-->

Header Menu

Cara Merawat Anakan Kolibri Yang Baik dan Benar

Cara Merawat Anakan Kolibri Yang Baik dan Benar

Cara meloloh anakan kolibri agar tetap hidup - untuk bisa mendapatkan burung kolibri yang berkualitas dan memiliki jiwa juara sebenarnya cukup mudah, salah satu cara yang bisa sobat lakukan untuk mendapatkan hal itu ialah merawat burung kolibri sejak masih anakan (diloloh).

Karna burung kolibri yang masih dalam proses pertumbuhan /  anakan masih sangat mudah untuk di bentuk sesuai dengan keinginan sobat, baik itu dari segi karakternya ataupun isiannya. Karna burung kolibri yang masih diloloh memiliki sifat yang masih sangat berbeda dengan kolibri yang sudah dewasa.

Burung kolibri yang masih anakan belum memiliki sifat penakut ataupun stres yang begitu tinggi seperti kolibri yang sudah dewasa, jadi sobat bisa mengambil kesempatan untuk melatihnya.

Namun untuk merawat burung kolibri yang masih anakan bisa dibilang sangat sulit. Berbeda dengan cara merawat burung kolibri yang sudah dewasa, yang dimana sobat hanya perlu memberikan makanan disangkarnya saja sudah cukup. Namun untuk merawat anakan burung kolibri yang masih anakan ini sobat harus tau betul dengan apa yang diinginkan oleh si burung tersebut.

Seperti waktu pemberian pakannya, pakan apa yang harus sobat berikan dan juga porsi yang pas untuk si burung. Sudah banyak sekali sobat kicau mania yang mencoba untuk merawat burung kolibri sejak anakan, dengan tujuan dapat menghasilkan burung kolibri yang berkualitas nantinya. Namun banyak sekali diantara mereka yang gagal.

Hal ini disebabkan oleh masih minimnya informasi yang dimiliki oleh kicau mania di indonesia tentang perawatan anakan burung kolibri, sehingga banyak diantara mereka yang gagal. Jangankan untuk merawat burung kolibri yang masih anakan, sedangkan untuk merawat burung kolibri yang sudah dewasapun masih banyak sobat kicau mania yang gagal dalam merawatnya.

Karna seperti yang kita tahu bahwa burung kolibri/burung madu ini merupakan salah satu jenis burung kicau yang memiliki perawatan yang sangat sulit.

Baiklah, untuk mengetahui bagaimana cara merawat anakan burung kolibri ini agar tidak mengalami kematian, silahkan simak ulasannya berikut ini, tips ini bisa sobat terapkan di semua jenis anakan burung koibri seperti kolibri ninja, kolibri wulung, kolibri sriganti ataupun kolibri sepah raja.

Cara Merawat Anakan Burung Kolibri Sampai Dewasa


1. Perhatikan Pemberian Pakannya

Pertama-tama yang harus sobat perhatikan dalam merawat anakan burung kolibri ini adalah memperhatikan pemberian pakannya. Baik itu anakan burung kolibri yang masih baru keluar bulu jarum ataupun anakan kolibri yang sudah memiliki bulu lebat sekalipun harus di perhatikan cara makannya.

Untuk anakan burung kolibri yang masih memiliki bulu jarum sobat harus memberikan berupa serangga kecil, hal ini dilakukan agar burung merasa tidak asing lagi dengan makanan yang sobat berikan. Karna dialam liar pada saat si burung masih diloloh oleh induknya anakan burung tersebut diloloh dengan menggunakan serangga kecil. Sobat bisa memberikan berupa kroto atau isi perut jangkrik.

Pemberian kroto dan juga isi perut jangkrik ini harus sobat lakukan selama 30 hari untuk anakan kolibri yang masih memilimi bulu jarum. Sedangkan untuk anakan kolibri yang sudah memiliki bulu lebat, sobat hanya harus memberikannya selama seminggu saja.

Jangan memberikan anakan kolibri tersebut air gula. Karna itu hanya akan membuat burung bisa mati. Pada saat sobat meloloh burung dengan kroto, sebaiknya basahi kroto tersebut dengan air terlebih dahulu. Fungsinya agar burung tidak tersedak.

Untuk porsi meloloh anakan kolibri ini sobat dapat lakukan sebanyak 4 sampai 5 kali sehari, sampai anakan kolibri tersebut tidak mau makan lagi. Tapi perlu diingat, bahwa pada saat sobat meloloh anakan kolibri jangan sampai terlalu kenyang karna itu tidak baik bagi kesehatanya.

2. Proses Pengenalan Campuran Voer Basah

Jika anakan kolibri tersebut sudah memiliki bulu yang komplit dan anakan tersebut sudah bisa nangkring sendiri di tangkringanya. Maka sudah saatnya kita mengenalkan kepada si burung makan voer. Hal ini bertujuan agar saat dewasa nanti si burung tidak hanya mau makan air gula saja melainkan juga mau makan voer dan untuk proses perawatannya pun bisa lebih mudah.

Untuk anakan kolibri yang masih berumur seperti ini sobat perlu memberikan pakan berupa campuran voer lembut dengan di campur kroto atau isi perut jangkrik dengan koposisi 1/2 dengan campuran sedikit air.

Selanjutnya jika anakan kolibri tersebut sudah mulai berumur lebih dewasa lagi, mulailah untuk menghilangkan campuran dari kroto dan isi perut jangkrik tadi sampai si burung mau memakan voer basah saja. 

Untuk melatihnya sobat harus menaruh voer basah tersebut didalam kandangnya dengan menggunakan tempat pakannya, biarkan burung mengenal bahwa itu merupakan makanannya biarkan si burung memakan makanannya sendiri tanpa harus diloloh lagi.

3. Memberikan Pakan Voer Kering

Nah selanjutnya jika si burung sudah benar-benar melewati masa kritisnya tersebut, dan burung sudah mulai bisa di tinggal berpergian. Maka selanjutnya cobalah untuk memberikan berupa voer halus yang biasanya di berikan pada pakan burung pleci atau pranjak.

Pada tahap ini sobat tidak usah terlebih dahulu mengenalkan si burung dengan air gula, karna jika sobat memberikannya dengan air gula, maka si burung malah akan meminum air gulannya saja tanpa mau menyentuh voernya.

4. Memberikan Burung Voer dan Air Gula

Selanjutnya jika burung sudah benar-benar mulai dewasa sobat sudah bisa memberikan berupa voer dan juga air gula dengan cara memberikan larutan air gula tersebut di dekat voernya. Dengan begitu si burung juga akan mendapatkan asupan manis dari air gula tersebut.

Namun, jika sobat tidak mau repot karna harus membuatkannya air gula setiap hari, sobat cukup mencampur gula pasir di makanan voernya, dan jangan lupa untuk memberikannya kroto.




0 Response to "Cara Merawat Anakan Kolibri Yang Baik dan Benar"

Post a Comment