-->

Header Menu

Cara Menangkap Burung Ruak Ruak Dengan Mudah dan Ampuh

Cara Menangkap Burung Ruak Ruak Dengan Bahan Sederhana

Cara Mengkap Burung Ruak Ruak di Alam Liar- Burung Ruak Ruak atau dengan nama latinya Amaurornis phoenicurus ini merupakan salah satu jenis burung yang hidupnya lebih suka berjalan-jalan di darat, baik itu pada saat mencari makan, tidur bahkan untuk membuat sarang dan bertelur, mirip dengan jenis burung Puyuh.

Daerah penyebaran burung Ruak-Ruak ini meliputi negara-negara bagian asia antara lain di India, China selatan, Asia Tenggara, Filipina, Sulawesi, Sunda Besar dan kepulauan  Nusa Tenggara. Namun juga, burung Ruak-Ruak ini pun biasa juga ditemukan di sepanjang pesisir Lumajang, Jawa Timur atau bisa juga di Banyumas provinsi Jawa Tengah.

Di daerah-daerah tersebut burung Ruak Ruak ini dapat di temukan di daerah daerah yang berair seperti daerah persawahan, lahan gambut, di tepi-tepi jalan, hutan bakau perkebunan jagung dan juga pastinya di rawa-rawa.

Baiklah, jika sobat sudah tidak sabar tentang bagaimana cara menangkap burung Ruak Ruak ini dialam liar silahkan simak terus ulasanya sampai selesai.

Yang pertama yang harus sobat siapkan dalam menangkap burung Ruak Ruak ini di alam liar yaitu menyiapkan bahan-bahannya, jika nga ada bahanya gimana mau berburu?.

Bahan-bahan Untuk Menangkap Burung Ruak Ruak di Alam Liar


1. Senter Terang
2. Tali
3. Pisau Dapur
4. Mp3 Palyer yang sudah terisi suara pikatan burung Ruak Ruak

Nah, setelah sobat sudah menyiapkan bahan-bahannya seperti di atas ini, selanjutnya sobat tinggal melakukan penangkapanya.

Cara Berburu Burung Ruak Ruak


1. Yang pertama yang harus sobat lakukan dalam penangkapan burung Ruak Ruak di alam liar yaitu sobat harus menyiapkan lokasi penangkapanya. Saran saya carilah tempat yang luas dan tempat yang memiliki jarang pepohonan, seperti persawahan, atau tanah lapang.

2. Setelah lokasi perburuan burung Ruak Ruak sudah sobat siapkan, selanjutnya tinggal mengisi Mp3 Player sobat dengan suara rekaman pikatan burung Ruak Ruak yang sudah sobat download.

3. Nah, setelah semua sudah siap, selanjutnya sobat sudah bisa melakukan perburuan, sobat bisa melakukan perburuan ini pada malam hari, bisa sekitar jam 08.00 atau lebih larut malam lagi, agar peluang sobat bisa berhasil menangkapnya lebih besar. Intinya lebih malam lebih bagus.

4. Setelah sobat telah sampai di tempat spot perburuan, mulailah memutar suara Mp3 Player sobat dengan cara berulang, sobat bisa menyetingnya agar bisa mengeluarkan suara rekaman secara berulang, setelah itu mulailah duduk jongkok sambil menunggu burung Ruak Ruak mendekati sobat karna mendengar suara rekaman yang sobat putar.

Perlu di ingat bahwa pada saat sobat masih dalam proses menunggu burung Ruak Ruak datang, sebaiknya sobat jangan pernah menyalakan senter sobat, agar burung Ruak Ruak tidak mengetahui keberadaan sobat.

5. Pada saat beberapa menit setelah sobat memutar suara rekaman pemikat suara burung Ruak Ruak biasanya akan terjadi balasan suara interaksi yang di lakukan oleh burung Ruak Ruak kepada suara rekaman sobat.

Biasanya setelah beberapa saat memberikan respon kepada suara rekaman pikatan Ruak Ruak sobat, burung Ruak Ruak akan tibat-tiba diam, jangan heran karna pada saat diam tersebut burung Ruak Ruak sebenarnya sedang dalam perjalanan untuk mendekati sobat.

Setelah burung Ruak Ruak tersebut sudah terasa dekat dengan anda usahakan sobat tidak melakukan pergerakan sediitpun yang hanya akan membuat burung takut dan lari.

6. Biarkan burung Ruak Ruak tersebut sampai sangat benar-benar dekat kepada sobat, setelah sudah sangat dekat kepada sobat, sobat sudah bisa langsung menangkap burung Ruak Ruak tersebut dengan tangan kosong atau bisa juga dengan menggunakan jaring.

Setelah burung sudah tertangkap, cepatlah sobat lakukan pemotongan kepada burung tersebut, agar suara burung tersebut tidak mengganggu burung lain dan membuat burung lain takut kepada sobat.

Nah, itulah tadi Trik dari saya tentang Cara Berburu Burung Ruak Ruak di Alam Liar. Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa membaca artikel menarik kami lainya di bawah ini.



0 Response to "Cara Menangkap Burung Ruak Ruak Dengan Mudah dan Ampuh"

Post a Comment