-->

Header Menu

Perawatan Harian Nuri Pantai

Perawatan Harian Nuri Pantai

Assalamulaikum kicau mania sesabang dan setanah air. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips tentang Cara Perawatan Harian Burung Nuri Pantai.
Nuri Pantai yaitu salah satu spesies burung nuri yang berukuran paling kecil dalam spesiesnya yaitu ukuranya berkisaran 20-30cm. Burung Nuri Pante lebih mirip dengan burung serindit.
Burung Nuri Pantai yaitu jenis burung paruh bengkok yang memiliki penampilan yang lumayan menarik. Warna bulunya berwarna Hijau dan kuning. Untuk Warna hijau terdapat pada seluruh tubuh nuri pantai dengan sedikit bintik-bintik kuning yang terdapat pada leher burung nuri pante.
Burung Nuri Pantai merupakan jenis burung nuri yang tidak mudah stress, jadi sebenarnya untuk perawatanya sendiri kita tidak perlu terlalu rutin. Namun, kita harus memperhatikanya jangan sampai salah, karena jika sobat salah dalam perawatanya itu bisa berakibat fatal.

Burung Nuri Pantai merupakan burung yang lumayan cerdas, sama seperti jenis burung nuri pada umumnya yaitu Nuri DoraNuri Pelangi dan Nuri Paltem. Dan mampu menirukan suara burung lain, dan jika dilatih dengan benar tidak jarang burung ini mampu menirukan suara manusia.

Cara Perawatan Harian Burung Nuri Pantai

Sebenarnya untuk perawatan nuri pantai tidak jauh beda dengan perawatan burung nuri pada umumnya, kita hanya perlu memperhatikan makananya, kebersihan kandang dan juga kebersihan burung itu sendiri.

1. Perhatikan Kebersihan Kandang Burung

Sobat harus menjaga kebersihan kandang burung sobat. Bersihkanlah kandang burung sobat secara rutin setiap hari. Pembersihan ini sobat bisa lakukan dengan menggunakan slang air, dengan cara menyemprotkan seluruh bagian kandang sampai bersih. Bersihkanlah pada bagian lantai, dinding kandang dan juga tempat air minum burung.

Sobat juga harus rutin membersihkan tempat makanan atau tempat minuman burung sobat. Ganti air minumnya setiap hari dengan air bersih agar burung tidak terkena penyakit.

2. Pemberian Pakan

Berikanlah pakan burung secara teratur setiap hari seperti pada pagi, siang dan malam hari jika perlu. Jika sobat masih baru dalam memiliki burung nuri pantai. Sebaiknya sobat memberikan pakan yang bervariasi untuk awal-awal saja, pakan yang bervariasi itu berupa Pisang, Rambutan, Biji-bijian seperti biji bunga matahari dan lain sebagainya.

Untuk burung yang masih baru, berikanlah makanan yang banyak didalam kandangnya agar burung tidak takut dan stress, pemberian pakan yang banyak dan bervariasi bertujuan untuk agar sang burung tidak kebingungan dengan rumah barunya. Karena jika sobat memberikan pakan yang sedikit dan hanya satu macam saja ditakutkan burung baru tidak mau makan. Tips ini cukup sobat lakukan beberapa hari pertama saja. Untuk seterusnya sobat sudah bisa memberikan pakan satu macam saja kecuali sobat memiliki banyak dana untuk membeli pakan bervariasi.

3. Menjaga Penampilan Burung 

Untuk hal menjaga penampilan burung Nuri Pantai sobat, sobat bisa melakukanya dengan cara memandikan burung sobat secara rutin setiap hari jika cuaca mendukung. Artinya jika cuaca dipagi hari ditempat sobat cerah, sobat boleh memandikan burung sobat setiap hari.

Namun jika cuaca terlihat tidak mendukung, alangkah baiknya jika sobat memandikan burung sobat 3 hari sekali atau 1 minggu sekali.

Untuk memandikan burung Nuri Pantai sobat bisa menggunakan semprotan burung yang sobat bisa beli di pasar burung atau di toko burung. Namun jika sobat tidak mau mengeluarkan dana sobat bisa menggunakan jalan pintas dengan menggunakan botol air mineral berukuran sedang lalu melubangi tutup botolnya. Namun, cara ini kurang efektif dikarenakan biasanya air hasil semprotan botol air mineral sangat besar berbeda dengan menggunakan semprotan aslinya yang bisa diatur.

Dalam memandikan Burung Nuri Pantai sobat bisa lakukan pada pagi hari tepatnya pada pukul 06.30-07.00, disaat matahari pagi belum muncul.

Demikian tips singkat dari saya tentang perawatan harian Burung Nuri Pantai. Semoga bermanfaat. Jangan lupa Share ya sob.

0 Response to "Perawatan Harian Nuri Pantai"

Post a Comment