-->

Header Menu

Jenis Pleci Sangihe Yang Langka dan Terancam Punah

Jenis Pleci Sangihe Yang Langka dan Terancam Punah 

Pleci merupakan burung kicau yang kita kenal dengan burung yang memiliki ukuran tubuh yang mungil namun memiliki suara kicauan yang amat merdu dan unik. Di indonesia sendiri burung Pleci memiliki banyak sekali jenis dan ragamnya, sampai dari jenis Pleci yang kurang populer sampai yang sangat populer seperti jenus Pleci dakun dan Pleci daput.

Kedua jenis Pleci itu memang sangat terkenal dan paling di gemari di kalangan pecinta kicau mania di indonesia. Kedua jenis Pleci ini lebih banyak di gunakan sebagai burung untuk kontes, karena mengingat keberadaanya masih sangat banyak di alam liar. 

Namun, tahukan sobat bahwa ada salah satu jenis burung Pleci yang keberadaanya sangat sulit untuk di temukan dan termasuk kedalam satwa yang terancam punah, untuk bisa menemuinya pun hanya bisa dapat di temui di daerah-daerah tertentu saja di indonesia. Burung Pleci ini Bernama Pleci Sangihe.

Pleci Sangihe merupakan salah satu dari sekian banyak jenis burung Pleci yang sangat sulit untuk di temui atau terancam punah, burung Pleci Sangihe bernama latin Zosterops Nehrkorni . Burung Pleci Sangihe di kabarkan mulai punah pada tahun 1999. 

Pleci Sangihe merupakan burung Pleci endemik di kepulauan Sangihe, tepatnya di Sulawesi Utara. Pleci Sangihe awalnya di anggap satu spesies dengan Pleci Dahi Hitam / black crowned atau Zosterops atriforns. Namun belakangan ini burung Pleci Sangihe di pisahkan menjadi spesies tersendiri oleh Pamela C Rasmusen, ornitorok asal Amerika yang sudah berpengalaman meneliti berbagai jenis burung yang ada di asia.

Masyarakat sekitar wilayah tersebut menyebutnya dengan nama burung Mata Mawiera.

Pleci Sangihe Memiliki Ciri-ciri Seperti Berikut

Ukuran tubuhnya sekitar 13cm. Warna bulu tubuh bagian atasnya berwarna hijau zaitun, dengan warna tunggur kuning hijau mencolok dan warna pada bagian ekornys hijau kehitaman.

Perbedaan Pleci Sangihe Dengan Pleci Pada Umumnya

Perbedaan jenis Pleci Sangihe dengan jenis Pleci pada umunya yaitu terletak pada warna pada bagian dahinya berwarna hitam dan pada bagian kacamatanya berwarna putih lebih lebar.

Penampilan Pleci Sangihe sangat mirip dengan Pleci Dahi hitam, karna Pleci Sangihe ini pernah di masukan kedalam spesies Pleci dahi hitam.

Habitat Asli Pleci Sangihe

Habitat asli burung Pleci Sangihe banyak menempati hutan-hutan primer di daerah perbukitan, dengan ketinggian sekitar 600 sampai 100 meter di atas permukaan laut. Tempat yang memiliki banyak sekali pepohonan yang rimbun yang banyak terdapat buah-buahan melimpah.

Untuk makanannya, burung Sangihe memakan buah-buahan dan juga serangga kecil sama seperti jenis Pleci pada umumnya, yaitu seperti buah pisang, pepaya dan buah-buah hutan lainya. Untuk serangganyapun burung Pleci Sangihe memakan serangga-serangga kecil seperti kroto, jangkrik, ulat dan juga belalang.

Memang pada saat ini, populasi dari jenis burung Pleci Sangihe keberadaannya pada saat ini belum di ketahui secara pasti,  namun menurut Birdlift international keberadaanya pada saat ini di alam liar hanya tersisa sekitar 50 ekor individu dewasa.

Karakter Suara Kicauan Pleci Sangihe

Suara kicauan dari Pleci Sangihe ini tidak jauh berbeda dengan suara kicauan jenis Pleci dahi hitam. Namunsuara kicauanya sedikit lebih tipis dan juga sedikit lebih halus dan lantang. Selain itu juga suara kicauanya terdengan lebih berirama dan juga mengalun lebih cepat.

Nah, itulah tadi informasi mengenai jenis burung Pleci Sangihe yang keberadaanya pada saat ini terancam punah. Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa untuk membaca artikel kami lainya di bawah ini.



0 Response to "Jenis Pleci Sangihe Yang Langka dan Terancam Punah "

Post a Comment