-->

Header Menu

Cara Merawat Anakan Pleci Yang Baik Dan Benar

Cara Merawat Anakan Pleci Yang Baik Dan Benar

Assalamualaikum pecinta kicau mania sesabang dan setanah air. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips tentang cara merawat anakan burung pleci.

Burung pleci merupakan salah satu burung kicau yang populer pada saat ini bagaimana tidak, karena burung pleci memiliki suara kicauan yang unik, khas dan sangat merdu. Dan terkenal sebagai burung yang mudah jinak.
Burung pleci juga terkenal dengan sebutan burung kacamata. Burung ini diberi julukan sebagai burung kacamata karena disebabkan adanya warna putih yang berbentuk bulat mengelilingi mata burung yang lebih mirip dengan kacamata.

Pada umumnya burung pleci berwarna kuning dan agak kehijauan, burung pleci memiliki 2 jenis yaitu pleci dakun/pleci dada kuning dan pleci daput/ pleci dada putih.

Burung pleci banyak kita jumpai di daerah-daerah pegunungan tropis dimana tempat tersebut memiliki buah-buahan hutan yang berlimpah.  Kehidupan burung pleci dialam liar yaitu hidup secara berkelompok/berkolonil setiap kolonil berjumlah 10-15 ekor sekali terbang.

Pada saat ini burung pleci bukan hanya digunakan sebagai penghias rumah ataupun diikutkan lomba saja, namun pada saat ini banyak sobat kicau mania ingin mengais lebih banyak untung dari burung pleci yaitu dengan cara menangkarnya.

Namun, banyak juga yang mengeluh pada saat perawatan anakan pleci, mereka mengeluhkan bagaimana sih caranya merawat anakan pleci yang baik dan benar. Karena pada saat tahap perawatan anakan pleci mereka selalu gagal.
Memang untuk merawat anankan pleci bisa dibilang penuh dengan resiko, karena jika kita salah langkah dalam perawatanya, resikonya anakan burung pleci pasti akan mati. Karena pada umur yang masih 1-2minggu anakan pleci memerlukan perhatian khusus dari kita.

Selain itu diperlukan perhitungan yang tepat untuk pemberian pakan pada anakan burung pleci. Karena jika kita terlalu berlebihan dalam pemberian pakan, itu tidak baik untuk kesehatan anakan pleci, begitu pula sebaliknya jika kita kurang dalam pemberian pakan itu juga tidak baik untuk kesehatan anakan pleci. Jadi dalam pemberian pakan kita harus tepat dalam perhitungan waktunya.

Maka dari itu saya akan berbagi tips tentang cara merawat anakan burung pleci hasil ternakan dan juga hasil dari sobat beli dari pasar burung.

Jika sobat memiliki anakan burung pleci hasil ternakan. Maka cara merawatnya ialah sebagai berikut:

Pemberian pakan anakan pleci

Pertama tama yang harus sobat perhatikan yaitu pemberian pakan yang teratur. Pakan yang cocok untuk anakan pleci ini yaitu berupa voer, tapi perlu diingat voer yang diberikan harus dicampur terlebih dahulu dengan air putih hangat, buatlah adonan voer yang lembut, setelah itu berikan voer yang sudah lembut tersebut kepada anakan pleci dengan cara membuka paruh anakan pleci lalu memasukan voernya dengan cara perlahan.

Berikanlah pakan yang teratur pada pagi, siang dan juga malam hari. Seperti yang sudah dikatakan diatas tadi jangan memberikan pakan yang berlebihan dan juga kurang dalam pemberian pakan karna itu akan berdampak buruk pada kesehatan burung pleci.

Setelah anakan pleci sudah mulai besar, sobat juga bisa mulai memberikan pakan yang agak bervariasai yaitu pemberian kroto dan juga jangkrik. Sobat juga bisa memberikan multyvitamin untuk menguatkan daya tubuh anakan pleci.

Perhatikan kebersihan kandang 

Selain harus memperhatikan pemberian pakanya, sobat juga harus memperhatikan kebersihan kandang anakan pleci. Bersihkanlah kandang pleci secara rutin setiap hari, demi kenyamanan dan kesehatan anakan pleci. Bersihkanlah kandangnya secara keseluruhan dari alasnya sampai ram-ramnya.

Tempatkan kandang anakan pleci ditempat yang aman, dimana tempat yang tidak ada hewan predator seperti kucing, tikus dan juga ayam. Usahakan penempatan kandangnya terdapat ventilasi udara yang cukup.

Aturlah ventilasi udaranya kurangi ventilasi udara pada saat musim hujan agar anakan pleci tidak kedinginan, dan pada saat musim panas ataur ventilasi udaranya agar burung tidak kepanasan.

Jika anakan pleci sudah mulai besar dan sudah mulai bisa makan sendiri, selanjutnya sobat membiasakan untuk memandikannya dengan menggunakan semprotan. Mandikan anakan pleci setiap pagi pada saat matahari pagi mulai muncul.

Tujuanya agar anakan pleci bisa tetap segar dan kesehatanya tetap terjaga, dan untuk meningkatkan birahi burung agar bisa membuka paruhnya dan berkicau.

Sobat juga sudah bisa melakukan pemasteran setelah memandikan burung pleci dengan cara mendengarkan suara masteran mp3 kepada anakan burung pleci. Karena sebagaimana yang kita tahu bahwa burung pleci mampu menirukan suara-suara burung lainya. Maka dari itu kita sudah bisa memasterkannya sejak masih trotol.

Tapi jika sobat tidak memiliki anakan pleci hasil ternakan. Maka sobat bisa membelinya dipasar burung. Tapi perlu diingat dalam pemilihan anakan pleci yang sehat sobat harus memilihnya secara teliti demi mendapatkan trotol yang bagus dan berkualitas.

Cara memilih trotol/anakan pleci yang bagus dan sehat.

Berikut saya akan memberikan tips untuk memilih anakan pleci yang bagus dan sehat.

- Terlihat mendominasi kandangnya.
- Terlihat lebih agresif.
- Memilih anakan pleci yang memiliki bulu yang terang.
- Suar neritanya nyaring saat lapar atau meminta makan.
- Rongga mulut berwarna merah.
- Alis kacamata burung Tebak dan lebih mencolok.

Itulah tips dari saya tentang cara merawat anakan pleci yang baik dan benar. Dalam merawat anakan pleci sebenarnya tidaklah sulit seperti yang sobat bayangkan, kuncinya hanyalah kesabaran dan juga ketlatenan sobat dalam merawat anakan pleci.