-->

Header Menu

Cara Memprediksi Warna Bulu Lovebird Sejak Masih Piyik

Cara Memprediksi Warna Bulu Lovebird Sejak Masih Piyik

Cara Memprediksi Warna Bulu Lovebird Sejak Masih Piyik - Pada saat sekarang ini memang burung lovebird masih menjadi burung andalan atau burung primadona dikalangan kicau mania di Indonesia.

Hal tersebut bisa kita lihat dari banyaknya event-event ataupun perlombaan burung lovebird yang diadakan di berbagai daerah-daerah di indonesia.

Seperti event yang memperlombakan durasi suara ngekek terpanjang lovebird, perlombaan suara lovebird termerdu sampai memperlombakan penampilan bulu burung lovebird.

Banyaknya di adakan event-event perlombaan lovebird ini membuat harga lovebird dipasaran semakin tinggi, terlebih lagi untuk lovebird yang sudah pernah memenangkan perlombaan.

Namun, tidak hanya untuk lovebird juara saja yang memiliki harga yang selangit, ternyata untuk lovebird yang memiliki warna bulu yang cantikpun memiliki harga yang tinggi pula.

Maka dari itu pada saat ini banyak sekali para pecinta lovebird mania yang mulai memburu burung lovebird yang masih piyikan, karna untuk harga lovebird yang masih piyikan ini dinilai masih memiliki harga yang lebih murah.

Selain masih dibandrol dengan harga yang masih lebih murah, lovebird piyikan inipun tidak menutup kemungkinan akan memiliki warna bulu yang cantik dan betvariasi ketika sudah dewasa.
Baca Juga: Cara Mengatasi Anakan Lovebird Tidak Mau Makan/diloloh
Untuk sobat yang juga tertarik untuk memburu burung lovebird yang masih piyikan agar nantinya bisa mendapatkan lovebird yang memiliki bulu yang cantik dan bervariasi, berikut informasi mengenai cara memprediksi warna bulu anakan lovebird yang masih piyik.

Cara Memprediksi Warna Bulu Anakan Lovebird Sejak Masih Piyik

1. Memperhatikan Bulu Kapas Yang Tumbuh

Untuk bisa memprediksi warna bulu anakan lovebird ketika nanti dewasa bisa di prediksi dengan memperhatikan bulu kapasnya.

Bulu kapas ini merupakan bulu yang pertama kali tumbuh pada tubuh piyikan lovebird, sebelum bulu jarum tumbuh. Piyikan lovebird ternyata memiliki dua fase perkembangan bulunya.

- Untuk perkembangan fase yang pertama yaitu bulu kapas, bulu kapas ini tumbuh ketika piyikan (anakan) lovebird tersebut masih berumur sekitar 2 mingguan.

Apabila bulu kapas yang tumbuh di tubuh piyikan lovebird ini berwarna kuning kemerahan atau orange, maka dapat disimpulkan bahwa piyikan lovebird tersebut nantinya akan masuk pada keluarga lovebird paruh merah.

Lovebird paruh merah biasanya akan memiliki warna bulu seperti (paskun, olive, marimas, lutino, gs dan lain-lain).

Sedangkan untuk piyikan lovebird yang memiliki warna bulu kapas yang putih bersih, maka dapat di simpulkan bahwa piyikan lovebird tersebut masuk pada keluarga lovebird paruh putih. Yang memiliki warna bulu (pastel biru, pastel putih, violet, biru magis, mauve, bs dan lain-lain).

- Untuk bulu kapas lovebird fase ke dua ini yaitu merupakan bulu kapas yang tumbuh setelah bulu kapas fase pertama telah mulai hilang. Tepatnya yaitu setelah piyikan lovebird berumur 1 sampai 2 bulanan.

Bulu kapas tahap 2 ini akan mulai memperlihatkan warna jelasnya, karna bulu kapas yang kedua ini sudah mulai tumbuh dengan warna-warna yang mulai terlihat bervariasi.

Jika piyikan lovebird sobat memiliki bulu kapas yang berwarna orange maka dapat diprediksi nantinya akan berubah menjadi warna abu kehijauan atau kuning segar.

Sedangkan untuk piyikan lovebird yang memiliki warna bulu kapas putih, maka dapat diprediksi bahwa nantinya akan memiliki warna bulu abu-abu, biru pucat atau putih bersih.

2. Memperhatikan Warna Paruhnya

Untuk memprediksi warna bulu piyikan lovebird juga bisa dilihat dengan cara memperhatikan warna paruhnya.

Untuk piyikan lovebird yang memiliki warna paruh orange atau merah kekuningan maka dapat diprediksi bahwa nantinya anakan lovebird ini memiliki warna bulu seperti hijau, pasjo, paskot, pastel kuning, lutino, olive dan lain-lain. Yang berarti lovebird jenis ini masuk pada keluarga lovebird paruh merah.
Baca Juga: Cara Memilih Lovebird Ombyokan Yang Prospek Ngekek Panjang
Sedangkan piyikan lovebird yang memiliki warna paruh kuning keputihan, maka warna bulu piyikan lovebird ini dapat diprediksi menjadi biru magis, kobal, pastel biru, mouve, pastel putih batman, albino, pasvio dan lain-lain.

Nah, untuk piyikan lovebird yang memiliki warna bulu seperti ini merupakan lovebird yang masuk pada keluarga lovebird paruh putih. Sedikit informasi bahwa harga lovebird paruh putih dipasaran bisa dibilang lebih tinggi dibandingkan demgan lovebird paruh merah.

3. Perhatikan Indukanya

Cara memprediksi warna bulu piyikan lovebird juga sobat dapat lakukan dengan cara melihat warna bulu indukanya.

Banyak yang beranggapan bahwa warna anak lovebird itu tidak tidak akan sama persis dengan warna indukanya. Namun, prediksi itu salah malahan tidak sedikit juga anakan lovebird lahir dengan warna bulu yang sama persis dengan indukanya.

Yang biasanya indukan lovebird yang memiliki warna bulu hijau (josan) dan masuk pada keluarga lovebird paruh merah akan memiliki anakan lovebird yang sama persis sepertinya.

Meskipun indukan lovebird yang memiliki warna hijau tersebut dijodohkan dengan warna lovebird dari keluarga paruh putih.

Nah, itulah tadi tips tentang cara memprediksi warna bulu lovebird sejak masih piyik (anakan). Semoga bermanfaat.