-->

Header Menu

Mengatasi Bulu Kolibri Ninja/Konin Yang Rontok dan Botak

Mengatasi Bulu Burung Kolibri ninja/konin yang rontok dan botak

Assalamualaikum kicau mania sebangsa dan setanah air. Pada kesempatan kali ini saya berbagi artikel mengenai cara mengatasi bulu burung kolibri ninja yang rontok dan cara penangananya.
Burung kolibri merupakan salah satu burung yang memiliki penampilan bulu-bulu tubuh yang sangat cantik dengan variasi warna-warna bulu yang mengkilap. Hal inilah yang membuat burung kolibri ini sangat menarik dan sangat cantik untuk dipelihara.

Namun, untuk mememilihara burung kolibri sebenarnya tidak semudah yang sobat pikirkan, ada banyak sekali hal-hal yang harus sobat perhatikan dalam merawat burung kolibri ini, jika sobat salah dalam perawatanya, maka konsekuensinya burung kolibri yang sobat miliki bisa saja tidak mau makan, tidak mau berbunyi sampai berdampak pada penampilannya yaitu memiliki bulu-bulu yang rontok dan rusak.

Sebenarnya ada banyak sekali penyebab dari kerusakan bulu burung kolibri yang sobat miliki, bisa saja disebabkan oleh pori-pori tubuh burung kolibri sobat tertutup rapat sehingga bulu-bulu baru yang akan tumbuh menjadi sulit keluar, hal ini harus cepat sobat atasi, karna jika terlambat maka untuk memulihkanya membutuhkan waktu yang lama.

Hal ini bisa saja disebabkan oleh beberapa hal, seperti proses penjemuran yang terlalu lama, atau bisa saja karna di sebabkan oleh kulit burung yang terkena air gula atau nektar. Biasanya hal ini dikarenakan burung yang mandi di cepuk air minumnya yang terisi air nektar, sehingga kulitnya yang terkena nektar tersebut mengeras dan membuat pori-porinya tertutup rapat.
Jika sobat salah satu yang mengalami hal-hal ini pada burung kolibri sobat, tidak perlu risau karna untuk mengatasinya sebenarnya mudah, yang perlu sobat perhatikan yaitu ketelatenan dan kesabaran saja.

Cara Mengatasi Bulu Konin Yang Rontok

1. Yang pertama harus sobat siapkan sebelum melanjutkan ketahap pengobatan, sobat harus menyiapkan bahan-bahanya terlebih dahulu, bahan-bahanya tersebut meliputi:

  • Cepuk yang berukuran kecil
  • Tisu
  • Air hangat
  • Baby oil
  • Cotton Bab
2. Jika sobat sudah menyiapkan bahan-bahanya seperti diatas maka selanjutnya mari kita lanjut ketahap pengobatanya.

3. Pertama-tama pegang burung koinri sobat yang mengalami kerusakan bulu-bulu tersebut, namun dalam memegannya usahakan secara perlahan, jangan terlalu kasar takutnya burung bisa stres.

4. Setelah itu usapkan air hangat yang telah sobat siapkan tadi pada bagian tubuh burung yang mengalami kebotakan tersebut, usapkan kulitnya sampai bersih hilangkan semua sisa-sisa air gula yang menempel pada kulit burung sobat (secara perlahan).

5. Setelah itu gosok-gosokan cotton bud secara perlahan pada kulit burung yang mengalami kebotakan tersebut, ingan cara penggosokanya secara perlahan, agar kulitnya tidak menagalami kelecetan.

6. Lalu selanjutnya jika sobat sudah merasa sudah bersih, selanjutnya lap bagian tubuh yang basa tadi sampai kering dengan menggunakan tisu yang bersih.

7. Jika sudah terlihat beraih, maka selanjutnya olesi baby oil pada bagian kulit burung yang tidak ditumbuhi bulu tadi, secara merata tujuanya agar kulitnya tetap lembab dan tidak kering.

8. Cara ini bisa sobat lakukan sesekali saja dalam seminggu, tidak usah terlalu sering, yang terpenting dalam proses penjemuran burung sobat sebaiknya mengurangi durasinya jangan terlalu lama, agar kulit burung tidak kering.

Nah, itulah tadi tips dari saya tentang cara mengatasi bulu burung kolibri ninja yang rontok dan rusak. Semoga artikel ini bermanfaat jangan lupa untuk membaca juga artikel menarik kami lainya dibawah ini.





0 Response to "Mengatasi Bulu Kolibri Ninja/Konin Yang Rontok dan Botak"

Post a Comment