-->

Header Menu

Cara Melatih Jalak Kerbau Sampai Jinak Dan Patuh

Cara Melatih Jalak Kerbau Sampai Jinak Dan Patuh

Assalamualaiku para pecinta kicau mania sesabang dan setanah air. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips tentang cara melatih jalak kerbau agar bisa jinak dan patuh.
Jalak kerbau ( acridorheres javanicus ) atau juga kita kenal dengan nama jalak kebo, jalak hitam, jalak ungu dan jalak penyu merupakan spesiaes burung yang masuk dalam familia jalak.

Penyebaran burung jalak kerbau meliputi asia tenggara, asia timur dan kepulauan indonesia bagian barat. Yaitu pulau jawa dan sekitarnya.

Ukuran burung jalak kerbau yaitu bisa dikatakan jenis burung yang masuk kriteria sedang yaitu mencapai 25-27cm. Yang diselimuti warna bulu abu-abu kehitaman, ungu tua kehitaman yang terdapat pada bagian kepala, sayap dan ekor.

Terkecuali warna putih pada bagian primer yang terlihat mencolok sewaktu terbang
Serta tunggir dan ujung ekor yang berwarna putih.

Burung jalak memiliki jambul pendek, mirip burung kerak jambul namun terdapat sedikit perbedaan antara jalak kerbau dan kerak jambul yaitu terletak pada bagian ekor yang mana jika jalak kerbau warna putih dibagian ekor lebih lebar dibandingkan warna putih yang terdapat pada ekor kerak jambul. Dan dibedakan dengan warna paruh yang kuning dan tunggir yang putih.
Perbedaan jalak kerbau jantan dan betina terlihat pada ukuran tubuh dan kicauanya. Pada jalak kerbau jantan ukuran tubuhnya lebih besar dibandingkan ukuran tubuh jalak kerbau betina, dan kicauan jalak kerbau jantan lebih nyaring dibandingkan kicauan jalak kerbau betina.

Burung jalak kerbau memiliki tingkat kecerdasan yang tidak kalah dengan burung paruh bengkok, bahkan beberapa jalak kerbau yang sudah dilatih mampu menirukan suara manusia.

Burung jalak kerbau merupakan salah satu jenis burung penetap dan mampu mengingat rumahnya, saat terlepas dari sangkarnyapun burung ini tidak akan pergi jauh bahkan burung ini akan pulang kesangkarnya.

Melatih jalak kerbau sebenarnya bisa dibilang mudah, semua hanya perlu kesabaran ekstra dan juga ketelatenan kita untuk melatih si burung.

Jalak kerbau mampu mengenali materi atau pelatihan yang diberikan pemiliknya dengan waktu yang cukup singkat. Sobat bisa memberikan pelatihan seperti mengajarkan masuk keluar sangkarnya, menghampiri pemiliknya saat dipanggil dan mengikuti pemiliknya kemanapun pemiliknya pergi.

Sebelum melakukan pelatihan sebaiknya sobat memperhatikan hal berikut ini:

  • Pastikan burung jalak kerbau yang sobat miliki dalam keadaan sehat dan tidak sakit.
  • Pilihlah jalak kerbau yang berusia mudah dan jinak.
  • Tempat latihan harus dalam keadaan steril dari aktifitas manusia, lalulalang kucing dan juga tidak terdapat pepohonan rindang di dekatkan.
  • Jangan melakukan pelatihan pada tengah hari pada saat matahari dalam keadaan terik. Karna itu akan mengurangi konsentrasi si burung.
  • Dan jangan melakukan pelatihan pada sore hari menjelang matahari terbenam karna itu akan mengurangi kontrol si burung karna burung akan susah melihat.
Hal yang harus sobat lakukan pada saat ingin memulai pelatihan yaitu, berikan pakan siburung satu kali saja yaitu pada pagi hari. Karna pada saat dalam keadaan lapar siburung akan lebih menuruti semua instruksi dari sobat.

Jika semua sudah dilakukan sekarang kita akan memulai bagaimana cara pelatihan jalak kebo:

1. Perkenalan lingkungan

Pada saat awal pelatihan, yang pertama-taman sobat lakukan yaitu memperkenalkan jalak kerbau dilingkungan barunya.

Yaitu dengan cara meletakan sangkarnya dilantai, lalu membuka pintu sangkar, biarkan siburung keluar secara perlahan, burung akan mengeksplorasi lingkungan barunya diluar sangkar.

Sambil kita memanggilnya dengan siulan dan meletakan ulat hongkong ditangan kita, agar siburung datang dan menjadi lebih jinak.

Jika siburung belum mau menghampiri pakan yang kita letakan ditangan kita, taburkan sedikit pakan didepan pintu sangkarnya. Setelah siburung memakan pakan yang kita taburkan di depan pintu sangkarnya, biasanya burung akan langsung masuk kesangkarnya untuk mencari pakan.

Lakjkan cara ini selama beberapa hari sampai siburung mau menghampiri pakan yang ada ditangan kita. Sambil dibarengi dengan panggilan siulan atau dengan kata-kata.

2. Melatih burung masuk sangkar.

Cobalah membiasakan menyuruh siburung masuk sangkar dengan siulan atau dengan kata-kata, karna itu akan memudahkan pada saat pelatihan ditempat terbuka seperti dilapangan.

Untuk melatih jalak kerbau masuk sangkar, anda bisa melakukan dengan cara sambil berjongkok dibelakang sangkar, sambil memanggil burung dengan siulan maupun dengan kata-kata, dengan memegang pakan ditangan sobat berupa ulat hongkong atau jangkrik. Lakukan cara ini terus-menerus sampai siburung mau masuk kedalam sangkar.

3. Melatih burung diluar ruangan terbuka.

Melatih jalak kerbau diluar ruangan memang membutuhkan keberanian untuk pemiliknya. Karna banyak pemilik yang takut melatih jalak kerbau diluar ruangan karna takut burungnya terbang jauh dan takkembali lagi.

Namun jika kita telah memberikan pelatihan dasar kepada burung dan siburung telah menguasainya, seharusnya kita takperlu takut lagi untuk melakukan pelatihan dialam liar.

Namun, jika sobat masih takut jalak kerbau akan terbang jauh saat dilatih dialam liar, maka ikatlah kaki burung dengan tali senar atau dengan benang wol.

Panjang tali disesuaikan saja jangan terlalu panjang, takutnya tali dikaki burung akan ruwet dan teracak acak.

Setelah pelatihan dengan cara mengikat kaki burung sudah cukup, sebaiknya talinya dibuka saja. Dan lakukan pelatihan tanpa tali.

Cara seperti ini biasa dilakukan pada pelatihan burung nuri, burung hantu, dan burung elang.

Perlu diingat sebelum melakukan pelatihan dialam liar sebaiknya jalak kerbau sedang dalam keadaan lapar. Karna saat dalam keadaan lapar burung akan lebih patuh dengan pemiliknya.

Lalu letakan sangkar burung di tanah, sambil membuka pintu burung, biarkan siburung keluar dengan perlahan. Jangan dipaksa keluar, karna itu akan membuat burung stres dan akhirnya kabur.

Setelah burung keluar dari sangkarnya, cobalah berdiri didepan sangkar sejauh 2-3 meter.
Lalu panggil jalak kerbau sambil memegang pakan seperti ulat hongkong, jangkrik atau voer.

Jika burung sudah mau menghampiri anda dan memakan pakan yang berada ditangan anda. Tahap selanjutnya yaitu berdi didepan sangkar dengan jarak yang lebih jauh dari sebelumnya misalnya 4-5m.

Lakukan latihan ini beberapa hari sampai siburung patuh kepada kita dan mengetahui apa maksud kita.

Selanjutnya cobalah dengan memegang sangkarnya sambil mengangkat sangkarnya dengan posisi pintu sangkar terbuka, hadapkan pintu sangkar tepat pada burung lalu panggil siburung. Jika jalak kerbau menghampiri anda dan masuk kesangkarnya, berarti latihan ini hampir berhasil.

4. Membiarkan jalak kerbau bermain-main bebas diluar sangkar.

Setelah latihan sebelumnya sudah terasa cukup dan siburung sudah patuh dengan anda. Selanjutnya membiarkan burung bermain-main diluar sangkarnya.
Letakan sangkar burung dilantai rumah, setelah itu buka pintu sangkar biarkan siburung keluar dari sangkarnya. Tapi perlu diingat, pastikan tempat pakanya yang ada didalam sangkar telah terisi dengan makanan kesukaannya, berupa ulat hongkong atau voer.

Agar siburung jika terasa lapar bisa memakan pakannya yang berada didalam sangkarnya.

Hal ini bertujuan untuk melatih jalak kerbau mengetahui rumahnya.
( baca juga: Cara Cepat Menjinakan Burung Nuri )
Itulah beberapa cara melatih jalak kerbau agar bisa patuh pada pemiliknya. Jika cara diatas sudah terlaksana dengan lancar dan jalak kerbau sudah jinak berarti anda sukses dalam pelatihan ini.

Lakukan lagi pelatihan diatas pada jalak kerbau milik anda yang masih liar, gunakan jalak kerbau yang telah jinak sebagai gurunya.























0 Response to "Cara Melatih Jalak Kerbau Sampai Jinak Dan Patuh"

Post a Comment