-->

Header Menu

Cara Ternak Burung Nuri Kepala Hitam Untuk Pemula

Cara Ternak Burung Nuri Kepala Hitam Untuk Pemula

Cara Menangkar Burung Nuri Kepala Hitam - Burung nuri kepala hitam atau biasa di sebut dengan nama nuri kaltem ini merupakan salah satu jenis burung paruh bengkok yang memiliki keunikan tersendiri dengan jenis burung nuri yang lainnya.

Di indonesia burung nuri kepala hitam ini hanya dapat di temukan di beberapa daerah di bagian timur indonesia. Seperti pulau papua, ambon dan ternate.

Dikalangan para pecinta kicau mania di indonesia, burung nuri kepala hitam ini cukup populer, hal ini bisa dilihat dari banyaknya permintaan-permintaan anakan ataupun burung nuri kepala hitam dewasa yang semakin meningkat.

Bagaimana tidak, burung nuri kepala hitam ini dikenal sebagai burung yang sangat cerdas dan memiliki warna penampilan bulu yang sangat cantik. Burung nuri kepala hitam ini mempu menirukan suara kicauan burung lain ataupun suara manusia, meskipun hanya mampu menirukan sepathdua kata manusia.

Di alam liar burung nuri kepala hitam ini, lebih suka hidup secara berkelompok, hal ini bisa dilihat pada saat burung nuri mencari makan di hutan, biasanya burung nuri kepala hitam terbang secara berpasang pasangan, setiap kelompok biasanya berjumlah 5 sampai 7 ekor.

Burung nuri kepala hitam dialam liar pada saat ini keberadaanya sudah sangat terancam punah, hal ini di karenakan oleh perburuan-perburuan liar yang di lakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Hal itulah yang membuat harga dari burung nuri kepala hitam ini sangat tinggi. Nah, dikarenakan harganya yang sangat tinggi ini membuat banyak orang yang ingin membudidayakan burung nuri kepala hitam ini. Namun, untuk berternak burung nuri kepala hitam ini tidak bisa di katakan mudah, sobat harus tau step-stepnya, karna jika sobat salah langkah dalam berternak nuri kepala hitam ini burung akan sulit untuk bertelur.

Namun sebelum sobat memulai proses penangkaran burung nuri kepala hitam ini, sebaiknya sobat harus tau dulu cara membedakan jenis burung nuri kepala hitam jantan dan betina, hal ini sangat penting nantinya pada saat sobat ingin membeli sepasang burung nuri kepala hitam.

Cara Membedakan Jenis Burung Nuri Kepala Hitam Jantan dan Betina


Secara umum untuk membedakan jenis kelamin burung nuri kepala hitam jantan dan betina ini cukup mudah, sobat bisa melihat ciri-cirinya di bawah ini:


  • Burung nuri kepala hitam jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis burung nuri kepala hitam betina.
  • Burung nuri kepala hitam jantan memiliki ukuran ekor yang lebih pendek dibandingkan dengan jenis burung nuri kepala hitam betina.
  • Burung nuri kepala hitam jantan memiliki warna bulu yang lebih mengkilap dan terlihat jelas dibandingkan dengan warna bulu burung nuri kepala hitam betina.
  • Burung nuri kepala hitam betina memiliki bentuk garis berwarna hitam yang mirip kalung di bagian lehernya.


Untuk mengetahui langkah-langkah dalam berternak burung nuri kepala hitam, silahkan simak ulasanya di bawah ini.

Cara Menangkar Burung Nuri Kepala Hitam Untuk Pemula


1. Memilih Burung Nuri Kepala Hitam Yang Unggulan

Untuk sobat yang masih awam dalam menangkar burung nuri kepala hitam, sebaiknya sobat membeli jenis burung nuri kepala hitam yang masuk dalam ketegori unggulan, agar pada saat sobat menjalankan proses penangkaran nantinya sobat bisa lebih midah untuk membuat burung bertelur.

Ciri-ciri burung nuri kepala hitam yang unggulan memiliki penampilan dan juga keadaanya yang sangat sehat.

2. Membuat Atau Membeli Kandang Penangkarannya

Sebelum sobat memulai proses penangkaran burung nuri kepala hitam, sebaiknya sobat harus menyiapkan kandang penangkarannya. Untuk kandang penangkarannya sendiri sobat bisa membelinya ataupun membuatnya sendiri, untuk ukurannya sobat bisa menggunakan ukuran kandang pada umumnya yaitu dengan panjang dan lebar sekitar 1 m x 1,50 m dengan tingginnya sekitar 2 m.

Perlu di perhatikan bahwa kandang penangkaran burung nuri kepala hitam ini sebaiknya jangan terlalu tertutup, karna seperti yang kita tahu bahwa burung nuri merupakan jenis burung yang tidak suka tempat yang tertutup.

3. Menyiapkan Glodok Tempat Sarang Burung Nuri Kepala Hitam

Selanjut sobat juga harus menyiapkan glodok kotak tempat sarang burung nantinya. Tempat glodok kotak sarang ini sobat bisa buat dari bahan kayu papan yang di bentuk menjadi berupa kotak yang berukuran sekitar 40 cm panjangnya, dengan lebar 30 cm dan tingginya sekitar 30 cm.

Lalu glodok tempat sarang tersebut dapat sobat leyakan di bagian pojok atau atas sarang lenangkaran sobat dengan cara di paku agar tidak tergoyang-goyang. Selanjutnya sobat bisa mengisi kotak glodok tersebut dengan menggunakan rerumputan kering atau dengan rangting-ranting pohon kering.

Selain harus membuatkan kotak glodok tempat sarangnya, sobat juga harus memberikan berupa tangkringanya dengan menggunakan ranting pohon yang kering. Agar burung bisa merasa bahwa mereka berada di hutan.

4. Memberikan Pakan Yang Teratur Setiap Hari

Nah, untuk perawatan hariannya sobat harus menjaga ketersediaan pakannya. Untuk pakannya sendiri sobat bisa memberikan berupa kacang-kacangan, buah-buahan dan juga bisa berupa roti atau pelet. Untuk pemberiannya sendiri sobat harus melakukannya secara teratur setiap hari.

5. Menjaga Kebersihan Kandangnya

Nah, untuk menjaga kebersihan kandang penangkarannya, sobat harus membersihkan kandangnya secara rutin setiap 1 minggu sekali atau kalo sobat sembat bisa membersihkannya setiap 3 hari sekali. Pembersihan kandang penangkaran ini bertujuan agar burung nuri sobat tidak gampang terserang penyakit yang di karnakan oleh serangan virus yang di sebabkan kotoran burung dan juga makanan burung yang menumpuk.
Baca Juga: Jenis dan Ragam Burung Nuri Yang Hidup di Indonesia
Untuk proses pembersihannya sobat bisa menggunakan sapu lidi, untuk proses pembersihan nya, sobat jangan terlalu berlebihan, karna jika sobat berlebihan dalam membersihkan kandangnya bisa-bisa burung menjadi ketakutan dan stres.


0 Response to "Cara Ternak Burung Nuri Kepala Hitam Untuk Pemula"

Post a Comment