-->

Header Menu

Cara Menjinakan Burung Tekukur/Dekukur Liar

Cara Menjinakan Burung Tekukur/Dekukur.

Assalamuallaikum para pecinta kicau mania sesabang dan setanah air. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan Tips tentang cara menjinakan burung tekukur liar.

Baca juga: Cara Menangkap Burung Tekukur Liar

Burung Tekukur merupakan salah satu burung kicau yang memiliki banyak peminatnya, mulai dari kicau junior sampai dengan kicau senior di indonesia.
Bagaimana tidak, burung tekukur dikenal sebagai burung yang memiliki suara yang sangat merdu jika dirawat dengan baik. Burung tekukurpun terkenal dengan sifatnya yang mudah jinak dibandingkan dengan burung kicau pada umumnya.
Untuk menjinakan burung tekukurpun tidaklah membutuhkan waktu yang lama, tidak seperti burung kicau yang lain yang membutuhkan waktu yang lama untuk dijinakan.
Yang menyebabkan burung tekukur mudah jinak ialah dikarenakan hidupnya dialam liar sangat dekat dengan manusia. Seperti diperkebunan warga dipersawahan bahkan diperumahanpun burung tekukur tidak jarang membuat sarang.
Untuk pada saat ini burung tekukur tidak hanya dijadikan penghobi saja melainkan kebanyakan sobat kicau mania lebih mengembangkanya untuk menghasilkan lebihbanyak lagi keuntungan yaitu dengan cara diternak.
Ciri-ciri burung tekukur ialah:
- warna bulu tubuhnya umumnya berwarna coklat polos.
- dengan warna pada lehernya terdapat bintik-bintik hitam.
- dan warna paruhnya berwarna hitam dan ukuran paruhnyapun kecil berbeda dengan keluarganya merpati yang memiliki ukuran paruh yang agak besar.
- sedangkan warna kakinya berwara hitam.
- untuk ukuran tubuhnya tekukur tergolong masuk ke ukuran tubuh burung yang sedang, mirip ukuran tubuh burung kepodang.
Harga burung tekukur:
Pada saat ini harga burung tekukur bisa dibilang dengan lumayan mahal yaitu berkisaran antara.
- Rp. 35.000-40.000 untuk yang sudah gacor.
- Rp. 15.000-20.000 untuk yang masih liar.
- Rp. 10.000-15.000 untuk yang masih anakanya.

Harga burung tekukur diatas merupakan harga burung tekukur yang digunakan dipasaran.
Dan untuk harga burung tekukur berdasarkan jenisnya berikut ulasanya:
- Harga tekukur Deruk Rp.100.000
- Harga tekukur Klatan Rp.50.000
- Harga tekukur Hutan Rp.500.000
- Harga tekukur Lokal Rp.75.000
- Harga tekukur Sinom Rp.100.000
- Harga tekukur Putih Rp.1.000.000
- Harga tekukur Hijau Rp.500.000

Untuk sobat yang membeli burung tekukur dipasar burung atau menangkapnya dari hutan yang masih dalam keaadaan liar dan ingin menjinakanya, maka tidak salah sobat membaca artikel ini. Berikut Tips Untuk menjinakan burung tekukur liar:

Cara menjinakan burung tekukur liar

Berikut langkah-langkah menjinakan burung tekukur yang baik dan benar. Cara berikut merupakan langkah-langkah yang telah saya buktikan pada burung tekukur yang saya miliki. Dan dalam waktu 1 bulanan burung tekukur yang saya miliki berhasil jinak.

1. Mandikan burung tekukur setiap pagi.

Yang pertama yang harus sobat lakukan dalam menjinakan burung tekukur ialah memandikan burung tekukur setiap pagi. Waktu yang tepat pada saat memandikan burung tekukur ialah pada pukul 0.6.00-07.00 pagi hari. Untuk Cara memandikanya yaitu dengan menggunakan semprotan. Pertama-tama semprot kepala burung sampai dengan ujung kaki. Usahakan dalam menyemprot burung, semprotlah seluruh tubuh burung sampai basah kuyub.

Semprot tubuh burung dengan cara perlahan jangan membuat takut burung tekukur. Tujuan menyemprot burung sampai basah kuyub yaitu agar siburung menggigil dan pada saat menggigil burung akan menaikan suhu tubuhnya yang membuat siburung akan merasa lapar.

Pada saat lapar itulah siburung mulai meminta makan kepada sobat, buat burung ketergantungan kepada sobat

2. Jemur Burung Tekukur Dibawah Terik Matahari.

Setelah selesai memandikan burung tekukur, selanjutnya yang harus sobat lakukan ialah menjemur burungnya agar siburung tidak kedinginan. Usahakan pada saat menjemur burung burungnya dijaga, takutnya dirumah sobat banyak binatang binatang buas seperti kucing dan anjing.

Jika sobat tetap waswas dalam penjemuran burung saya sarankan jemurlah burung tekukur dengan cara menggantung sangkarnya dipohon ataupun di depan rumah sobat, tetapi letakan burung ditempat yang terkena sinar matahari. Waktu penjemuran cukup 30menit saja, yaitu pada pukul 08.00-0.8.30 pagi.

3. Memberikan Makan Burung tekukur.

Setelah selesai mandai dan telah selesai dijemur, selanjutnya yang harus sobat lakukan ialah memberikan pakan pada burung tekukur. Karena pada saat selesai mandi burung tekukur akan merasakan lapar yang luar biasa. Dikarenakan energi yang dimiliki burung tekukur telah menipis yang digunakan memanaskan tubuhnya pada saat dimandikan.

Disinilah sobat mengambil kesempatan untuk lebih dekat dengan siburung, karena siburung akan meminta pakan kepada anda. Usahakan dalam pemberian pakan berikanlah pakan dengan menggunakan tangan sobat langsung. Agar burung menjadi terbiasa dan menjadi jinak.

Tetapi jika siburung velum mau makan langsung ditangan sobat, sobat jangan khawatir lakukan ini secara bertaham si minggu pertama pemberian pakan dengan menggunakan tempat biasanya tapi ditemani kedekatan sobat. Minggu kedua diberi pakan dengan menggunakan lidi atau sendok. Minggu ketiga diberikan pakan dengan menggunakan bantuan tangan dan seterusnya sampai siburung akhirnya mau mekan langsung ditangan sobat.

4. Angin - Anginkan Burung DiTempat Yang Sejuk.

Setelah pemberian pakan telah selesai selanjutnya yang harus sobat lakukan ialah memberikan waktu ustirahat bagi siburung ditempat yang sejuk. Gantung sangkar burungnya ditempat yang sepi, dimana tempat tersebut jauh dari suara bising manusia.

Usahakan pada saat mengangin-anginkan burung, burungnya jangan diliatin terus, biarkan burung bersenang-senang dan bermain-main. Karena setelah merasa takut pada saat selesai dimandikan tadi burung juga butuh ketenangan untuk menangkan hatinya.

5. Lakukanlah beberapa langkah diatas secara rutin, sampai burung tekukur yang sobat miliki jinak. Dan sebagai tambahan saya akan memberikan tips bagaimana caranya membuat burung tekukur bisa rajin bunyi.

- Pada saat berintirahat dengarkanlah pada burung suara-suara masteran yang sudah sobat download di hp sobat atau menggunakan mp3 player, putar suara masteran tersebut dekat pada burung. Lakukan hal ini secara rutin setiap hari karena ini akan memancing burung tekukur yang sobat miliki akan menjadi rajin bunyi atau dekur.

Itulah beberapa tips menjinakan burung tekukur/dekukur yang sudah terbukti ampuh menjinakan burung tekukur yang masih dalam keadaan liar.
Sebenarnya untuk menjinakan burung tekukyr itu bisa dibilang mudah, jika sobat melakukan cara diatas secara rutin setiap hari.








0 Response to "Cara Menjinakan Burung Tekukur/Dekukur Liar"

Post a Comment