-->

Header Menu

Cara Mengeluarkan Sifat Fighter Lovebird Jantan Dengan Perawatan Khusus

Cara Mengeluarkan Sifat Fighter Lovebird Jantan Dengan Perawatan Khusus

Banyak sekali para pecinta lovebird mania menanyakan tentang bagaimana sih caranya agar sifat fighter lovebird jantan bisa keluar.

Bisa mengeluarkan sifat fighter pada burung lovebird jantan memang sangat penting dan harus dilakukan.

karna pada saat burung lovebird jantan yang kita miliki sudah memiliki sifat fighter yang bagus, maka tidak diragukan lagi burung lovebird kita akan lebih suka ngekek dan gacor.

Terlebih lagi jika burung lovebird jantan milik sobat hendak di ikutkan perlombaan.

Karna jika dulu, burung lovebird yang menjadi primadona di kontes perlombaan yaitu jenis burung lovebird betina.

Karna pada saat diajang perlombaan, jenis burung lovebird betina memiliki sifat yang lebih tenang, memiliki burahi yang stabil dan juga memiliki sifat birahi yang pas.

Banyak kicau mania lovebird berpendapat bahwa jenis burung lovebird yang bisa ngekek panjang yaitu jenis burung lovebird betina.

Namun, sebenarnya jenis burung lovebird jantan pun bisa ngekek panjang di arena kontes, yang perlu sobat lakukan atau perhatikan yaitu setingan dan perawatannya.

Baiklah, berikut saya akan memberikan tips tentang bagaimana cara merawat burung lovebird jantan bisa mengeluarkan sifat fighternya, agar bisa ngekek dan percaya diri pada saat di kontes perlombaan.

Tapi sobat harus sabar dalam melakukan tips perawatannya yang akan saya berikan berikut ini, karna setiap burung lovebird memiliki karakter yang berbeda - beda. Ada yang sangat mudah dirawat tapi ada juga yang sangat rewel atau sulit.

Cara Mengeluarkan Sifat Fighter Burung Lovebird Jantan Dengan Perawatan Ini

1. Pengembunan Burung Lovebird

Embun - embunkan burung lovebird sobat setiap pagi hari, pengembunan ini sobat dapat lakukan pada pukul 05.00-06.00 pagi.

Pengembunan ini di lakukan agar kondisi birahi burung lovebird sobat bisa stabil dan sifat fighternya bisa cepat keluar.

2. Penjemuran Burung Lovebird

Selanjutnya sobat harus menjemur burung lovebird sobat pada pagi hari, tepatnya pada pukul 07.00 sampai 09.00, saya sarankan durasi penjemuranya ini jangan terlalu lama, cukup 2 jam saja.

3. Krodong Burung Lovebird

Selanjutnya, setelah burung lovebird sobat sudah selesai dijemur, maka selanjutnya kerodong lovebird sobat, dengan sambil memberikan pakan dan minumnya, dan jangan lupa memberikan cepuk khusu untuk tempat mandinya.
Baca Juga: Cara dan Manfaat Mandi Malam Untuk Lovebird Yang Akan diikutkan Lomba
Untuk pakanya sobat bisa memberikan lovebird sobat berupa milet putih, atau sobat bisa memberikanya pakan kenari seed.

4. Memberikan EF (Extra Fooding)

Pada saat burung di kerodong, sebaiknya sobat sambil memberikan pakan tambahan berupa EF pada burung lovebird sobat, seperti jagung muda, kangkung, ulat hongkong, kroto atau jangkrik.

5. Jangan Trek burung Lovebird

Sebaiknya dalam proses perawatannya ini, sobat jangan terlalu sering mendekatkan lovebird sobat pada burung lovebird yang lainya. Seperti dibawa jalan - jalan ke pasar atau tempat yang memiliki banyak burung lovebirdnya.

Perhatiakan Keadaan Kondisi Tempat Kontes Burung Lovebird

  • Pada saat lovebird sobat hendak akan di ikutkan perlombaan, atau pada saat dikontes burung, sebaiknya sobat menjemur lovebird sobat dengan memakai kerodong, agar burung lovebird sobat tidak kaget, pada saat lomba akan di mulai.
  • Jika kondisi lingkungan atau suhu lingkungan tempat perlombaan burung sedang panas, sebaiknya sobat mengusahakan untuk bisa menyeimbangan kondisi suhunya dengan cara menyemprot kerodong dan tangkringannya.
  • Untuk terapi penjemurannya, sebaiknya sobat harus mengawasinya terus, agar burung tidak mati kepanasan. Sain itu juga sobat harus terus mengawasi lngkungan pengkerodongannya, usahakan tempat tersebut aman dari gangguan hewan predator seperti kucing, atau tikus.

Nah, itulah tadi tentang tips cara mengeluarkan sifat birahi burung lovebird jantan dengan melakukan perawatan khusus. Semoga tips ini bermanfaat.