-->

Header Menu

Cara Menjinakan Burung Pleci Dakun Cepat Dan Benar

Cara Menjinakan Burung Pleci Dakun Cepat Dan Benar

Assalamualaikum para pecinta kicau mania sesabang dan setanah air. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips tentang cara menjinakan burung pleci dada kuning atau yang biasa kita kenal dengan nama pleci dakun.
Burung pleci dakun ini merupakan salah satu burung kicau yang paling diminati pada saat ini, burung pleci dakun tergolong kedalam burung yang berukuran kecil sama dengan burung kolibri. Burung pleci dakun merupakan burung yang hidupnya di pegunungan tropis, burung ini hidup secara berkoloni setiap keloni bisa sampai 10-15 ekor.
Burung pleci dakun tergolong kedalam burung yang mudah untuk dijinakan tidak seperti burung kolibri dan burung cabe-cabean. Saat pertama dibeli ataupun ditangkappun burung ini bisa langsung jinak pada pemiliknya. Dipasar burung burung pleci dakun dibandrol dengan harga yang terjangkau mulai dari 10.000/ekor hingga harga yang termahal yaitu sampai dengan harga ratusan ribu rupiah.

Diindonesia sendiri terdapat dua macam burung pleci yaitu burung pleci dada kuning dan pleci dada putih. Kita ketahuai dari namanya bahwa burung pleci dakun memiliki warna kuning yang mencolok pada bagian dadanya, tidak hanya bagian dadanya saja berwarna kuning, warna kuning tersebut tersebar keseluruh bagian tubuh burung ini.
Dan warna pada kakinya berwarna hitama dan pada alis matanya berwarna putih mengelilingi matanya yang mirip seperti kacamata.

Burung pleci dakun jika dirawat dan dilatih dengan benar burung ini mampu mengeluarkan suara yang merdu. Masih dalam keadaan liarpun burung ini sering berkicau dialam liar dengan mengeluarkan suaranya yang indah. Yang membuat banyak para kicau mania tertarik untuk memelihara burung ini.
Sebelum kita mulai tentang bagaimana caranya menjinakan burung ini, kita mulai dulu terlebih dahulu tentang cara perawatanya karena jika kita sudah benar dalam perawatanya otomatis burung inipun akan jinak dengan sendirinya.

Perawatan burung pleci dakun


Pembersian sangkar secara teratur

Bersihkan sangkar pleci secara teratus setiap 3hari sekali atau 2 hari sekali, pembersihan sangkar ini bertujuan untuk menjaga kenyaman dan kesehatan burung pleci kesayangan sobat. Karena di tempat yang kotor burung akan lebeih sering terserang penyakit.

Berikut cara membersihan sangkar pleci dakun:
- pertama-tama turunkan sangkar plecinya terlebih dahulu.
- selanjutnya keluarkan burung plecinya, pindahkan burungnya terlebih dahulu kesangkar yang lain.
- lalu tempatkan sangkarnya di bawah terik matahari langsung.
- siram sangkarnya dengan menggunakan selang air siram semua bagian sangkar hingga basah.
- selanjutnya sikat atau lap menggunakan kain pada bagian kawat ramnya, lantai dan juga bersihkan semua sangkarnya secara teratur.
- jika sangkar sudah selesai disikat selanjutnya siram kembali sangkarnya hingga bersih.
- setelah selesai disiram, selanjutnya jemur sangkarnya hingga kering.
- jika sangkar pleci sudah bersih dan kering selanjutnya masukan kembali burunya.

Berikan pakan burung pleci

Pemberian pakan sendiri dilakukan pada pagi dan sore hari bisa juga jika sobat memberikannya pada malam hari. Pemberian pakanpun sobat bisa memberikan buah dan pakan burung yang terjual dipasar burung. Jangan lupa untuk memberikan minumnya juga.
Untuk pemberian pakanpun berikan pakan secara berlebihan agar supaya burung pleci sobat yang masih dalam keadaan liar bisa senang berada didalam sangkarnya, namun jika sudah jinak berikan pakanya secara teratur.

Mungkin itu saja untuk cara perawatan burung pleci dakun. Selanjutnya kita mulai tentang cara menjunakan burung pleci dakun.

Cara menjinakan burung pleci dakun.

Tempatkan burung pleci liar dengan pleci yang sudah jinak.

Yang pertama yang sobat harus lakukan yaitu penempatan burung, tempatkan burung pleci yang masih liar di sangkar yang
Berisi burung pleci yang sudah jinak, agar supaya burung pleci yang masih liar mengikuti kelakukan pleci dakun yang sudah jinak.

Tidak hanya itu seperti yang kita ketahui burung pleci dakun hidupnya berkolonil maka dari itu dalam penempatan burungnya pun kita harus menggambungkannya agar dia merasa senang berada didalam sangkarnya.

Tempatkan burung pada sangkar yang berukuran mini.

Yang kedua yaitu menempatkan burung pleci disangkar yang kecil lalu pasanglah tangkringan yang banyak pada sangkarnya, hal ini bertujuan agar gerakan siburung terbatasi dan kelamaan burung akan terbiasa dengan keadaan ini.

Menempatkan burung disangkar yang kecil ini juga bertujuan agar burung pleci ini bisa lebih dekat dengan sobat maka lama kelamaan burung bisa jinak lebih cepat.

Penempatan sangkar di tempat keramaian.

Yang selanjutnya ialah menempatkan sangkar burung ditempat yang ramai, tempatkan sangkar burung ditempat yang banyak dilalui banyak orang seperti didepan pintu atau didepan rumah sobat. Penempatan sangkar jangan terlalu tinggi tapi perlu diingat juga penempatan sangkar ini jangan ditempatkan ditempat yang memiliki banyak predator seperti kucing dan tikus.

Memandikan burung setiap pagi.

Mandikan burung pleci dakun setiap pagi hari yaitu pada pukul 07.00/0.7.30 pagi. Cara memandikannya yaitu dengan membasahi seluruh tubuh burung secara basah kuyub. Untuk memandikanya sobat bisa lakukan dengan cara disemprot secara lembut.

Setelah selesai dimandikan jemurlah burung pleci ditempat yang tersinari sinar matahari langsung. Tapi perli diingat dalam penjemyran ini jangan terlalu lama. Cukum 15-20 menit saja.

Tujuan memandikannya secara basah kuyub ini yaitu bertujuan untuk membuat siburung merasa lapar saat selesai dimandikan, karena energinya telah habis dia gunakan untuk memanaskan tubuhnya, disitulah sobat bisa mengambil kesempatan karena siburung akan meminta pakan kepda sobat. Perlakukanlah burung pleci sobat seperti raja.

Itulah tips dari saya tentang cara menjinakan burung pleci dakun/ pleci dada kuning. Semoga artikel ini bermanfaat.