cenderung berubah-rubah. Pada pembahasan ini, kita akan membahas karakteristik tiap jenis burung Lovebird dan taksiran harganya di pasaran yang berlaku saat ini.
Jenis Burung LovebirdHarga Anakan Harga Dewasa
Lovebird Albino mata hitamRp 400.000Rp 900.000
Lovebird Albino mata merahRp 900.000Rp 1.500.000
Lovebird Biola murniRp 7.000.000Rp 18.000.000
Lovebird Biru CobaltRp 300.000Rp 700.000
Lovebird Biru VioletRp 400.000Rp 900.000
Lovebird BatmanRp 350.000Rp 800.000
Lovebird BlorokRp 900.000Rp 1.500.000
Lovebird Dakocan BiruRP 450.000Rp 600.000
Lovebird Dakocan HijauRp 300.000Rp 500.000
Lovebird EuwingRp 2.500.000Rp 5.500.000
Lovebird Josan (Hijau Standar)Rp 100.000Rp 200.000
Bagi orang awam, tentu belum mahir membedakan berbagai jenis burung Lovebird yang dipasaran, sehingga tidak bisa membedakan harga sesuai tiap jenisnya masing-masing. Pada pembahasan kita kali ini, kita akan membahas karakteristik tiap jenis burung Lovebird dan taksiran harganya di pasaran yang berlaku saat ini.

Harga Burung Lovebird Albino

lovebird albino
Lovebird Albino
Lovebird Albino memiliki ciri khas unik dari warna bulunya yang putih polos. Warna tersebut didapat dari hasil persilangan gen resesif warna bulu lovebird, sehingga perlu melakukan banyak persilangan untuk mendapatkan gen albino putih murni agar memiliki harga yang bagus di pasaran.

Lovebird Albino biasanya didapatkan dari hasil persilangan lovebird biru betina dan lovebird lutino jantan. Dari persilangan tersebut menghasilkan burung lovebird albino yang memiliki warna bulu putih dan bola mata berwarna hitam atau berwarna merah. Semakin cerah warna putihnya dan tidak pudar, harganya pun semakin bagus.

Ciri-Ciri Khusus Burung Lovebird Albino

  • Warna tubuh, secara keseluruhan bulu berwarna putih, putih pudar, atau putih keabu-abuan. Bulu yang berwarna putih cerah polos memiliki harga yang lebih bagus.
  • Warna mata, bola mata berwarna hitam atau merah. Bola mata yang berwarna merah memiliki harga yang lebih bagus.

Faktor yang Mempengaruhi Harga Lovebird Albino

  • Semakin putih cerah warna tubuh, maka harga semakin bagus.
  • Suara ngekek yang bagus tentu menaikan harganya dengan drastis.
  • Warna bercak yang terdapat pada bulu, dapat menurunkan harga.
  • Warna putih yang mengarah ke warna gelap atau abu-abu dapat menurunkan harga.

Harga Burung Lovebird Biola

lovebird biola
Lovebird Biola
Lovebird Biola memiliki warna bulu warna warni yang merona serta suaranya yang sangat khas. Hayo, siapa yang tidak tahu jenis lovebird biola ini? Lovebird yang menjadi primadona karena kecantikan corak bulunya dan suara uniknya menjadi idaman para kicau mania terutama pecinta burung Lovebird.

Dalam setiap perlombaan, lovebird biola selalu mendapatkan posisi tertas karena memiliki suara ngekek yang khas, sehingga tak jarang burung ini menjadi primadona dan menjadi kasta tertinggi dalam jenis burung lovebird ini. Karena keunikan tersebutlah lovebird biola memiliki harga yang jauh sangat mahal dibandingkan jenis lovebird yang lain. Harganya bisa hingga puluhan juta, harga yang sangat spektakuler tentunya. Harga tertinggi lovebird biola pernah diaksir hingga 2 Miliyar untuk lovbird biola yang dinamakan Kusumo milik Sigit Marwanta karena sudah menjuarai perlombaan ratusan kali.

Bagi pecinta lovebird biola sejati, memang harga yang bukanlan menjadi masalah, namun ada baiknya sobat kicau mania mengehui cara membedakan lovebird berkualitas dan mana yang KW atau campuran. Lovebird biola yang memiliki nilai jual yang bagus adalah Lovebird Biola Murni yang memiliki kepala berwarna merah merona. Karena harga yang sangat tinggi, tak jarang sering terjadi penipuan dan permainan harga oleh para penjual nakal. Oleh karena itu, penting bagi sobat kicau mania mengetahui ciri-ciri lovebird murni yang berkualitas.

Ciri-Ciri Khusus Burung Lovebird Biola Murni

  • Warna kepala, warna kepala lovebird biola murni berwarna merah dari kepala sampai leher. Apabila kedapatan menemukan sedikit berwarna hitam, maka bisa dipastikan bahwa lovebird tersebut tidak murni dan tidak tercampur.
  • Warna sayap, lovebird biola murni memiliki sayap yang berwarna hijau pupus atau hijau biasa.
  • Kualitas suara, ciri khas utama dari lovebird ini adalah suara ngekeknya, lovebird yang bagus dan stabil suaranya cenderung stabil dan lama. Untuk lovebird biola murni dipastikan kualitas suaranya sangat bagus.

Faktor yang Mempengaruhi Harga Lovebird Biola

  • Sertifikat indukan. Sertifikan ini sangat menentukan harga secara drastis untuk mengetahui jalur keturunannya, sehingga dapat diketahui murni atau tidaknya.
  • Pernah menjuarai lomba kontes burung. Lovebird yang pernah menjuarai lomba dipastikan dapat menaikan nilai jualnya, karena sudah terjamin kualitasnya
  • Suara Ngekek yang panjang. Suara ngekek lovebird yang stabil dan panjang diperlukan latihan yang panjang. Apabila kualitas suaranya bagus dapat mempengaruhi harga jualnya.
  • Warna kepala. Lovebird biola yang semakin merah merona semakin tinggi harganya, karena indukan murni lovebird biola mempunyai warha kepala merah merona, yang berbeda dari bagian tubuh yang lainnya.
  • Semakin cerah dan kontras perpadauan warna bulu ditubuhnya dapat menaikan harganya.
  • Warna paruh. Semakin berwarna merah paruhnya, harganya semakin tinggi.
  • Warna kepala tercampur warna yang lain atau semakin gelap dapat menurunkan harganya secara drastis, karena terindikasi sudah tercampur gen yang lain.
  • Suara yang tidak merdu dan stabil, dapat menurunkan harganya secara signifikan. Karena suara ini lah yang menjadi faktor utama harga lovebird biola ini
  • Apabila terdapat tekstur warna yang pudar atau jarang-jarang dapat menurunkan harganya.

Harga Burung Lovebird Biru Cobalt dan Lovebird Biru Violet

lovebird cobalt lovebird violet
Lovebird Cobalt dan Lovebird Violet
Lovebird Biru memiliki ciri khas warna sayap yang berwarna biru dan memiliki warna kepala gelap seperti biru gelap atau kehitaman. Lovebird Biru ini terdiri dari warna Cobalt, dan Violet. Terkait bagus tidaknya harga tergantung minat market, apakah menyukai warna biru atau violet. Jenis Lovebird Cobalt atau Lovebird Violet, biasanya memiliki sayap nya saja yang berwarna biru, sedangkan bagian lainnya berwarna putih atau abu-abu. Pada beberapa kasus, apabila indukan memiliki warna yang sangat dominan, bagian tubuh selain sayap akan berwarna mengarah ke biru atau violet juga.

Untuk mendapatkan jenis lovebird biru yang sesuai dengan pasar, petani harus melakukan persilangan antar jenis lovebird biru. Saat melakukan persilangna, disarankan agar memilih jantan yang memiliki warna dominan atau warna jelas, karena gen jantan pada lovebird lebih dominan daripada gen betina.

Ciri-ciri Burung Khusus Lovebird Cobalt dan Lovebird Violet

  • Warna kepala, warna kepala berwarna kegelapan, mulai dari biru gelap hingga kehitaman.
  • Warna sayap, ciri yang paling utama adalh di sayapnya yang dapat berwarna Biru Cobalt atau berwarna Violet ungu.
  • Warna Dada, warna dada umumnya berwarna putih, tapi pada beberapa hasil persilangan dapat menghasilkan juga warna abu-abu atau berwarna biru/violet mengikuti warna sayapnya.

Faktor yang Mempengaruhi Harga Lovebird Biru Cobalt / Lovebird Biru Violet

  • Suara yang bagus dapat meningkatkan nilai jual Lovebird ini.
  • Semakin gelap kepalanya, semakin mahal harganya.
  • Warna Violet harganya lebih mahal, karena persentasi keturunannya lebih rendah daripada cobalt.
  • Tekstur warna mengikuti keinginan market sendiri, ada yang ingin sayap saja yang berwarna, atau ingin seluruh tubuhnya berwarnya.

Harga Burung Lovebird Batman

lovebird batman
Lovebird Batman
Lovebird Batman memiliki ciri khas kepala, sayap, dan dada berwarna hitam, layaknya tokoh karakter batman. Harga Lovebird ini lebih di tentukan corak warna dan kelincahannya, sehingga untuk suara kurang begitu diperhatikan. Semakin gelap warnanya semakin bagus harga pasarannya.

Ciri-ciri Khusus Burung Lovebird Batman

  • Warna kepala, warna kepala gelap mulai dari abu-abu hingga hitam pekat
  • Warna sayap, sayap berwarna abu-abu hingga hitam pekat
  • Warna dada, dada berwarna abu-abu hingga hitam pekat
  • Warna ekor, ekor berwarna abu-abu hingga hitam pekat
  • Warna leher, leher berwarna putih, abu-abu, atau hitam

Faktor yang Mempengaruhi Harga Lovebird Batman

  • Semakin gelap warna nya semakin bagus harganya.
  • Semakin bagus perpaduan warnanya, terutama leher putih, sedangkan bagian lainnya hitam, semakin bagus harganya.
  • Suara yang bagus dapat menaikan harganya juga.

Harga Burung Lovebird Blorok

lovebird blorok
Lovebird Blorok
Lovebird Blorok, memiliki ciri khas warna sayap yang jarang-jarang. Lovebird blorok memiliki banyak sekali jenisnya, namun untuk mendapatkan sayap yang jarang-jarang diperlukan perkawinan berulang-ulang dan indukan yang bagus, hingga mendapatkan warna jarang-jarang di sayapnya. Untuk mendapatkan sayap berwarna jarang ini cukup sulit, sehingga stock di pasaran tidak terlalu banyak, dan harganya pun cukup tinggi.

Lovebird blorok yang beredar dipasaran saat ini terdiri dari Lovebird Blorok Green series yang memiliki warna dominan hijau, dan Lovebird Blue series yang memiliki warna dominan biru. Diantara kedua jenis tersebut, lovebord blorok blue series memiliki harga yang lebih tinggi karena sulitnya untuk mendapatkan keturunan warna biru blorok tersebut.

Ciri-ciri Khusus Burung Lovebird Blorok

  • Warna kepala, warna kepala jenis Lovebird Blorok ini sangat bermacam-macam, mulai dari putih, hijau, biru, abu-abu, kuning, atau bercak hitam.
  • Warna sayap, ciri khas utama blorok yang bagus adalah memiliki pola jarang-jarang atau corak warna bercak-bercak di bagian sayap. Sayap memiliki warna dominan, hijau, kuning, atau biru.
  • Warna dada, dada berwarna kuning, putih, atau hijau muda.
  • Motif corak dan warna bulu yang jarang-jarang yang tersebar pada bagian sayap hingga ekor, menjadi ciri khas utama lovebird blorok ini.

Faktor yang Mempengaruhi Harga Lovebird Blorok

  • Semakin tegas dan bervariasi warna bulunya dapat meningkatkan harganya.
  • Lovebird Blorok yang memiliki corak warna biru, memiliki harga yang tinggi.
  • Semakin unik pola jarang-jarangnya, semakin tinggi harganya.
  • Suara yang bagus dapat menaikan harganya.
  • Semakin buram atau kusam warnanya, dapat menurunkan harganya dengan drastis.
  • Pola warna putih kurang disukai pasaran, sehingga dapat menurunkan harganya.
  • Apabila warna hijau terlalu banyak atau dominan, akan menurunkan harganya, karena akan menyerupai produk Lovebird Josan.

Harga Burung Lovebird Dakocan

lovebird dakocan
Lovebird Dakocan
Lovebird Dakocan memiliki ciri khas kepala yang berwarna hitam pekat, yang seolah-olah menggunakan helm seperti pasukan koloni. Sedangkan bagian tubuh lainnya berwarna hijau gelap. Sepintas tampilan ini sedikit garang, dengan kepalanya yang menyerupai helm. Lovebird Dakocan memiliki 2 jenis, yaitu Dakocan Hijau yang bagian sayap di dominasi hijau, dan Dakocan Biru yang bagian saya di dominasi warna biru. Lovebird dakocan biru lebih mahal daripada hijau,karena sotocknya lebih terbatas daripada hijau.

Ciri-ciri Khusus Burung Lovebird Dakocan

  • Warna kepala, ciri khas dari lovebird dakocan adalah warna kepalanya yang gelap, semakin gelap, semakin bagus
  • Warna sayap, sayap berwarna hijau gelap atau biru gelap
  • Warna dada, dada berwarna kuning, hijau, atau putih.

Faktor yang Mempengaruhi Harga Lovebird Dakocan

  • Semakin gelap warna kepala, semakin bagus harganya.
  • Semakin tegas warna bulu nya semakin mahal harganya.
  • Warna biru yang gelap dan tegas memiliki harga yang sangat tinggi.
  • Perpaduan warna yang tegas dan mencolok, dapat menaikan harganya.
  • Suara yang bagus dapat menaikan harganya.
  • Apabila terdapat warna putih, dapat menurunkan harganya dengan drastis.

Harga Burung Lovebird Euwing

lovebird euwing
Lovebird Euwing
Lovebird Euwing merupakan kepanjangan dari Eumelanin Wing yang artinya bagian sayap memiliki kelebihan pigmen eumelanin sehingga warna sayapnya lebih gelap dibandingkan bagian tubuh yang lainnnya. Lovebird euwing disebut juga lovebird ewing oleh orang lokal Indonesia agar mempermudah pelafalannya.

Lovebird euwing memiliki ciri khas pada bagian sayapnya yang membentuk huruf V apabila dilihat dari bagian punggung sayap, karena terjadinya perbedaan eumalinan atau penggelapan hanya pada bagian sayap saja. Proses perkawinan untuk mendapatkan Euwing yang bagus cukup sulit, karena market menginginkan motif V yang gelap dan jelas, sehingga stock dipasaran sangat terbatas yang menyebabkan harganya cukup tinggi.

Ciri-ciri Burung Lovebird Euwing

  • Warna sayap, ciri khas utama lovevird euwing adalah memiliki motif V, yang ditandai pada bagian saya memilki warna yang lebih gelap dibandingkan yang lainnya.
  • Warna dada, warna dada dan leher memilki warna yang cerah seperti, kuning, hijau muda, orange, atua putih.
  • Warna paruh, paruh berwarna merah.

Faktor yang Mempengaruhi Harga Lovebird Euwing

  • Semakin jelas dan gelap motif V nya semakin bagus
  • Semakin jelas dan tegas warna tubuhnya, semakin bagus harganya
  • Suara yang bagus dapat meningkatkan harganya
  • Warna putih atau pudar akan menurunkan harganya

Harga Burung Lovebird Josan (Hijau Standar)

lovebird josan
Lovebird Josan
Lovebird Josan merupakan singkatan dari Hijau Standar. Jenis ini paling banyak beredar dipasaran karena proses perkawinannya pun cukup mudah, bisa dibilang dalam proses perkawinan, rasio munculnya gen warna hijau standar sangat tinggi, sehingga harganya pun sangat murah dibandingkan jenis yang lainnya.

Untuk menaikan harga Lovebird Josan yang murah, biasanya petani melakukan perkawinan silang untuk mendapatkan ukuran kepala yang lebih besar, dan leher yang lebih tegas, agar performa kicauannya semakin bagus, sehingga dapat diikutkan pada kontes burung.

Ciri-ciri Khusus Burung Lovebird Josan

  • Warna kepala, kepala berwarna orange kehijauan.
  • Warna sayap, Sayap berwarna hijau kegelapan.
  • Warna leher, leher berwarna kuning, atau orange.

Faktor yang Mempengaruhi Harga Lovebird Josan

  • Suara burung yang bagus dapat menaikan harganya, dan diperlukan latihan khusus untuk menghasilkan suara kicau yang bagus dan stabil.
  • Ukuran kepala yang lebih besar daripada yang biasanya, dapat menaikan harganya, karena berpengaruh pada performa kicauannya.
  • Leher yang tegas dapat menaikan harganya, karena berpengaruh pada ketegasan suara.
  • Warna yang tegas dapat menaikan harganya.
  • Warnya yang pudar dapat menurunkan harganya.