-->

Header Menu

Cara Menyembuhkan Penyakit Tetelo Pada Cucak Ijo Sampai Sembuh Total

Assalamualaikum kicau mania sebangsa dan setanah air. bertemu lagi bersama saya disitus burung kesayangan kita, ya pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips tentang cara mengatasi penyakit Tetelo pada burung Cucak Ijo sampai sembuh total.

Burung Cucak Ijo merupakan salah satu jenis burung kicau yang memiliki suara kicauan yang merdu dan bervariasi jika di latih dengan benar. Hal itulah yang membuat para pecinta kicau mania lebih memilih burung Cucak Ijo ini untuk dipelihara baik itu sebagi penghias rumah maupun untuk diikutkan kontes burung.

Namun, tidak jarang juga burung Cucak Ijo ini sering terserang penyakit yang lumayan membuat panik, yaitu penyakit yang bernama Tetelo. Untuk para kicau mania yang sudah terbiasa dalam dunia burung pasti sudah tidak asing lagi dengan penyakit Tetelo ini. Namun untuk para pemula di dunia burung mungkin belum mengetahui apa itu penyakit Teteli, silahkan sobat menyimak penjelasan singkat berikut ini tentang penyakit Tetelo.

Penyakit Tetelo merupakan penyakit yang tidak boleh di anggap remeh karna penyakit Tetelo ini merupakan penyakit yang tergolong berbahaya, jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat penyakit ini bisa menyebabkan kematian pada burung.

Penyakit Tetelo ini sering menyerang ungas termasuk burung Cucak Ijo, penyakit Tetelo ini terjadi secara tiba-tiba tanpa ada pertanda apa-apa pada burung. Penyakit Tetelo ini menyerang pada bagian syaraf burung yang menyebabkan burung menjadi lumpuh secara tiba-tiba yang membuat burung jatuh dari atas tangkringanya.

Penyakit Tetelo ini gejalanya bermacam-macam ada yang hanya menyerang oada bagian sayap burung saja, ada yang menyerang pada kakai burung saja bahkan ada pula yang menyerang seluruh tubuh burung.

Ciri-ciri Cucak Ijo Terkena Penyakit Tetelo

Cucak ijo yang mengalami penyakit Cucak ijo memiliki ciri-ciri yang awalnya giras dan gacor dan tiba-tiba menjadi pendiam, murung dan tidak mau makan. Cucak ijo akan tiba-tiba murung dibawah lantai sangkarmya dan tidak mau naik keatas tangkringanya layaknya burung yang sakit parah. Ciri-ciri yang paling umum terjadi pada burung yang Cucak Ijo yang terserang penyakit Tetelo yaitu burung akan tiba-tiba jatuh kelantai sangkar dan tidak bisa bergerak, namun matanya masih terbuka layaknya burung yang sehat, sering juga burung akan mengalami kejang-kejang dan ayanan layaknya penyakit ayan pada manusia.

Penyebab Penyakit Tetelo

Penyebab burung terserang oleh penyakit Tetelo ini bisa disebabkan oleh beberapa penyebab, salah satunya yaitu disebabkan oleh serangan virus yang menyerang tubuh burung. Virus-virus ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya yaitu disebabkan oleh kandang burung yang kotor, karena jarang dibersihkan.


Maka dari itu sobat harus sering-sering membersihkan sangkar burung sobat agar penyakit Tetelo ini bisa terhindar dari burung Cucak Ijo kesayangan sobat.

Cara Mengobati Penyakit Tetelo

Untuk mengatasi burung Cucak Ijo yang terserang penyakit Totelo saran saya jangan panik, karna hal itu hanya akan membuat sobat tidak tahu apa yang harus sobat lakukan. Sobat harus paham betul hal apa yang pertama harus sobat lakukan jangan asal-asalan karna penyakit ini jika diatasi dengan cara yang salah bukanya sembuh Cucak ijo malah mati.

Cara mengatasi penyakit serangan Tetelo ini bervariasai dengan cara yang berbeda-beda namun mempunyai satu tujuan yaitu menghilangkan virus agar kondisi burung tetap Vit. Umumnya banyak para kicau mania mengatasi penyakit Tetelo ini dengan menggunakan obat-obatan dari bahan alami maupun bahan kimia. Selain pemberian obat-obatan ternyata untuk burung yang terserang penyakit Tetelo ini harus dilakukan perawatan yang ekstra.

Langkah Awal Mengatasi Tetelo

Langkah awal yang bisa sobat lakukan untuk mengatasi penyakit Tetelo ini bisa dengan cara memberikan larutan air gula hangat. Langkah pembuatanya pun sangat simple yaitu dengan melarutkan gula pasir kedalam air hangat.

Selain itu juga sobat bisa memberikan madu asli kepada burung yang terserang penyakit Tetelo ini. Dan untuk obatnya sobat bisa menggunakan obat anti saraf yang banyak dijual di toko-toko obata burung.

Sobat juga bisa meracik obat alami untuk mengatasi penyakit Tetelo ini yaitu dengan menggunakan daun saga. Untuk cara menggunakanyapun sangat mudah yaitu dengan cara meremas daun saga lalu memberikan air remasan daun saga tersebut kepada burung Cucak Ijo yang terkena penyakit Tetelo. Sobat juga bisa memberikan obat metabolisme kepada burung yang terserang penyakit Tetelo tersebut.

Untuk Cucak Ijo yang terserang penyakit Tetelo ini sebaiknya burung jangan dulu dimandikan sampai burung benar-benar sembuh. Selain itu sobat juga harus lebih sering-sering menjaga kebersihan sangkar burung, agar terhindar dari virus-virus yang berbahaya.

Penyakit Tetelo ini umumnya bisa sembuh tanpa memakan waktu yang lama, tetapi sobat harus rutin memberikan pengobatan seperti di atas.

Baca Juga: Jamu Tradisional Untuk Cucak Ijo

Nah, itulah tadi tips dari saya tentang cara mengatasi penyakit Tetelo pada Cucak Ijo. Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa untuk membaca artikel menarik kami lainya dibawah ini.

0 Response to "Cara Menyembuhkan Penyakit Tetelo Pada Cucak Ijo Sampai Sembuh Total"

Post a Comment