-->

Header Menu

Ciri ciri Burung Merpati Balap Yang Berkualitas dan Memiliki Mental Juara

Ciri ciri Burung Merpati Yang Berkualitas dan Memiliki Mental Juara

Burung Merpati balap merupakan jenis burung Merpati yang memiliki kelebihan tersendiri di bandingkan dengan jenis burung Merpati pada umunya. Berbeda dengan jenis burung Merpati pada umumnya yang biasanya hanya di jadikan sebagai burung ternak atau hanya dijadikan burung penghobi saja.

Burung Merpati Balap memiliki Ciri-ciri khusus yang tidak dimiliki oleh jenis burung Merpati biasa, ciri khusunya yaitu bisa di tandai dengan bentuk tubuhnya yang lebih ideal dan gagah. Bentuk tubuh yang bagus inilah yang menunjang kebrhasilan burung Merpati di arena perlombaan, selain itu juga keberhasilan burung Merpati balap di arena perlombaan dapat tercapai jika di trmpuh dengan latihan yang bagus pula.

Jadi bisa di kata bahwa burung Merpati bisa meraih juara di arena perlombaan tidak hanya memerlukan bentuk tubuh yang udeal dan bagus saja, melainkan juga di perlukan latihan yang bagus dan teratur.

Sedikit tips untuk sobat Merpati mania, jika sobat ingin memilih jenis Merpati balap yang berkualitas bagus, sobat harus tau betul jenis keturunanya, jangan asal memilih, karna faktor utama yang mendasar bahwa jenis burung Merpati itu merupakan Burung Merpati balap maka indukanya pun harus Merupakan jenis Burung Merpati Balap.

Karna faktor genetik dari indukan burung Merpati balap tersebut pastinya akan di turunkan pada keturunanya. Sama hal nya dalam memilih jenis burung Merpati hias, tentunya sobat harus tau betul indukan dari burung Merpati itu.

Baiklah, berikut ulasan tentang cara memilih jenis burung Merpati Balap yang memiliki kualitas yang bagus, dan juga burung Merpati Balap yang memiliki jiwa juara.

Ciri-ciri Merpati Balap Yang Berkualitas Bermental Juara



1. Bentuk Paruhnya

Burung Merpati yang berkualitas memiliki bentuk paruh yang kecil, runcing, keras dan juga sedikit melengkung. Bentuk paruh yang seperti ini menandakan bahwa burung Merpati tersebut keket dan sangat bersemangat untuk mengejar betinanya hal inilah yang diperlukan oleh burung Merpati yang akan di ikutkan perlombaan. Karna semakin cinta burung Merpati tersebut kepada pasanganya berarti semakin bagus pula saat mengejar pasangannya kdengan kecepan yang luar biasa.

2. Memiliki Bentuk Mata Yang Bulat, Kecil dan Juga Bening

Untuk ciri-ciri burung Merpati yang berkualitas selanjutnya dapat di lihat dari bentuk matanya. Ternyata bentuk matanyapun sangat berpengaruh terhadap kecepatanya dan keakuratanya saat terbang. Pada saat Burung Merpati Balap tersebut berada di arena perlombaan, tentunya dia akan merasa sangat bingung melihat begitu banyaknya pasangan Merpati yang ada di dekatnya. Maka dari itu Burung Merpati Balap tersebut membutuhkan mata yang tajam untuk mengenali pasangannya. Nah, bentuk mata yang kecil dan bukat inilah yang memiliki keakuratan yang tinggi dalam mengenali pasanganya.

Seperti yang kita tahu bahwa pada saat berada di arena balap Burung Merpati balap akan  ditantang untuk melihat betinanya dengan jarak yang cukup jauh, biasanya mencapai jarak 800 sampai 1500 CM. karena itu merpati balap yang baik harus bermata bening dan pupil kecil untuk mendukung pandangannya tetap akurat dan fokus.

3. Memiliki Bentuk Paruh Yang Sedang Tidak Terlalu Panjang dan Tidak Terlalu Pendek.

Ciri selanjutnya yang menandakan bahwa Burung Merpati tersebut berkualitas bisa di tandai dengan ukuran dan bentuk leher. Bentuk leher yang sedang dan agak berisi sangat mempengaruhi kelincahan burung Merpati tersebut saat terbang. Leher yang bagus bagi Burung Merpati adalah seperti stang sepeda motor, kurang lebih seperti itulah.

Mengapa harus memiliki bentuk leher yang sedang? Karna bentuk leher Burung Merpati yang terlalu pendek tidak menunjukkan kelincahan Merpati tersebut saat terbang, burung Merpati seperti ini  tidak cocok dijadikan burung Merpati balap. Sedangkan burung Merpati yang memiliki bentuk leher yang terlalu panjang pula tidak bagus, karna akan membuat penampilan terbang burung menjadi lambat dan berkurang kelincahannya.

4. Memiliki Bentuk Dada Yang Tegak dan Berisi

Ciri selanjutnya yang dimiliki burung Merpati Balap yang berkualitas yaitu memiliki bentuk dada yang tegak dan terlihat gagah. Burung Merpati jantan yang memiliki ciri seperti ini biasanya akan di hargai lumayan mahan, selain itu juga dapat menarik pasangannya dan sangat menarik di mata Merpati mania.

Postur tubuh yang tegak dan berisi seperti ini akan sangat mendukung kelincahan dan kecepatannya saat terbang.
Selain sangat cocok untuk di jadikan sebagai burung Merpati lomba, juga sangat bagus jika di jadikan bibit agar menghasilkan anakan-anakan Merpati yang berkualitas pula.

5. Memiliki Ukuran Sayap Yang Panjang

Burung Merpati yang berkualitas memiliki bentuk sayap yang panjang dan juga bersih. Dan Pada saat burung tersebut melipat sayapnya posisi panjang sayap akan sama dengan ujung ekornya. Ujung sayap berada pada posisi sepanjang ujung ekor. Atau jika tidak, panjang sayap tidak terlalu jauh dari ujung ekornya.

Dengan sayap yang panjang dan berisi akan mendukung kecepatan brung Merpati balap pada saat terbang di arena perlombaan. Namun, hal ini tidak bisa di jadika patokan utama pada saat memilih burung Merpati balap yang berkualitas di pasaran, karna biasanya bentuk sayapnya yang baru tumbuh tidak akan sejajar dengan ukuran ekornya. Dan saat memilihnya sobat tidak menduganya bahwa sayapnya tersebut baru tumbuh.

Selain harus memiliki bentuk sayap yang panjang dan sejajar dengan bentuk ekornya, Burung Merpati balap yang berkualitas juga harus memiliki sirip sayap tepi pada lembaran-lembaran sayapnya berbentuk lurus dan tidak melengkung.

Bentuk sirip sayap bagian luar burung Merpati pada umumnya berbentuk melengkung, namun berbeda dengan burung Merpati balap yang berkualitas. Bentuk sirip sayap bagian luarnya berbentuk lurus dan penuh. Selain itu, umumnya sayap burung Merpati, pada helai paling luar memiliki panjang yang lebih pendek dari helai lebih dalamnya. Pada burung merpati balap yang baik, helai paling luar dari bulu sayap memiliki panjang yang paling panjang dari helai lainnya. Sehingga akan berbentuk lurus dari dalam keluar karena helai paling luar akan paling panjang dari yang dalam.

6. Mampu Mengukur Ketinggian Terbangnya.

Salah satu ciri yang mendasar bahwa Burung Merpati Balap tersebut bisa dikatakan berkualitas jika dia bisa mengukur ketinggianya saat terbang di arena perlombaan. Karna pada saat perlombaan burung Merpati yang bisa mengukur ketinggian terbangya sejajar dengan sang betinanya akan lebih cepar kekuatan terbangya. Hal ini biasa terjadi pada burung Merpati yang sering di latih oleh tuanya.

Nah, itulah tadi beberapa ciri-ciri yang wajib di miliki oleh burung Merpati Balap yang berkualitas. Jika burung Merpati sobat memiliki beberapa ciri-ciri diatas, selamat karna jenis burung Merpati sobat berarti berkualitas.

0 Response to "Ciri ciri Burung Merpati Balap Yang Berkualitas dan Memiliki Mental Juara"

Post a Comment