-->

Header Menu

Manfaat Extra Fooding Untuk Lovebird Ngekek Panjang

Manfaat Extra Fooding Untuk Lovebird Ngekek Panjang

Manfaat Extra Fooding Untuk Lovebird - Seperti yang kita tahu bahwa lovebird merupakan salah satu jenis burung kicau atau burung paruh bengkok yang paling di gemari oleh pecinta kicau mania di indonesia.

Di indonesia sendiri burung lovebird memiliki banyak sekali ajang perlombaanya ataupun kontesnya, baik itu di tingkat daerah sampai pada tingkat provinsi.

Hal itulah yang membuat banyak para pecinta lovebird mania yang rela mengeluarkan dana yang lebih tinggi demi bisa mendapatkan jenis burung lovebird yang berkualitas.

Namun, sebenarnya untuk bisa mendapatkan atau menghasilkan lovebird yang berkualitas tidak harus mengeluarkan dana yang besar. Karna dengan cara prawatan yang khususpun sobat juga bisa menghasilkan lovebird yang berkualitas.
Baca Juga: Manfaat Kroto Untuk Lovebird Sebagai Penambah Stamina
Perawatan khusus lovebird tentunya tidak lari dari cara dan pakan apa yang sobat berikan kepada lovebird sobat, untuk menambah nutrisi ataupun gizi lovebird supaya bisa ngekek panjang sobat dapat memberikan pakan tambahan atau extra fooding.

Extra fooding itu sendiri biasanya berupa pakan seperti kangkung, ulat hongkong, kroto, jangkrik, kuaci, jangung, apel dan makanan yang memiliki kandungan gizi yang tinggi lainya.

Lalu pakan tambahan (Extra fooding) apa yang baik untuk lovebird supaya bisa ngekek panjang. Berikut beberapa macam pakan extra fooding (EF) dan manfaatnya.

Manfaat Pakan Extra Fooding Untuk Lovebird Biar Bisa Ngekek Panjang

1. Jangkrik

Pakan tambahan (EF) yang pertama yaitu jangkrik, jangkrik merupakan salaj satu serangga yang memiliki manfaat yang sangat banyak untuk burung kicau.

Hampir semua jenis burung kicau di indonesia memakan jangkrik, karna siapa yang tidak tahu bahwa jangkrik ini memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi dan banyak, kandungan gizi yang terdapat pada jangkrik yaitu, protein, lemak, asam amino, protein hologen, hormon proges terone, dan hormon estrogen.

Untuk manfaat mengkonsumsi jangkrik bagi lovebird dapat meningkatkan birahi burung, membuat burung lebih sering berkicau dan dapat membuat burung lebih bertenaga. Pemberian jangkrik ini sangat bagus untuk burung lovebird yang akan diikutkan perlombaan.

2. Jagung Muda

Pakan tambahan (EF) yang kedua yang dangat bagus kandungannya untuk burung lovebird yaitu jagung muda.

Untuk sobat yang sudah berpengalaman dengan burung lovebird atau sejenis burung paruh bengkok lainnya pasti sobat sudah tidak asing lagi bukan dengan extra fooding yang satu ini.

Manfaat dari pakan sayuran jagung muda ini tentunya sudah banyak orang yang mengetahuinya, hal ini dapat dilihat dari para kicau mania lovebird pada saat di arena kontes burung.

Tidak jarang mereka meletakan jagung muda ini di dalam sangkar atau digantung didekat sang burung. Tapi untuk sobat yang belum paham betul tentang apa saja manfaat dari pakan jagung muda ini berikut ulasanya.

  • Manfaat jagung muda yang pertama yaitu dapat meningkatkan birahi lovebird.
  • Dapat mengstabilkan birahi lovebird nika diberikan secukupnya saja.
  • Dapat membuat lovebir lebih sering berbunyi dan ngekek.
  • Membuat burung lovebird lebih bergairah dan sehat.
  • Dapat membuat lovebird lebih percaya diri.

Untuk pemberian jagung muda itu sendiri sobat tidak perlu memberikanya terlalu berlebih. Dalam seminggu cukup sebanyak 2 sampai 3 kali saja, jangan berlebihan karna jika berlebihan lovebird akan malah mengalami over birahi.

3. Kangkung

Pakan tambahan, atau extra fooding selanjutnya yang memiliki kamdungan gizi yang baik untuk lovebird yaitu kangkung.

Tidak hanya manusia saja yang bisa mengkonsumsi kangsung, ternyata sayuran kankung inipun dangat baik untuk lovebird. Berikut manfaat dari kangkung untuk lovebird.

  • Dapat meningkatkan birahi lovebird
  • Dapat membuat lovebird betina menjadi jinak saat dikawinkan.
  • Dapat menetralisasikan racun yang terdapat pada tubuh lovebird.
  • Dapat membuat lovebird menjadi lebih tenang di arena kontes. Meskipun melihat banyak sekali lovebird yang berbunyi.
  • Mencegah peradangan pada lovebird.
  • Melancarkan lovebird saya membuang kotoran.

Untuk cara memberikan kangkung ini sobat cukup memberikannya sebanyak 2 kali saja dalam seminggu.

4. Asinan Tulang Sotong

Selain memberikan extra fooding berupa sayuran, ternyata extra fooding berupa asinan pun sangat baik untuk lovebird sobat. Asinan yang bisa sobat berikan yaitu berupa tulang sotong.

Asinan ini sangat bagus untuk mencukupi kalsium bagi tulang lovebird sobat. Untuk pemberianya sendiri sobat cukupbmemberikanya sebanyak 1 kali saja dalam seminggu.

Nah, itulah tadi ulasan tentang manfaat extra fooding untuk lovebird bisa ngekek panjang. Mungkin masih banyak lagi extra fooding yang belum saya cantumkan pada artikel diatas, sobat dapat menambahkanya pada kolom komentar di bawah ini.