-->

Header Menu

Cara Mengobati Penyakit Tetelo Pada Merpati Dalam Waktu Singkat

Cara Mengobati Tetelo Pada Merpati Dalam Waktu Singkat


Cara Mengobatai Penyakit Tetelo Burung Merpati - Burung Merpati merupakan salah satu jenis burung yang masuk kedalam jenis hewan unggas, yang mana burung inipun juga bisa mengalami yang namanya penyakit Tetelo.

Penyakit Tetelo merupakan penyakit yang menyerang unggas ayam ataupun burung Merpati yang datangnya secara tiba-tiba, baik itu burung sedang makan ataupun sedang terbang, kabarnya penyakit ini merupakan jenis penyakit yang sangat sulit untuk di sembuhkan secara total.

Selain itu juga untuk menyembuhkanya membutuhkan kerja keras dan usaha yang tlaten, jenis penyakit Tetelo ini merupakan penyakit yang menyerang sistem saraf pada burung, sehingga membuat burung mengeluarkan perilaku-perilaku aneh, tidak seperti biasanya, penyakit Tetelo ini tidak boleh di anggap remeh karna jika tidak di tangani dengan benar penyakit ini bisa membuat burung mati.

Untuk sobat merpati mania yang belum paham betul tentang penyakit tetelo ini, silahkan simak ulasan berikut ini tentang Gejala yang di timbulkan burun Merpati yang mengalami penyakit Tetelo.

Gejala Yang di Timbulkan Burung Merpati Yang Terserang Penyakit Tetelo.

1. Gejala yang di timbulkan oleh burung Merpati yang terserang penyakit Tetelo yang pertama ialah leher dan kepala burung sering bergerak memutar, dari kanan ke kiri atau sebaliknya, sambil menurunkan kepalanya. Hal ini diakibatkan oleh otot syaraf leher burung terserang virus ND.
2. Gejala yang kedua di timbulkan oleh burung Merpati yang terserang penyakit Tetelo ialah burung menagalami gangguan pernapasan dan mengeluarka  suara serak pada saar berbunyi.
3. Jika terlambat dalam penanganan penyakit Tetelo ini, selama 1 sampai 2 hari, burung akan mengalami lumpuh atau tengleng.
4. Sering mengeluarkan perilaku yang aneh, seperti menetok-netok pada bagian tubuhnya sampai botak.

Nah, itulah tadi tentang gelaja-gejala yang akan di alami burung Merpati yang terserang penyakit Tetelo.

Dan berikut saya akan memberikan tips tentang cara mengobati penyakit Tetelo pada burung Merpati.

Untuk mengobati penyakit Tetelo pada burung Merpati menbutuhkan yang namanya kesabaran dan ketlatenan yang sangat tinggi. Karna penyakit Tetelo ini bukan penyakit yang seperti biasanya yang mudah untuk di sembuhkan, sebenarnya kata yang paling cocom bukan menyembuhkan burung Merpati dari penyakit Tetelo, melainkan memberikan terapi pada burung Merpati agar tidak terlalu sering terserang penyakit Tetelo ini.

Berikut Cara Menyembuhkan Penyakit Tetelo Pada Burung Merpati.

1. Yang pertama yang harus sobat perhatikan pada burung Merpati yang terserang penyakit Tetelo ialah memperhatikan asupan gizinya. Karna seperti yang kita tahu bahwa burung Merpati yang terserang penyakit Tetelo tidak bisa makan sedinri. Jadi sobat harus menyuapnya atau melolohnya sendiri.

Untuk meloloh burung Merpati tersebut sobat harus memberikan makanan-makanan yang bergizi tinggi seperti bubur bayi seperti burur kacang hijau atau beras merah, atau juga bisa memberikan berupa por ayam.
Untuk cara melolohny sobat bisa lakukan seperti pada saat meloloh anakan burung yang masih kecil, yaitu dengan menggunakan pipet burung atau semacamnya.

2. Selanjutnya sobat harus
menjemur burung Merpati dibawah terik matahari pagi setiap pagi hari. Agar burung bisa menjadi sehat kembali.

3. Selanjutnya pada saat burung di jemur di bawah terik matahari pagi, sobat harus mencabut bulu-bulu yang ada di bagian leher burung, lalu basuh menggunakan air hangat, sambil memijit-mijitinya dan loloh burung Merpati sobat dengan 2 butir jahe yang berukuran kecil.

4. Selanjutnya untuk menjaga stamina burung agar burung tidak loyo kecapean memutar-mutar kapalanya, sobat bisa melolohkan berupa madu segar pada burung dengan menggunakan pipet burung.

5. Nah, sobat bisa melakukan cara diatas ini setiap pagi hari sampai burung Merpati sobat sehat Total.









0 Response to "Cara Mengobati Penyakit Tetelo Pada Merpati Dalam Waktu Singkat"

Post a Comment