-->

Header Menu

Mengenal Ragam dan Jenis Burung Betet Yang Ada di Indonesia

Mengenal Jenis dan Ciri Burung Betet Yang Ada di Indonesia

Assalamualaikum kicau mania sebangsa dan setanah air. Ya, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai Ragam dan Jenis Burung Betet di Indonesia.

Burung Betet merupakan salah satu jenis burung paruh bengkok yang hidup dan berkembang di indonesia. Burung Betet ini memiliki ciri-ciri mirip dengan burung paruh bengkok pada umumnya seperti burung nuri dan kakak tua.

Burung Betet ini jika dilihat dari segi penampilanya, burung betet memiliki ciri-ciri yang sangat mirip burung paruh bengkok seperti nuri karna ukuran tubuh dan juga ukuran paruhnya besar dan pendek.

Namun, untuk segi kecerdasanya burung betet cenderung tidak secerdas burung nuri dan burung kakak tua, karena burung betet ini tidak memiliki lidah yang lebar dan besar mirip seperti lidah burung kakak tua, burung inipun tidak terlalu paham dengan apa yang dikatakan oleh apa yang kita ucapkan.

Namun, jika kita merawat dan melatihnya dengan benar dalam berbicara burung betet inipun lama kelamaan mampu menirukan suara bunyi apa yang kita ucapkan, namun pelatihan ini harus rutin dan secara teratur setiap hari.

Namun, ada satu jenis burung betet juga yang mampu menirukan suara ucapan kita dengan cepat dan memiliki kecerdasan yang lumayan dibandingkan dengan jenis burung betet pada umumnya, yaitu burung betet abu-abu yang berasal dari afrika.

Untuk perbedaan paling mencolok pada burung Betet dan burung kakak tua yaitu terdapat pada bagian jambul kepalanya, jika burung betet tidak memiliki jambul yang dapat di naikan saat senang atau berbunyi, sedangkan pada burung kakak tua tidak memiliki jambul yang dapat di naikan pada saat senang atau berbunyi.

Untuk daerah penyebaran burung betet dapat sobat temukan di negara-negara seperti berikut.
Negara penyebaran burung betet meliputi negara Afrika, Asia termasuk indonesia, Amerika Selatan, Australia, serta pada
sekitar kawasan Kepulauan Pasifik.

Pada awal mulanya burung Betet merupakan bukan burung yang terkenal dan sudah terdapat di wilayah-wilayah tempat keramaian, melainkan burung ini pada awalnya hanya ditemui di daerah dibawah kaki gunung himalaya tiongkok selatan.

Karna mereka lebih suka bertempat tinggal didaerah-daerah pegunungan tropis yang dimana banyak pepohonan subur seperti halnya di sebagian besar daerah yang ada di indonesia.

Baiklah, untuk mengetahui jenis-jenis burung betet yang ada di indonesia maupun dimanca negara silahkan simak ulasan berikut ini:

Jenis-Jenis Burung Betet

1. Burung Betet Punggung Biru
Burung Betet Punggung Biru merupakan salah satu jenis burung betet yang hidup dan berkembang di hutan indonesia. Burung betet jenis punggung biru ini memiliki ukuran tubuh yang bisa dikatakan besar yaitu berukuran sekitar 32cm.

Burung Betet Punggung Biru ini dialam liar biasanya memakan berupa buah-buahan dan biji-bijian seperti biji bunga matahari, biji jambu mente dan biji-bijian lainya. Untuk sobat yang tertarik memelihara burung Betet punggung biru ini sobat tidak perlu risau dalam pemberian pakanya, karena dalam pemberian pakannya sobat tidak perlu repot-repot lagi, cukup dengan memberikan pakan berupa biji-bijian seperti biji milet biji wawut, biji bunga matahari ataupun biji kacang tanah.

Selain bisa diberikan berupa biji-bijian, sobat juga bisa memberikan pakan berupa sayur-sayuran dan buah-buahan seperti sayuran sawi, kol, sakata, wortel, pepaya, apel, jagung, dan juga buah mangga. Pemberian buah-buahan ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Burung Betet Punggung Biru berjenis kelamin jantan memiliki ciri-ciri khusus yaitu memiliki warna bulu yang berwarna hijau dan juga kuning cerah yang menghiasi tubuhnya, warna paruh betet jantan lebih pekat, memiliki paruh yang lebih besar dan juga ukuran dari tubunya lebih besar dibandingkan dengan ukuran tubuh betina. Sedangkan untuk ciri-ciri burung Betet Punggung Biru betina memiliki ciri-ciri seperti warna tubuhnya berwarna hijau muda cerah dan juga warna pada tepi sayapnya berwarna biru muda, serta warna pada bagian punggungnya berwarna biru tua, bagian ekor berwarna putih dan juga ukuran tubuhnya lebih kecil dibandingkan ukuran tubuh betet punggung biru betina, dan juga warna paruhnya lebih kusam dan kecil.

2. Betet Bayan
Burung Betet Bayan merupakan salah satu jenis burung betet yang hidup dan berkembang dihutan indonesia. Burung Betet jenis bayan ini memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan ukuran tubuh burung betet punggung biru, yaitu bisa mencapai 36 sampai 38 cm.

Untuk makananya sendiri sama saja dengan makanan burung betet jenis lainya yaitu memakan buah-buahan, biji-bijian dan juga sayuran segar. Untuk membedakan jenis kelamin burung Burung Betet bayan jantan dan betina cukup mudah yaitu sobat dapat membedakanya dengan melihat warna bulunya. Pada burung betet bayan berjenis kelamin jantan memiliki warna bulu yang cenderung hijau dengan sedikit bercak merah pada bagian sayap dalamnya.

Sedangkan pada burung Betet Bayan berjenis kelamin betina memiliki ciri-ciri seperti warna tubuh yang cenderung berwarna merah, dengan campuran bercak merah dan ungu pada bagian dadanya, dan juga warna pada bagian ujung ekornya berwarna kuning cerah.

3. Burung Betet Pipi Merah
Burung Betet pipi merah ini merupakan salah satu jenis burung betet yang memiliki ciri-ciri paling unik dan cantik yaitu memiliki warna pipi yang merah dan juga memiliki ukuran ekor yang panjang.

Burung Betet pipi merah ini juga biasa disebut dengan nama burung betet ekor panjang yang memiliki nama latin Psittacula longicauda. Burung betet pipi merah ini sering ditemukan dihutan-hutan tropis yang memilii pepohonan yang rimbun, tempat yang jauh dari jangkauan manusia, dialam liar burung betet pipi merah sering terbang dengan cara berkelompok, setiap kelompok bisa berjumlah 5 sampai 7 ekor.

Untuk makananya, burung betet pipi merah biasa memakan buah-buahan,sayuran dan juga biji-bijian, layaknya burung paruh bengkok pada umumnya.

Untuk membedakan burung betet pipi merah jantan dan betina cukup mudah, sobat hanya perlu melihat ciri-ciri seperti berikut ini untuk burung betet pipi merah berjenis kelamin jantanmemiliki mahkota berwarna hijau pada bagian kepalanya, pada sisi kepalanya berwarna hitam mirip seperti kumis, wrna pada bagian ujung ekornya berwarna kuning dan pada bagian sayapnya berwarna hinau cerah.

Sedangkan pada burung Betet pipi merah betina memiliki ciri-ciri seperti memiliki bulu tubuh yang cenderung hinau buram dengan bagian kumisnya berwarna hijau cerah.

Sedangkan warna pada bagian tubuh bagian bawahnya berwarna hijau, serta warna pada sisi-sisi kepalanya berwarna merah, kaki berwarna abu-abu, dan untuk bagian paruhnya identik dengan warna merah tua.

Nah, itulah tadi informasi mengenai jenis-jenjs burung betet yang ada di indonesi. Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa untuk membaca juga artikel menarik kami lainya dibawah ini.








0 Response to "Mengenal Ragam dan Jenis Burung Betet Yang Ada di Indonesia"

Post a Comment