-->

Header Menu

Cara Akurat Membedakan Burung Sirtu/Cipoh Jantan dan Betina

Cara Akurat Membedakan Burung Sirtu/Cipoh Jantan dan Betina

Cara Membedakan Burung Sirtu/Cipoh Jantan dan Betina Dengan Mudah - Burung Sirtu/cipoh merupakan jenis burung kicau yang keberadaanya cukup populer dikalangan kicau mania di indonesia.

Burung Sirtu/cipoh ini adalah burung kicau yang memiliki penampilan tubuh yang sangat menarik dengan warna - warna bukunya yang sangat terang dan mencolok mirip dengan jenis burung pleci dan kepodang.

Selain memiliki penampilan bulunya yang manarik, burung Sirtu/cipoh inipun memiliki suara kicauanya yang sangat khas, lantang dan juga sangat merdu.

Ciri - ciri Burung Sirtu/Cipoh

Di alam liar burung sirtu/cipoh ini lebih suka hidup secara berkoloni atau berkelompok. Setiap koloni dari burung sirtu ini biasanya berjumlah 5 sampai 7 ekor.

Burung sirtu dialam liar tidak hanya memakan buah-buahan saja melainkan juga memakan serangga-serangga kecil, seperti belalang, kroto, jangkrik ataupun ulat. Sedangkan untuk buah-buahannya burung sirtu biasanya memakan buah pohom beringin, buah jambu dan juga buah langsat.

Pada umumnya burung Sirtu/cipoh ini lebih suka hidup di daerah di hutan tropis, yang memiliki banyak pepohonan yang rimbun, pada saat musim kawin tiba, burung sirtu ini akan terbang secara berpasang-pasangan untuk mencari tempat mereka bersarang, biasanya mereka akan membuat sarangnya diranting pohon-pohin yang tinggi.

Ciri Khas Burung Sirtu/Cipoh

Burung sirtu memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh jenis burung yang lainnya yaitu, pada saat musim kawin burung sirtu jantan akan mengembungkan bulunya lalu terbang secara berputar diudara untuk menarik perhatian sang betina.

Selain itu juga burung sirtu hidup dialam liar harus membutuhkan pasangan, dengan pasangan tersebut daoat merangsang burung sirtu menjadi lebih rajin berkicau.

Burung sirtu di tiap tiap daerah di indonesia memiliki nama panggilan yang berbeda - beda, ada yang menyebutnya dengan naman cipo, cito, sirpu dan sirtu.

Banyak yang menyebutkan bahwa burung Sirtu/cipoh ini sangat mirip dengan jenis burung kenari ataupun pleci, karna dilihat dari penampilan bulunya memang tidak jauh berbeda, yaitu sama-sama memiliki warna bulu yang kuning.

Untuk sobat yang tertarik memelihara burung sirtu/cipoh inj sebagai burung yang akan diikutkan kontes sebaiknya sobat harus memilih burung sirtu berjenis kelamin jantan, karna burung sirtu berjenis kelamin jantan dipercaya memiliki kualitas suara yang lebih bagus.

Namun, banyak kicau mania yang masih pemula dalam duni aburung mengeluhkan bahwa untuk membedaka jenis burung sirtu/cipoh jantan ini sangat sulit.

Karna seperti yang kita tahu bahwa ciri-ciri burung sirtu berjenis kelamin jantan dan betina itu hampir sama.

Untuk itu sobat harus lebih jelih lagi dalam memperhatiakan ciri-ciri burung sirtu cipoh jantan dan betina. Berikut beberapa ciri-ciri yang harus sobat perhatiakan dalam membedakan jenis burung sirtu/cipoh jantan dan betina.

Cara Akurat Membedakan Jenis Burung Sirtu/Cipoh Jantan dan Betina

Memperhatikan Suara Kicauannya

Untuk bisa membedakan jenis kelamin burung sirtu jantan dan betina sobat bisa membedakanya dengan cara memperhatikan suara kicauannya.

Banyak para kicau mania yang sudah paham betul tentang burung sirtu, mereka mengatakan bahwa untuk membedakan jenis kelamin sirtu jantan dan betina secara akurat bisa dengan cara memperhatikan suara kicauanya.

Karna pada dasarnya suara kicauan burung sirtu jantan dan betina itu memang sangat berbeda. Suara kicauanya burung sirtu jantan dinilai lebih lantang dan memilimi variasi suara yang sangat bagus di bandingkam dengan suara kicauan burung sirtu betina yang hanya bersuara ngekrek saja.

Memperhatikan Warna Mulut dan Lidahnya

Cara lain yang bisa sobat gunakan untuk bisa membedakan jenis kelamin burung sirtu jantan dan betina yaitu dengan cara melihat warna bagian dalam mulut dan lidahnya.

Untuk warna mulut bagian dalam sirtu berjenis kelamin jantan yaitu berwarna hitam pekat, sedangkan burung sirtu berjenis kelamin betina memiliki warna bagian dalam mulutnya berwarna hitam tetapi untuk bagian lidahnya berwarna agak putih.

Namun, cara membedakan jenis kelamin sirtu jantan dan betina ini dengan melihat warna bagian dalam mulutnya dan lidahnya hanya bisa digunakan untuk burung sirtu yang masih berumur dibawah 1 tahun.

Memperhatikan Warna Bulunya

Untuk cara selanjutnya yang bisa sobat gunakan untuk membedakan jenis kelamin sirtu jantan dan betina yaitu dengan memperhatikan warna bulunya.

Untuk warna bulu burung sirtu berjenis kelamin jantan yaitu lebih tegas, terang dan pekat. Sedangkan untuk sirtu berjenis kelamin betina memiliki warna bulu yang kusam dan pudar.

Dan juga untuk sirtu berjenis kelamin jantan memiliki warna garis putih yang ada di bagian sayapnya lebih bervariasi dan tegas. Sedangkan untuk sirtu berjenis kelamin betina memiliki warna garis putih disayaonya lebih pudar.

Memperhatikan Bentuk Ekornya

Untuk burung sirtu berjenis kelamin jantan memiliki bentuk ekor yang mengumpul di tengah dan tidak melebar. Sedangkan untuk burung sirtu berjenis kelamin betina memiliki bentuk ekornya yang lebih melebar keluar.

Memperhatikan Postur Tubuhnya

Untuk burung sirtu berjenis kelamin jantan memiliki ukuran tubuh yang terkihat lebih ramping dan panjang. Sedangkan untuk burung sirtu berjenis kelamin betina memiliki ukuran tubuh yang bulet dan juga pendek.

Pada saat berdiri atau bertengger, burung sirtu berjenis kelaminjantan lebih tegap, gagah dan terlihat lebih tinggi. Sedangkan untuk burung sirtu berjenis kelamin betina pada saat bertengger atau berdiri terlihat lebih pendek. Dan untuk ukuran kepala burung sirtu jantan lebih besar dan bulat sedangkan ukuran kepala sirtu betina lebih kecil.

Nah, itulah tadi pembahasan tentang tips akurat membedakan burung sirtu jaantan dan betina. Semoga bermanfaat.