-->

Header Menu

Cara Menangkap Burung Kolibri Ninja/konin

Cara Menangkap Burung Kolibri Ninja/Konin

Assalamualaikum para pecinta kicau mania sesabang dan setanah air. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara menangkap burung kolibri ninja/konin.
Burung kolibri ninja atau biasa kita sebut dengan sebutan konin ini merupakan salah satu burung kicau pemakan nektar bunga. Dengan ukuran tubuh yang kecil dan hampir sama dengan ukuran tubuh burung kicau pada biasanya seperti burung pleci.
Baca Juga: Ragam dan Jenis Burung Kolibri Yang Ada di Indonesia
Burung kolibri memiliki suara yang merdu yang membuat para pecinta kicau mania banyak yang memburunya. Tidak hanya suaranya saja yang membuat banyak para pecinta kicau mania memburunya, melainkan juga dikarenakan penampilan bulunya yang sangat cantik dengan warna bulu yang sangat bervariasi meliputi warna merah terang dan hitam dan di bagian leher burung diselimuti warna ungu yang mengkilap.
Burung kolibri ninja/konin merupakan bukan burung endemik asli indonesia. Burung ini merupakan burung asli dan terdapat banyak dihutan Amazon dan banyak tersebar di daerah Amerika selatan. Itulah yang menyebabkan harga burung ini melambung tinggi. Diindonesia sendiri keberadaan burung ini sudah semakin menipis yang diakibatkan oleh perburuan liar jadi burung ini telah masuk dalam salah satu burung yang dilindungi.

Jika anda tertarik ingin memelihara burung kolibri ninja/konin namun kondisi kantong tidak memadai. Anda bisa menangkapnya secara liar "namun saran saya boleh boleh saja sobat menangkap burung ini secara liar namun, jangan menangkap secara membabi buta atau tidak melihat kondisi burung ini di tempat sobat"

Berikut cara menangkap burung kolibri ninja/konin dengan alat seadanya.
Pertama-tama yang harus sobat lakukan untuk menangkap burung kolibri ninja liar, sobat harus menyiapkan bahan-bahan berikut:
1. Siapkan lem tikus/pulut pohon nangka, ataupun pulut pohon doda pilihlah pulut yang menurut sobat dapat merekat kuat dan tahan lama.

2. Siapkan handphone atau suara mp3 yang didalamnya telah terisi dengan suara-suara pikatan burung kolibri. Handphone/mp3 ini nantinya berguna untuk memanggil atau memikat burung kolibri datang ketempat pulut sobat.

3. Siapkan beberapa biji lidi/ranting pohon yang telah dipotong-potong, ukuranyapun agak panjang. Ranting ini nantinya berguna untuk dililitkan pulut nangka/lem tikus.

4. Menyiapkan tempat untuk tempat sobat berburu nantinya, siapkanlah tempat yang sering terlihat burung kolibri ninja berkeliaran. Dan juga pilihlah tempat yang sepi dan jauh dari jangkauan manusia, seperti perkebunan ataupun hutan rindang.

5. Siapkan juga mimilan atau makanan berat. Makanan ini berguna untuk sobat nantinya saat memikat burung. Karna untuk memikat burung ini sobat pasti akan terasa lapar dan haus. Karena memikat burung kita harus sabar.

Berikut cara kenjanya,
Setelah bahan-bahan diatas sudah sobat siapkan, maka selanjutkan kita merangkainya.

- Pertama-tama ambil lidi/ranting pohon yang telah sobat siapkan tadi, lalu ambil juga lem tikus atau pulut pohon yang telah sobat siapkan tadi. Selanjutnya lilitkan pulut/lemnya di ranting pohonya secara teratur dan usahakan lem/pulutnya menutupi semua rantingnya dari atas kebawah.

- Jika semua ranting sudah tertutupi pulut, selanjutnya pasang ranting yang sudah terlilit pulut tadi di atas pohon yang agak tinggi dan pohon yang memiliki ranting yang agak jarang, seperti pohon rambutan dan jambu biji. Saran saya untuk memasang pulutnya di pohon pasang pulutnya menggunakan paku bangunan, agar rantingnya tidak goyang-goyang saat tertiup angin.

- Jika semua ranting yang telah terlilit pulut tadi sudah terpasang semua di pohon, selanjutnya ambil handphone/mp3 yang telah sobat siapkan tadi yang terdapat rekaman suara pikatan kolibri ninja. Lalu bunyikan handphone/mp3nya, setelah suara pikatanya sudah berbunyi, yang harus sobat lakukan sekarang ialah pergi kesemak-semak dan amati dari jauh, sambil menyantap makanan yang telah sobat bawa tadi.

Itulah cara menangkap burung kolibri ninja/konin yang sudah saya buktikan sendiri. Pengalaman saya menggunakan cara diatas, saya dapat membawa pulang burung kolibri bisa sampai 2-3 ekor kolibri ninja sekali pikat. Lumayan bukan.
Tapi ingat berburulah dengan bijak, jangan merusak kelestarian burung ini. Ok salam kicau maia dari saya.

TAG: cara menangkap burung kolibri ninja/konin, cara pikat burung kolibri ninja, cara pulut burung kolibri ninja, cara membuat jerat burung kolibri ninja, cara membuat perangkap kolibri ninja, burung kolibri ninja,