-->

Header Menu

Cara Memilih Indukan Merpati Yang Bagus Untuk di Ternak

Cara Memilih Indukan Burung Merpati Yang Bagus Untuk di Ternak


Cara Memilih Indukan Burung Merpati Untuk di Ternak - Burung Merpati atau burung dara merupakan jenis burung unggas yang paling mudah di rawat dan di pelihara baik itu di pelihara sebagai penghobi saja ataupun sebagai burung untuk di budidaya.

Seperti yang kita tahu bahwa burung Merpati ini merupakan jenis burung yang sangat mudah untuk di rawat, sehingga juga untuk membudidayakannya pun sangat mudah, sobat hanya perlu menyiapkan sepasang burung Merpati jantan dan betina, dan mengandangnya dalam satu kandang.

Meskipun burung Merpati ini di kenal sebagai jenis burung yang mudah untuk di budidaya, baik itu di budidaya oleh orang yang sudah paham di dunia burung, ataupun orang yang masih awam di dunia burung sekali pun bisa membudidaya burung Merpati ini.

Namun, meskipun begitu sebaiknya untuk sobat yang masih sangat awam dalam dunia burung, jika sobat ingin membudidayakan burung Merpati ini sebaiknya sobat harus memilih indukan burung Merpati yang akan sobat budidaya nantinya, sehingga hasil yang sobat dapatkan bisa memuaskan.

Memilih indukan burung Merpati sebelum melakukan budidaya burung Merpati tidak boleh dianggap remeh, karna jika sobat salah dalam pemilihan indukan burung Merpati, ini pasti nantinya akan berdampak buruk terhadap proses ternak sobat, misalnya saja indukan burung Merpati sobat akan sulit untuk bertelur, karna pada dasarnya indukan Merpati yang sobat pilih yaitu jenis indukan yang kurang berkualitas.

Baca Juga: Cara Membuat Indukan Merpati Cepat Bertelur

Baiklah, berikut ulasan tentang tentang cara memilih indukan burung Merpati untuk di ternak.

Cara Memilih Indukan Burung Merpati Untuk di Ternak

Hal yang paling mendasar yang harus sobat ketahui dalam memilih indukan burung Merpati untuk di ternak yaitu pastinya indukan tersebut harus sehat. Sekali lagi sarankan satu hal ini sangat wajib terpenuhi.

Karna jika indukan burung Merpati yang sobat pilih tersebut memiliki kondisi tubuh yang sehat, tentunya hasil yang sobat dapatkan nantinya akan memuaskan. Nah, untuk mengetahui bagaimana ciri-ciri indukan burung Merpati yang sehat, silahkan simak ulasanya berikut.

1. Ciri-ciri indukan burung Merpati yang sehat di tandai dengan bulu-bulu di seluruh bagian tubuhnya bagus dan bersih, selain itu juga bulu sayapnya tidak molor atau turun.
2. Ciri yang dimiliki indukan burung Merpati yang sehat selanjutnya yaitu, jika di tangkap indukan Merpati tersebut mengeluarkan perlawanan.
3. Selalu aktif di dalam kandangnya ataupun di luar kandangnya, dalam hal mencari pakan atau terbang, tidak mengkerut.

Saran saya dalam memilih indukan burung Merpati untuk di ternak ini, jangan memilih indukam Merpati yang sudah berumur tua tau afker. Karna hal ini akan membuat indukan burung Merpati sobat akan jarang atau sulit untuk bertelir, sehingga proses ternak burung Merpati sobat gagal.

Untuk mengetahui ciri-ciri indukan burung Merpati yang sudah berumur tua cukup mudah yaitu sobat cukup memperhatikan bagian-bagian berikut ini.

1. Daging atau kulit yang ada pada bagian paruhnya terlihat tebal.
2. Pada bagian hidungnya terdapat berupa kerutan daging tebal.

Sebaiknya jika sobat memilih indukan burung Merpati yang ada di dalam samgakar, sebaiknya sobat jangan langsung menangkap atau memilih indukan Merpati tersebut, saran saya perhatikan terlebih dahulu semua perilaku burung Merpati yang ada di dalam sangakar tersebut. Pilihlah burung indukan Merpati yang sangat mendominasi sangkar tersebut.

Sedikit tambahan untuk sobat yang belum tau tentang cara membedakan indukan burung Merpati jantan dan betina yang ada di dalam sangkar ombyokan, untuk burung Merpati jantan, memiliki ciri-ciri bentuk paruh yang lebih tebal atau besar, dan pada bagian lehernya lebih besar. Dan untuk burung Merpati betina memiliki ciri-ciri sebaliknya dari si pejantan.





0 Response to "Cara Memilih Indukan Merpati Yang Bagus Untuk di Ternak"

Post a Comment