-->

Header Menu

Tips Melatih Burung Nuri Berbicara Dalam Waktu Singkat

Cara Melatih Burung Nuri Berbicara

Assalamualaikum para pecinta kicau mania sesabang dan setanah air. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips tentang cara melatih burung nuri berbicara.

Burung nuri merupakan salah satu jenis burung paruh bengkok yang memiliki kecerdasan yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis burung perkicau.

Burung nuri memiliki bulu tubuh yang sangat indah, warna dari burung nuri sangat bervariasi meliputi warna merah, biru, hijau, kuning, hitam dan orange.

Ada banyak sekali jenis burung nuri yang tersebar dibeberapa daerah diindonesia seperti Nuri paltem, nuri dora, nuri pelangi dan jenis nuri lainya.

Keberadaan burung nuri dialam liar saat ini berada dalam keadaan yang sangat kritis. Yang diakibatkan perburuan liar yang dilakukan oleh sekelompok orang yang ingin memperjual belikan burung ini, dikarenakan harga burung ini sangat tingi dipasaran contohnya saja, nuri paltem yang dihargai 800 ribu/ekornya.

Jika anda tertarik ingin memelihara burung  nuri untuk dijinakan, belilah burung nuri yang berumur masih muda, karena untuk menjinakan burung nuri di umuran masih muda akan lebih mudah dan cepat.

Namun, jika anda tidak memiliki dana yang banyak untuk membeli nuri anakan yang harganya bisa mencapai 1.200.000 - 1.300.000, jangan memaksakan diri, belilah burung nuri yang sudah dewasa, meskipun untuk menjinakanya memerlukan kesabaran yang ekstra.
Tapi perlu diingat, Saat membeli burung nuri yang sudah dewasa, belilah burung nuri yang sehat dan memiliki postur tubuh yang besar.

Sebelum melatih burung nuri berbicara, sebaiknya kita menjinakan burung nuri terlebih dahulu, karna itu akan memudahkan proses pelatihan burung nuri berbicara.
Berikut hal pertama yang harus anda lakukan:

1. Perhatikan sangkarnya.

Sebaiknya jangan menempatkan burung nuri disangkar yang tertutup dan gelap, karna itu akan membuat burung nuri merasa stres. Usahakan sangkar yang digunakan untuk menempatkan burung nuri yaitu sangkar yang memiliki ram kawat lebih longgar agar dalam sangkar terlihat terang dan bebas.

Jika burung nuri yang anda miliki masih glabakan disangkarnya, cobalah meletakan burung nuri di tempat yang ramai dimana banyak orang yang lalu lalang.

Jika saat sangkar ditaruh ditempat ramai malah membuat burung menjadi takut, taruhlah sangkar burung ditempat yang lebih tinggi, dengan bantuan kayu yang didirikan. Namun setiap hari sangkar harus diturunkan sedikit demi sedikit sampai mencapai ketinggian yang normal.

2. Menempatkan Burung Dengan Menggunakan Rantai

Nah, untuk burung Nuri yang sudah mulai terlihat jinak sebaiknya sobat jangan menaruh burung nuri sobat dikandang yang tertutup secara terus menerus.

Karna penampatan burung nuri di kandang yang tertutup hanya akan membuat burung menjadi stres dan menjadi semakin jauh dengan sobat. Jadi sebaiknya sobat menaruh burung sobat di tempat yang terbuka dengan cara merantai burung nuri di katu lurus atau di tangkringan nuri yang sobat beli dipasar burung.

Dengan begitu burung nuri dan sobat akan semakin dekat maka semakin lama burung akan menjadi jinak pada sobat.

3. Memandikan burung setiap pagi hari.

Mandikan burung setiap pagi hari pada pukul 07.00 - 08.00 tepatnya pada saat matahari pagi baru muncul. Saat memandikan burung, mandikan burung sampai basah kuyub dan menggigil kedinginan, dengan menggunakan semprotan air.

Tujuanya, agar burung nuri menjadi lebih tenang dan tidak glabakan lagi. Setelah selesai memandikan burung, jemur burung nuri ditempat yang panas, sampai bulu - bulunya kering. Setelah itu berikan burung nuri makanan kesukaanya.

Lakukan hal ini setiap pagi, sampai butung nuri tidak takut lagi kepada anda.

4. Pemberian pakan pada Nuri

Saat burung merasa lapar, burung akan lebih tergantung kepada kita yang selalu memberikan pakan.
Disinilah kesempatan anda untuk menjalin kedekatan dengan burung nuri.

Pada saat memberikan pakan, berikanlah pakan kesukaan burung nuri yang berupa pisang kepok/pepaya matang, dengan menggunakan lidi. Pada saat awal memberikan pakan kepada nuri menggunakan lidi, gunakanlah lidi yang panjang. Yang pada hari selanjutnya menggunakan lidi yang lebih pendek, sampai pada waktunya menggunakan tangan kita langsung untuk memberikan pakan kepada nuri.

Saat nuri tidak takut lagi memakan makanan yang kita sodorkan menggunakan tangan kita langsung, berarti nuri sudah bisa dibilang jinak. Lakukan hal diatas selama1 bulan bahkan lebih, sampai burung nuri tidak takut lagi kepada kita.

Setelah burung nuri sudah jinak, mulailah memberikan pakan yang lebih bervariasi berupa, biji-bijian dan sayur-sayuran seperti,
Biji bunga matahari, biji jagung dan milet, demi memenuhi kebutuhan nutrisi burung nuri.

Setelah burung nuri sudah jinak total dan tidak takut lagi kepada anda, barulah kita memulai pelatihan burung nuri berbicara, dengan mengikuti hal berikut ini:

5. Pemasteran burung nuri.

Setelah burung nuri sudah dalam keadaan jinak total/jitol. Yang selanjutnya kita lakukan adalah pemastern burung nuri, untuk proses pemasteran burung nuri kita bisa menggunakan burung masteran atau menggunakan mp3 player, yang memuat suara-suara masteran didalamnya.

Dan untuk mengajarkan burung nuri berbicara, ada banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan seperti menempatkan burung ditempat keramaian, menempatkan burung di ruang tamu atau mengajarkan sepata dua kata kalimat kepada burung nuri setiap hari diulang-ulang.

Ubdate:

6. Memberikan Suara Masteran Pada Burung Nuri

Nah, jika burung nuri yang sobat miliki sudah benar-benar jinak, maka selanjutnya sibat harus sering-sering mendengarkanya suara masteran burung. Untuk memasterkan burung nuri ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara memasterkan burung kicau pada umumnya, yaitu sobat dapat memanfaatkan suara kicauan burung yang sudah gacor atau jinak tidak ada sobat dapat menggunakan suara masteran yang sudah termuat di mp3 player sobat.

Dengan memberikan suara masteran pada burung nuri sobat, hal ini dapat membantu burung nuri sobat mejadi cepat menirukan kata-kata suara manusia juga.

Dengan melakukan cara siatas dalam beberapa bulan, pasti burung anda akan bisa menirukan beberapa kata yang anda ajarkan.
( baca juga: Cara merawat anakan nuri hingga dewasa )
Sekian tips dari saya, tentang cara melatih burung nuri berbicara. Semoga cara diatas bermanfaat.

0 Response to "Tips Melatih Burung Nuri Berbicara Dalam Waktu Singkat"

Post a Comment