-->

Header Menu

Cara Menangkap Burung Gereja Dengan Perangkap Sederhana

Cara Menangkap Burung Gereja Dengan Perangkap Sederhana

Assalamualaikum para pecinta kicau mania sesabang dan setanah air. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi teantang Cara menangkap burung gereja dengan beras.
Burung gereja merupakan salah satu burung kicau dengan ukuran badannya yang kecil. Burung gereja memiliki bulu yang kecoklatan dari kepala sampai kakinya, dengan ukuran paruhnya yang agak besar bila dibandingkan dengan paruh burung kicau lainya. Burung gereja terholong burung yang jinak dan tidak takut dengan manusia.

Mengapa saya katakan burung ini termasuk burung jinak? Karna burung ini sering bersatang dirumah-rumah warga dan ditempat tempat yang rendah seperti disekolahan, dimenjid, dan dirumah kosong. Burung gereja biasanya membuat sarangnya di bagian-bagian rumah yang tidak terduka misalnya jendela rumah, konsen rumah, loteng bahkan diatas lemari.
Burung gereja membuat sarangnya dengan menggunakan rerumputan kering yang dikumpulnya dan dibawanya ketempat yang telah dia tentukan. Ukuran sarangnya tidak jauh berbeda dengan sarang burung pipit pemakan padi.

Salah satu yang membuat burung gereja masuk kedalam kategori burung jinak, karena burung ini sering mencari makan dirumah rumah warga seperti di dapur, dan diruang tamu. Tidak jarangpun kita biasa melihat burung ini mengambil makanan di tempat beras yang kita simpan didalam rumah kita.

Makanan burung gereja berupa beras, ulat, belalang dan serangga kecil lainya. Kebidupan burung gereja berkelompok bisa sampai 5-6ekor.
Harga burung gereja dipasaranpun lumayan mahal bisa berkisaran 10-15 ribu perekor. Jika anda tertarik untuk memelihara burung gereja tapi tidak ingin mengeluarkan dana, berikut saya akan mengajarkan bagaimana cara menangkap burung gereja.

Cara berikut merupakan cara yang saya ambil dari pengalaman saya menangkap burung gereja ditempat saya dengan alat seadanya. Karena ditempat saya banyak terdapat burung gereja berkeliaran jadi setiap saya menangkap burung ini saya bisa mendapat 5-7ekor burung gereja dalam sekali tangkap. Lumayan buat beli cilok.

Siapkan bahan-bahanya:
Ok baiklah berikut caranya.
1. Pertama tama siapkan Tutup kurung atau ember yang berukuran agak besara.
2. Siapkan tali rafia atau benag wol yang panjang.
3. Siapkan juga umpanya berupa beras putih. Agak banyak, buat ngumpan burungnya masuk perangkap.
4. Siapkan satu ranting pohon yang agak panjang. Fungsinya untuk penongkak tutup kurung nantinya.
5. Siapkan juga tempat untuk menangkap burungnya, carilah tempat yang luas dan bersih.
6. Siapkan sangkar sebagai tempatnya nanti.

Cara kerjanya:
1. Pertama-tama ambil ranting pohon yang telah kamu siapkan tadi setelah itu ikat rantingnya menggunakan tali rafia atau benang wol. Ikat rantingnya dibagian tengah ranting.

2. Selanjutnya ambil penutup kurung yang telah kamu siapkan tadi, setelah itu tongkat penutup kurungnya dengan menggunakan ranting pohon yang telah kamu ikat tadi.

3. Lalu setelah penutup kurungnya sudah tertongkat oleh ranting pohonya, selanjutnya ambil talinya lalu ulurkan ketempat persembunyian kamu. Lalu ambil umpan beras yang sudah kamu siapkan tadi dan pasang berasnya didalam penutup kurungnya yang telah terbuka.

4. Dan yang terakhir tinggal pergi ketempat persembunyian dan amati, setelah burungnya datang dan masuk kepenutup kurung untuk pergi memakan beras umpanan tadi. Yang harus kamulakukan adalah menarik dengan sekeras-kerasnya talinya. Untuk menutup penutup kurungnya agar siburung terperangkap didalamnya.

Demikian cara menangkap burung gereja liar menggunakan beras. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Tag: cara menangkap burung gereja, cara membuat perangkap burung gereja, cara menangkap burung gereja dengan beras, burung gereja,





0 Response to "Cara Menangkap Burung Gereja Dengan Perangkap Sederhana"

Post a Comment