-->

Header Menu

Cara Membuat Perangkap Puyuh Liar

Cara Membuat Perangkap Puyuh Liar

Assalamualaikum para pecinta kicau mania sesabang dan setanah air. Pada kesempatan kali ini saya akn berbagi cara menangkap burung puyuh liar di perkebunan.

Untuk menangkap burung puyuh liar memang susah susah gampang, karna burung puyuh merupakan salah satu burung liar yang memiliki kelincahan yang cukup tinggi saat berlari dan memiliki kemampuan bersembunyi yang sangat baik.

Ada banyak cara untuk menangkap burung puyuh liar salah satunya dengan memakai tali kenur pancingan.
Jebakan burung puyuh liar memakai kenur pancingan memang sudah tidak asing lagi. Cara ini sudah sangat banyak digunakan oleh pemburu burung untuk menangkap burung puyuh.

Burung puyuh liar memang masih sangat banyak tersebar di perkebunan warga dan pinggiran hutan di daerah perkampungan warga. Tidak jarang burung puyuh bergabung bersama ayam milik warga untuk mencari makanan. Bentuk tubuh Burung puyuh liar, sedikit lebih kecil dibandingkan dengan burung puyuh petelur yang terdapat dipasaran.

Diperkampungan/pedesaan, burung puyuh di buru hanya untuk di konsumsi saja.

Untuk memasang perangkap puyuh liar kita hanya perlu memasang jebakan pakai kenur pancingan saja.

Pembuatan perangkap puyuh memakai kenur inipun cukup mudah berikut caranya. Siapakan bahan-bahan berikut ini:

1. Siapkan tali kenur pancingan/tali yang sudah dianyam sedemikian rupa.

2. Siapkan belahan bambu sebanyak 2 buah. Dan juga siapkan 2 potongan bambu kecil yang tidak dibelah.

3 . Belahan bambu tersebut diikat dengan tali kenur pancingan, tapi jangan terlal kuat agar talinya bisa nyangkut pada kaki burung.

Bambu yang bulat kecil di potong tengahnya, tapi separuh saja untuk tempat mengikat tali kenur.

Masukan kenur dari ujung kiri ke lobang tengah bambu, kemudian dililit tiga kali dan masuk kan dari lubang tengah ke kanan.

Lalu bentuk bulat tali kenurnya dan ikat tapi masih bisa mulur di kaki burung puyuh tersebut, semakin puyuh nya berontak maka semakin kuat ikatan kenur tersebut.

Belahan bambu yang sudah dibentuk tersebut lalu ditancapkan ditanah tempat burung puyuh lewat, bersihkan jalan burung puyuh tersebut diarah depan dan belakang, tutup pinggiran jalannya dengan ranting pohon atau dedaunan.
Agar jalan yang terbentuk untuk siburung hanya satu arah saja, yaitu jalan yang hanya mengarah pada jebakan saja.

Jadi setelah burung puyuh lewat pada jalan tersebut, maka kaki/kepalanya akan nyangkut pada kenurnya. Dan lidinya akan menarik keatas untuk menarik talinya.

Demikian cara menangkap burung puyuh liar dengan tali kenur pancing. Semoga artikel ini bermanfaat.

0 Response to "Cara Membuat Perangkap Puyuh Liar"

Post a Comment