-->

Header Menu

Tips Menjinakan Burung Hantu Dalam Waktu Singkat

Tips Menjinakan Burung Hantu Dalam Waktu Singkat

Tips Menjinakan Burung Hantu Dalam Waktu Singkat - Burung hantu merupakan jenis burung yang memiliki peminat yang cukup banyak di indonesia. Burung hantu merupakan jenis burung yang masuk ke kategori jenis burung yang berukuran sedang mirip seperti burung elang dan burung alap-alap.

Burung Hantu memiliki bulu-bulu tubuh yang lumayan cantik, dan sangat menggemaskan, wajah burung hantu ini mirip seperti wajah kucing.

Tapi burung hantu ini di sebagian daerah di indonesia dianggap sebagai burung yang seram dan sering di anggap sebagai burung pembawa kabar buruk oleh sebagian orang. Namun anggapan itu sebenarnya tidak benar, karna burung hantu ini sebenarnya burung yang sama persis seperti burung pada umunya.

Mungkin yang membuat mereka beranggapan seperti itu di sebabkan oleh nama dari burung hantu itu sendiri yang mengandung kata yang menyeramkan yaitu "hantu". Namun sebenarnya burung ini memiliki nama yang tidak seseram itu. Namun, di beberapa daerah di indonesia burung ini memiliki nama yang berbeda seperti halnya di pulau jawa dan pulau sulawesi utara. Di pulau jawa burung ini di kenal dengan nama burung dares, sedangkan di sulawesi utara burung ini dikenal dengan nama Manguni. Berikut penjelasan singkat mengenai burung hantu.

Burung hantu adalah kelompok jenis burung yang merupakan anggota dari ordo Strigiformes. Burung ini termasuk golongan burung buas karnivora, atau hewan pemakan daging, burung hantu inipun merupakan jenis hewan malam atau nokturnal. Untuk saat ini Burung hantu memiliki sekitar 222 spesies yang telah diketahui,  seluruh spesies tersebut menyebar di seluruh dunia kecuali di Antartika , dan keberadaan terbesar burung hantu yaitu terletak di Greenland, dan beberapa pulau-pulau terpencil lainya.

Berbeda di negara bagian barat, burung hantu di anggap sebagai burung yang melambangkan Kebijaksanaan. Yang banyak di pelihara oleh keluarga kerajaan di masa lalu.

Ciri-ciri Burung Hantu

Burung hantu memiliki ciri-ciriseperti berikut ini, burung hantu memiliki mata yang besar dan menghadap ke depan, tak seperti jenis burung pada umumnya yaitu pada burung lain memiliki mata yang menghadap ke samping. Burung hantu juga memiliki bentuk paruh yang bengkok tajam seperti paruh elang dengan susunan bulu-bulu di kepala yang membentuk lingkaran mirip wajah , tampilan mirip wajah ini yang membuat burung hantu ini mengesankan dan kadang- kadang menyeramkan. Terlebih lagi leher dari burung ini sangat lentur sehingga wajahnya dapat berputar hingga 180 derajat ke belakang layaknya hantu.

burung hantu memiliki bulu-bulu yang berwarna belurik ke coklatan dan  keabu-abuan dengan terdapat bercak- bercak hitam dan putih. Dan dipadukan dengan perilakunya yang kerap mematung dan tidak banyak bergerak, menjadikan burung ini tidak mudah terlihat di alam liar. begitupun ketika mereka saat tidur di siang hari di bawah lindungan dedaunan. Burung hantu umumnya memiliki ekor yang berukuran pendek, dan juga memiliki bentuk sayap yang besar dan sangat lebar. Rentang sayapnya mencapai sekitar tiga kali panjang dari tubuhnya sendiri.

Baiklah, itulah tadi penjelasan singkat mengenai ciri-ciri dari burung hantu, dan selanjutnya mari kita lanjut ke pokok pembahasan tentang Cara Menjinakan Burung Hantu.

Dalam menjinakan burung hantu, ada satu hal penting yang harus sobat perhatikan yaitu burung hantu merupakan jenis burung yang mudah stres. Itu artinya jangan menggunakan metode penjinakan burung kicau lainya dengan metode menjinakan pada burung hantu, karna perawatan yang di gunakan pada burung hantu lebih optimal.

Sobat harus mengetahui karaker dan sifat burung hantu yang sobat miliki, sobat harus pintar-pintar dalam mengambil kepercayaan burung hantu sobat. Agar supaya burung hantu milik sobat bisa lebih bermanja-manja kepada sobat.

Untuk lebih jelasnya silahkan simak tips menjinakan burung hantu berikut ini.

Cara Menjinakan Burung Hantu Dalam Waktu Singkat

1. Jangan Menempatkan Burung Hantu di Sangkar Yang Sempit

Hal utama yang terpenting dalam proses penjinakan burung hantu yaitu jangan pernah menempatkan burung hantu milik sobat di sangkar yang berukuran kecil. Karna burung hantu merupakan jenis burung yang lebih menyukai tempat yang luas agar mereka bisa leluasa bergerak sesuai seperti halnya di alam liar. Karna jika mereka di tempatkan di tempat yang sempit, hal itu hanya akan membuat burung stres dan menjadi tidak mau makan. Sebenarnya sobat juga bisa menempatkan burung hantu milik sobat di sangkar burung, namun sangkar yang berukuran besar.

Lebih baik jika sobat menempatkan burung hantu milik sobat di tempat tenggeran, layaknya burung berukuran besar lainya seperti burung kakak tua dan burung beo. Tapi sobat harus memberikan rantai pada kaki burung agar burung tidak lari.

2. Menempatkan Burung di Tempat Yang Teduh

Taruhlan tangkringan burung hantu milik sobat di tempat yang teduh, jika sobat menggunakan tangkringan, dan jika sobat menaruh burung hantu milik sobat di sangkar, maka tempatkanlah sangkarnya di tempat yan teduh, mengingat burung hantu ini merupakan jenis burung malam yang suka dengan kegelapan.

Jangan melakukan penjemuran pada burung hantu sama seperti burung kicau pada umumnya yang sangat menyukai penjemuran. Dan pada malam hari jika sobat menaruh burung hantu milik sobat di dalam rumah, sebaiknya matikan lampu rumah sobat, mengingat burung hantu memiliki penglihatan yang baik pada malam hari. Di hutan rimbapun burung hantu hanya mengandalkan cahaya sinar bulan.

3. Perhatikan Pemberian Pakan

Untuk burung hantu yang masih berusia muda sebaiknya sobat memperhatikan pemberian pakanya. Khusus untuk burung hantu yang masih berumur 3 bulan kewabah sebaiknya sobat memberikan 7 ekor jangkrik setiap harinya. Untuk 7 ekor jangkrik ini sobat bisa memberikan dua kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari. Sobat bisa memberikan pakan jangkrik ini dengan cara di loloh.

Namun, untuk menghindari tergigit paruh burung hantu yang tajam tersebut, sobat bisa memberikan pakan burung hantu sobat dengan cara menggunakan bantuan lidi. Yaitu dengan cara melwtakan jangkrik di ujung lidi tersebut lalu menyuapinya kepada burung hantu milik sobat.

4. Menjaga Kebersihan Kandangnya

Jika sobat menaruh burung hantu milik sobat di dalam sangkar, alangkah baiknya jika sobat lebih sering-sering membersihkan sangkarnya. Karna mengingat burung hantu merupakan burung predator yang memakan daging, dan cara mereka makanpun hanya dengan cara mencabik-cabik mangsanya, lalu mereka langsung menelan potongan-potongan kecil tersebut, dan hasil cabik-cabikanya itu tentunya akan membuat sangkarnya bisa lebih cepat kotor.

Jadi sobat harus sering-sering membersihkan sangkarnya, tidak luput juga sobat harus sering-sering mengganti air minumya, pembersihan kandang ini bertujuan agar burung tidak terserang penyakit ataupun virus yang disebabkan oleh sisa-sisa makanan yang membusuk dan tercampur dengan kotoranya.

5. Memandikan Burung Hantu

Burung hantu merupakan jenis burung yang mudah stres. Jadi sobat bisa menanganinya dengan cara memandikan burung hantu. Sobat bisa memandikan burung hantu milik sobat dengan cara menyemprotnya dengan menggunakan semprot burung. Untuk memandikan burung hantu inipun sobat tidak perlu memandikanya setiap hari, cukup memandikanya seminggu sekali saja, dan juga sobat harus memperhatikan durasi penjemuranya juga, saran saya tidak usah terlalu lama.

6. Ajak Burung Hantu Berinteraksi

Salah satu cara yang bisa sobat lakukan dalam menjinakan burung hantu ialah dengan cara mengajaknya berinteraksi, sobat bisa mengajaknya berinteraksi dengan cara menatao mata sang burung hantu lalu sambil menajakanya, lakukan hal ini setiap pagi dan sore hari, maka lama kelamaan burung hantu milik sobat akan menjadi mengerti apa yang sobat maksud.

7. Memberikan Nama Kepada Burung Hantu Milik Sobat

Memberikan nama kepada burung hantu sobat ternyata sangat dianjurkan oleh pakar-pakar burung, dengan begitu burung bisa lebih akrab dengan sobat, sobat bisa melatihnya dengan cara memanggil namanya sambil memberikan pakan kepadanya, lama kelamaan burung hantu akan terbiasa dengan kata-kata yang sobat ucapkan.

Nah, itulah tadi tips dari saya tentang cara menjinakan burung hantu dalam waktu singkat. Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa untuk membaca artikel menarik kami lainya di bawah ini.

0 Response to "Tips Menjinakan Burung Hantu Dalam Waktu Singkat"

Post a Comment