-->

Header Menu

Cara Membuat Pakan Alami Ikan Gurame Yang Bergizi Tinggi

Cara Membuat Pakan Alami Ikan Gurame Yang Gampang di Dapat

Banyak yang mengatakan bahwa menangkar atau menternak ikan gurame memang sangat menguntungkan, terlebih lagi jika di tempat sobat jarang yang melakukan bisnis ikan gurame ini.

Dengan melihat kondisi lingkungan yang memadai seperti halnya air yang sangat memadai di tempat sobat, tentunya membuat bisnis ikan gurame milik sobat ini akan sukses diternak.

Terlebih lagi jika pesaing peternak ikan gurame yang ada di tempat sobat sangat minim, tentunya hal ini sangat menguntungkan untuk sobat.

Sebagian besar petani di indonesia mengatakan bahwa untuk melakukan penangkaran ikan gurame ini memerlukan banyak sekali modal, selain itu juga banyak yang beranggapan bahwa untuk melakukan ternakikan gurame ini kita harus mengeluarkan biaya yang tinggi untuk membeli pakan yang berkualitas.

Namun, menurut saya hal itu salah besar. Karna untuk melakukan penangkaran ikan gurame ini sebenarnya tidaklah membutuhkan banyak sekali modal atau biaya.

Sebenarnya yang membutuhkan biaya banyak itu hanyalah untuk membeli atau membuat tempat penangkaranya yaitu kolamnya.

Sedangkan untuk pakannya kita bisa memanfaatkan pakan yang kita olah dari bahan - bahan alami yang ada di sekitar kita, seperti kangkung, cacing tanah, eceng kondok, dedak kasar, ampas tahu, ampas kedelai, ampas kelapa, daun pepaya, daun singkon dan jenis tumbuhan alami lainya.

Baiklah, untuk teman - teman yang ingin melakukan penangkaran ikan gurame tapi tidak memiliki modal yang cukup banyak untuk membeli pakan yang berkualitas tinggi sebaiknya sobat melihat beberapa cara untuk mengolah pakan alami ikan gurame berikut ini.

Cara Membuat Pakan Ikan Gurame Dari Bahan Alami Yang Mudah di Dapat

Seperti yang kita tahu bahwa ikan Gurame ini merupakan jenis hewan vegetarian atau herbivora, maka dari itu hampir semua jenis tanaman yang hidup atau ada di sekitar kolam penangkaranya di konsumsinya.

Namun untuk cara pemberianya teman - teman tidak boleh melakukan secara sembarangan, karna itu bisa membuat ikan furame malah tidak mau memakannya.

Maka dari itu sebaiknya sebelum pakan tumbuhannya di berikan kepada ikan gumarenya sobat harus mencacahnya terlebih dahulu lalu di olah dengan pakan yang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, sehingga sobat tidak perlu lagi memberikan pakan berupa pelet yang dai buat dari hasil pabrik.

Meskipun ikan gurame ini merupakan jenis hewan pemakan tumbuhan, namun ikan inipun mau memakan hewan - hewan kecil lainya seperti kroto ( anak semut ) atau cacing tanah.

Nah, berikut ini merupakan bahan - bahan yang bisa sobat gunakan untuk mengolah paka alami ikan gurame.

Bahan - bahan tumbuhan untuk pakan alami ikan gurame

  • Daun pepaya, daun singkong, daun sente dan daun lantoro.
  • Ampas tahu, ampas kelapa dan ampas kedelai.
  • Gedok pohon pisang dan juga daun pisang yang dicincang.
  • Bekatul atau dedak kasar.


Bahan - bahan hewani untuk pakan alami ikan gurame

  • Ikan rucak, ikan teri, ikan cetol dan jenis ikan kecil lainya.
  • Bekicot, keong, siput dan jenis hewa berlendir lainya.
  • Cacing tanah, kroto, ulat keci dan jenis hewan kecil lainya.

Baiklah, berikut cara pembuatan pakan alami untuk ikan gurame yang memiliki kandungan gizi yang tinggi.

Cara Membuat Pakan Alami Ikan Gurame Yang Bergizi Tinggi 

1. Pertama - tama yang harus di siapkan untuk membuah pakan alami ikan gurame sebaiknya siapkan terlebih dahulu tempat atau wadahnya.

Saran saya sebaiknya tempat atau wadahnya menggunakan drum yang memiliki penutup atau tempat lainya yang penting memiliki penutup.

2. Nah, untuk mengolah bahan - bahanya, sobat harus mencacah terlebih dahulu bahan tumbuhanya, atau bila perlu di giling hingga menjadi ukuran yang kecil. Dan untuk bahan hewaninya sebaiknya digiling.

Setelah itu bahanya di angin - anginkan hingga bahan dedaunanya layu. Sedangkan untuk bahan basah lainya seperti ampas tahu dan ampus kedelai sebaiknya di keringkan terlebih dahulu.

3. Setelah semua bahan - bahanya telah siap, lalu sobat tinggal mencampur semua bahan - bahannya hingga merata, lalu tambahkan bahan fermentor seperti EM4 atau bahan fermentor lainya.

4. Setelah semua bahanya telah tercampur merata, lalu selanjutnya masukan semua bahanya kedalam tempat wadahnya seperti kedalam drum pelastik yang memiliki penutup.

Masukan semua bahanya hingga di dalam drumnya padat tak ada rongga udara sedikitpun.

5. Lalu selanjutnya tutup drum tersebut rapat - rapat hingga kurun waktu 5 sampai 10 hari, dan setiap 2 hari sebaiknya buka penutup drum untuk membuang uapnya.

6. Setelah fermentasi sudah mencapai 5 atau 10 hari, pakan sudah bisa di berikan langsung pada ikan guramenya dengan cara di taburkan di kolam.

Setiap kali selesai memberikan pakannya sebaiknya tutup kembali drumnya hingga rapat - rapat.

Nah, itulah tadi cara membuat pakan ikan gurame dari bahan alami yang mudah di dapat. Semoga artikel ini bermanfaat