-->

Header Menu

Cara Menangkap Burung Sogok Ontong/Sriganti di Alam Liar

Cara Menangkap Burung Sogok Ontong/Sriganti di Alam Liar

Cara Menangkap Burung Sogok 
Ontong/Sriganti Dialam Liar - Burung Sogok Ontong atau biasa di sebut dengan sebutan Sriganti/ Srigunting ini merupakan salah satu jenis burung pemakan nektar sari-sari bunga yang ada di alam liar. Burung Sogok Ontong memiliki ciri-ciri yang tidak jauh berbeda dengan jenis burung pemakan nektar pada umumnya seperti halnya saudaranya burung Kolibri. 

Ciri-ciri umum yang dimiliki burung sogok ontong ini ialah memiliki ukuran tubuh yang tergolong kecil, kira-kira hanya berukuran 12 sampai 13 cm saja. Penampilan yang mini ini tidak berpengaruh terhadap suara yang di hasilkan oleh burung Sogok ontong ini. Suara dari burung sogok ontong sangat lantang dan juga nyaring, dengan suara crecetan yang sedikit kasar namun khas ini membuat burung sogok ontong pada saat ini menjadi primadona di kalangan para pencinta kicau mania.

Selain memiliki suara kicauan yang khas, ternyata dilihat dari segi penampilanyapun burung sogok ontong memiliki penampilan yang memukau, yaitu memiliki warna kuning cerah pada bagian tubuhnya dan terdapat warna hitau keunguan yang berkilau terdapat pada bagian kepala dan lehernya, ciri warna seperti ini hanya terdapat pada jenis burung sogok ontong berjenis kelamin jantan, sedangkan pada sogok ontong berjenis kelamin betina hanya berwarna kuning cerah pada seluruh bagian tubuhnya.

Banyak pencinta kicau mania yang memilih burung sogok ontong ini untuk dijadikan sebagai burung masteran sebagai masteran burung kicau lainya seperti burung Pleci, burung cendet, burung jalak kebo dan juga burung jalak suren. Mengingat burung sogok ontong memiliki suara crecetan yang lantang.

Terlebih lagi di lihat dari segi perawatanyapun burung sogok ontong tergolong burung yang mudah dalam perawatanya, mengingat burung ini dialam liar hanya memakan nektar dari sari-sari bunga dan juga sedikit serangga kecil. Sari-sari bunga atau nektar tersebut bisa sobat ganti dengan air gula dan juga madu yang di campur dengan air hangat. Sedangkan untuk serangganya, sobat bisa memberikan jangkrik, kroto ataupun belalang yang berukuran kecil.

Baiklah, setelah melihat ciri-ciri burung Sogok Ontong/Sriganti, maka selanjutnya mari kita menuju ke pokok pembahasan tentang Cara Menangkap Burung Sogok Ontong di Alam Liar Dengan Mudah. Silahkan sobat menyimak langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Memikat Burung Sogok Ontong/Sriganti di Alam Liar

1. Pertama-tama yang harus sobat lakukan dalam menangkap burung Sogok Ontong di alam liar, sobat harus menentukan tempatnya terlebih dahulu, carilah tempat yang menurut sobat banyak atau sering terlihat berlalu-lalang burung Sogok Ontong, saran saya pilihlah tempat yang memiliki banyak tanaman, bunga yang memiliki bunga yang mekar. Atau bisa juga memilih tempat yang luas dan jarang ada pepohonanya.

2. Setelah sobat telah menentukan tempat berburu Sogok Ontong, selanjutnya ialah mempersiapkan alat dan bahanya. Untuk alatnya sobat bisa mempersiapkan parang, kayu/bambu kecil, paku/tali, dan juga cepuk kecil. Dan untuk bahanya, sobat harus menyiapkan Suara rekaman burung yang sudah termuat rekaman suara pikatan burung yang sudah menjadi mp3, pulut pohon nangka/pulut pohon doda, namun jika tak mau repot-repot lagi, sobat bisa menggantinya dengan menggunakan lem tikus yang banyak tersedia di pasar ataupun di kios terdekat.

3. Jika bahan-bahanya sudah disiapkan, selanjutnya yang harus sobat lakukan yaitu merangkai perangkap atau pemikat burungnya. Cara merangkaianya pun cukup mudah, pertama-tama ambilah cepuk kecil yang tadi sudah sobat siapkan dan isi cepuk tersebut dengan sedikit air. Lalu masukan pulut pohon nangka/pulut doda yang sudah sobat siapkan tadi ke dalam cepuk yang sudah terisi air. Tujuanya agar pulutnya tidak lengket di tangan sobat saat di pegang. Lalu setelah itu ambilah ranting pohon atau bambu kecil yang sudah sobat siapkan tadi, kemudian lingkari pulut tadi di seluruh bagian ranting kayu tadi sampai merata.

4. Jika semua sudah siap, selanjutnya sobat bisa langsung menuju ke TKP yaitu mulai menangkap burung sogok ontong di tempat yang sudah sobat pilih tadi. Caranya cukup mudah yaitu ambil ranting pohon yang sudah sobat siapkan tadi, lalu pilihlah salah satu pohon yang ada di tempat itu, lalu bersihkan ranting-ranting kecil yang ada di kayu pohon itu, setelah sudah bersih, barulah sobat memaku atau mengikat ranting kayunya di tempat yang sudah bersih tersebut. Dan selanjutnya ambil suara mp3 yang sobat telah siapkan lalu putar mp3nya di dekat pulut yang sobat sudah pasang tadi, dan yang terakhir tinggal menunggu. Cara ini sangat mudah dan sangat manjur untuk sobat lakukan, cara ini sudah saya buktikan kurang lebih dalam 5 menit pasti sudah ada burung sogok ontong yang sudah nyantol.

Baca Juga: Cara Merawat Burung Sogok Ontong

Nah, itulah tadi trik dari saya tentang Cara Menangkap Burung Sogok Ontong/Sriganti di Alam Liar. Namun, untuk memikat burung di hutan, sobat juga harus memperhatikan kelestarian kehidupan burung, jangan memikat burung terlalu berlebihan. Karna itu akan merusak kelangsungan hidup burung Sogok Ontong. Semoga artikel ini bermanfaat jangan lupa untuk membaca artikel kami lainya di bawah ini.



0 Response to "Cara Menangkap Burung Sogok Ontong/Sriganti di Alam Liar"

Post a Comment