-->

Header Menu

Cara Akurat Membedakan Burung Serindit Jantan dan Betina

Cara Akurat Membedakan Burung Serindit Jantan dan Betina

Perbedaan Serindit Jantan dan Betina - Burung Serindit merupakan salah satu jenis burung kicau yang termasuk dalam keluarga burung paruh bengkok. Burung serindit di indonesia bisa dibilang sebagai salah satu butung idola dikalangan pecinta kicau mania.

Burung yang memiliki kemiripan dengan burung paruh bengkok seperti kakak tua dan nuri ini sering disebut dengan burung Lovebird asli indonesia oleh kebanyakan kicau mania.

Bagaimana tidak, jika dilihat sekilas dari penampilan tubuhnya dan ukuranya burung ini sangat mirip dengan ciri-ciri burung lovebird. Selain memiliki ukuran tubuh yang hampir mirip dengan burung lovebird, kecantikan dari penampilan bulu dan juga suara kicauan burung ini tidak boleh dianggap remeh.

Di lihat dari segi penampilan warna bulunya, burung serindit memiliki warna yang dominan dengan warna hijau terang, dengan sedikit kuning dan merah dibagian tertentu pada tubuhnya.

Selain itu juga suara kicauan dari burung serindit ini sangat lantang dan nyaring, jika dilatih dengan benar burung ini juga mampu mengeluarkan suara kicauan yang merdu dan bervariasi.

Jika dulu kepopuleran burung Serindit ini tidak hanya dikenal di satu kota saja, melainkan juga dibeberapa kota dan daerah di indonesia dan di malaysia burung serindit ini cukup populer, hal ini bisa dilihat dari banyaknya kontes - kontes burung yang memperlombakan jenis burung serindit ini.

Namun, sekarang pun masih ada saja orang yang memelihara burung serindit ini sebagai burung koleksi yang mahal.

Namun, jenis burung serindit yang paling sering dilombakan yaitu jenis burung serindit jantan, karna burung serindit jantan dikenal memiliki suara kicauan yang lebih nyaring dan lebih bervariasi.

Tapi untuk sobat yang tidak tahu tentang cara membedakan jenis burung serindit jantan dan betina silahkan simak ulasanya berikut ini.

Cara Akurat Membedakan Jenis Burung Serindit Jantan dan Betina

  • Burung Serindit jantan, memiliki warna bulu hijau yang lebih cerah, dibandingkan dengan warna bulu burung serindit betina yang terlihat tampak kusam.
  • Burung Serindit jantan dewasa memiliki warna biru yang berbentuk bulat pada bagian atas kepalanya, sedangkan burung serindit betina tidak memiliki bentuk bulatan biru diatas kepalanya.
  • Burung Serindit jantan dewasa memiliki warna bulu yang berwarna merah cerah berbentuk bulat pada bagian bawah lehernya. Sedangkan untuk jenis serindit betina tidak terdapat warna merah tersebut.

Nah, itulah tadi tips akurat tentang cara membedakan jenis burung Serindit jantan dan betina. Semoga bermanfaat.