-->

Header Menu

Cara Cepat Menjinakan Burung Kutilang Yang Masih Giras

Cara Cepat Menjinakan Burung Kutilang Yang Masih Giras

Burung Kutilang merupakan jenis burung kicau yang terkenal memiliki suara kicauan yang sangat ribut dan ramai. Burung Kutilang ini di alam liar maupun di lingkungan manusia sering di sebut sebagai burung hama yang sering dan sangat rakus.

Karna burung Kutilang ini di perkebunan warga sering kepergok memakan buah-buahan yang di di tanami warga, selain itu juga Burung Kutilang ini terkenal di kalangan warga ataupun sobat kicau mania memiliki suara Kicauan yang merusak suara Burung Kicau yang mendengar suara kicauanya.

Namun, sebenarnya menurut saya suara burung Kutilang ini tidak merusak suara burung kicau lainya yang mendengarnya, karna terkadang juga Burung Kutilang biasanya mampu mengeluarkan suara Kicauan yang lumayan bagus, cukup bagus untuk di jadikan sebagai suara Masteran.

Pada saat inipun tidak sedikit sobat kicau mania yang mulai memilih Burung Kutilang ini sebagai burung peliharaan mereka, baik itu sebagai burung penghobi saja maupun sebagai burung ternak, hal ini dibuktikan oleh mulai banyaknya grub-grub Medsod Burung Kutilang seperti Facebook contohnya Namun, terdapat satu masalah yang sering di ungkapkan oleh para penghobi Burung Kutilang ini, yaitu "Bagaiamana Cara Menjinakan Burung Kutilang?".

Mengingat bahwa Burung Kutilang ini merupakan jenis burung kicau yang sangat giras dan lincah, dan juga kehidupan burung kutilang ini di alam liar cukup jauh dengan kehidupan manusia yang tentunya membuat burung Kutilang ini tidak terbiasa dengan kehadiran atau terhadap kandang yang yang di gunakan untuk menempatkan burung ini.

Baiklah, mari kita mulai ke pokok bahasan bagaimana cara cepat menjinakan burung kutilang yang masih giras dan liar.

Cara Cepat Menjinakan Burung Kutilang Yang Masih Giras


Beberapa tips atau cara untuk menjinakan Kutilang berikut ini merupakan cara yang telah saya lakukan dan terbukti ampuh jika di lakukan secara teratur.

1. Memberikan Pakan Secara Berlebih

Yang pertama yang harus sobat perhatikan dalam proses menjinakan burung kutilang yaitu sobat harus memberikan atau menyiapkan pakan burung secara berlebih di sangkarnya, hal ini sangat berlaku jika sobat mendapatkan burung kutilang sobat dari tangkapan liar.

Karna burung kutilang yang di dapat dari hasil tangkapan liar tentunya memiliki kelakukan yang dangat giras dan sangat ketakutan, untuk itu sobat bisa mengatasinya dengan cara memberikan buah-buahan yang berlimpah di dalam sangkarnya, untuk buah-buahanya sobat bisa memberikan buah pepaya, jambu, alpukat, ataupun mangga. Sesuai buah kesukaan burung kutilang di alam liar.

Dengan begitu burung Kutilang akan merasa tenang dan juga senang karna melihat buah-buahan yang begitu berlimpah di dalam sangkarnya. Lakukan hal ini dalam 3 sampai 7 hari pertama burung ada di dalam sangkar barunya.

2. Memberikan Ketenangan Kepada Burung Kutilang

Selain harus memberikan makanan secara berlimpah di dalam sangkarnya, sobat juga harus menenangkan burung Kutilang sobat terhadap gangguan hewan lain ataupun terhadap sobat sendiri, karna mengingat bahwa burung Kutilang hasil tangkapan liar ataupun hasil dari pasar burung akan merasa ketakutan saat pertama kali masuk sangkar barunya, pastinya burung akan sedikit merasa stres jika terlalu sering dilihat oleh sobat.

Maka dari itu untuk burung Kutilang yang masih baru, sebaiknya sobat tidak usah sering-sering melihat burung Kutilang sobat karna itu hanya akan membuat burung Kutilang sobat menjadi takut dan glabakan, cukup memberikan pakan saja lalu biarkan burung tenang dan beradaptasi terhadap lingkungannya yang baru. Lebih bagausnya lagi jika sobat menaruh dangkarnya di tempat yang gelap untuk pertama kali seperti di dalam rumah, ataupun di dalam gudang rumah sobat.

3. Memandikan Burung Kutilang Sampai Basah Kuyub.

Nah, selanjutnya dalam proses penjinakan burung Kutilang, sobat juga bisa melakukan hal ini yaitu memandikan burung Kutilang sampai basah kuyub setiap pagi hari.

Dalam terapi memandikan burung Kutilang ini sobat harus memandikan burung Kutilang sobat sampai basah kuyub sampai semua bulu-bulunya benar benar basah secara full. Biasanya untuk burung Kutilang yang masih baru pertama kali di mandikan secara basah kuyub seperti ini, biasanya burung akan glabakan dan menabrak-nabrak sangkarnya yang membuat paruhnya sampai berdarah.

Sobat tidak perlu takut, karna hal ini memang biasa terjadi jika burung Kutilang sobat masih baru pertama kali di mandikan dengan cara ini. Nah, pertanyaanya mengapa kita harus memandikan burung kutilang kita sampai basah kuyub? Hal ini sebenarnya sangat penting dan perlu di lakukan dalam proses penjinakan burung Kutilang, karna pada saat burung di mandikan burung akan merasa kedinginan dan mengkerut diam, yang tidak memperdulikan lagi keberadaan sobat, dan pada saat basah ini burung akan membakar kalorinya untuk membuat tubuhnya hangat, pada saat mereka berusaha membuat hangat tubuhnya mereka maka mereka akan merasa lapar.

Nah, disinilah sobat sobat bisa mengambil kesempatan yaitu dengan cara memberikan pakan dengan menggunakan lidi, berikan pakan burung Kutilang sobat berupa jangkrik atau pisang dengan tangan langsung menggunakan lidi yang berukuran -+ 40 cm. Jangan terlalu pendek karna burung tidak akan memakan makanan yang sobat sugukan karna mereka merasa takut.

4. Penjemuran Burung Kutilang

Nah, setelah burung Kutilang sobat telah selesai di mandikan selanjutnya sobat bisa menjemurnya di bawah terik matahari langsung, dengan durasi penjemuran sekitar 30 sampai 60 menit saja, jangan terlalu lama karna itu akan membuat burung kepanansan.

Jika burung sudah terlihat glabakan dan bulu-bulunya sudah kering itu menandakan bahwa proses penjemuranya sudah cukup, angkat burung sobat dari tempat penjemuranya dan mulai memberikan pakannya kembali seperti pepaya,pisang dan juga sedikit jangkrik atau belalang.

Nah, itulah tadi beberapa tips tentang cara cepat menjinakan burung Kutilang yang masih liar. Lakukan beberapa tips di atas secara teratur setiap hari.

0 Response to "Cara Cepat Menjinakan Burung Kutilang Yang Masih Giras"

Post a Comment