-->

Header Menu

10 Cara Melatih Lovebird Lengkap Dari A Sampai Z

10 Cara melatih burung lovebird biar bisa ngalas panjang Lengkap

Assalamualaikum kicau mania sesabang dan setanah air. pada kesempatan kali ini saya akan mengajarkan bagaimana cara melatih lovebird biar bisa ngalas panjang dan mampu mengeluarkan suara yang merdu.

Banyak pera kicau mania lovebird indonesia yang sangat mengidolakan lovebird yang mirip seperti lovebird Kusumo milik H. Sigit WMP. yang terkenal memiliki suara yang merdu dan mampu ngalas panjang bisa sampai 3 menit sampai 5 menit. Sangat berbeda dengan jenis lovebird pada umumnya, yang hanya mampu ngalas selama 1 menitan saja.
lantas hal apasaja yang harus kita lakukan untuk bisa menghasilkan burung lovebird yang kita miliki bisa ngalas panjang dan memiliki mental juara?

Sebenarnya untuk bisa menghasilkan burung lovebird yang berkualitas dan memiliki mental juara, kita hanya harus lebih tekun dan bersabar lagi dalam melakukan perawatan serta pelatihan harian burung lovebird yang kita miliki.

Untuk mengetahui bagaimana cara dan langkah-langkah dalam pelatihan burung lovebird yang baik dan benar, silahkan sobat menyimak ulasannya dibawah ini.

Namun sebelum itu, sebaiknya sobat melihat sedikit ulasan tentang pengenalan burung lovebird dan ciri-ciri yang dimiliki oelh burung lovebird ini.

Ciri - Ciri Burung Lovebird

Burung lovebird merupakan  salah satu jenis burung kicau atau yang lebih pantas disebut sebagai burung hias ini, yang pada saat ini merupakan jenis burung yang paling digemari oleh para pecinta kicau mania di indonesia.

Bagaimana tidak, burung Lovebird ini dikenal sebagai burung yang sangat cantik baik dilihat dari segi suara kicauanya maupun dari segi penampilannya.

Burung lovebird memiliki warna bulu yang sangat bervariasi dan enak dipandang selain itu juga  ukuran burung lovebird ini sangat cocok untuk dipelihara sebagai penghias rumah ataupun sebagai dijadikan penghobi saja.

Perpaduan warna bulu burung lovebird ini sangat bervariasi mulai dari warna merah, hijau, kuning, orange, biru sampai dengan warna bulunya yang berkolaborasi merah dan biru, kuning dan merah dan masih banyak lagi perpaduan warna burung ini yang sangat indah.

Burung lovebird adalah jenis burung kicau yang bukan asli berasal dari indonesia melainkan berasal dari Afrika tengah dan selatan. kehidupan burung lovebird di Afrika sangat berbeda dengan yang ada di indonesi.

Jika di indonesia kehidupan burung lovebird ini hanya bisa kita dapat lihat di dalam sangkar saja dan tidak terdapat di alam liar.

Sedangkan kehidupan burung lovebird di afrika mereka hidup secara bebas di alam liar, burung lovebird dialam liar lebih suka hidup secara berkoloni, setiap kelompok bisa sampai 5-7ekor.

Bisa dibanyanginkan bagaimana enaknya kalo di indonesia banyak lovebird berkeliaran dialam liar seperti diafrika, pasti orang-orang berebut untuk memburu burung ini.

tapi sayangnya diindonesia burung lovebird hanya dapat ditemukan di sangkar-sangkar saja.

Di indonesia burung lovebird diperjual belikan dengan harga yang cukup mahal. yang membuat harga burung lovebird diperjual belikan dengan harga cukup mahal yaitu disebabkan oleh penampilan dan kecerdasan burung ini melebihi kecerdasan burung kicau pada umumnya. Mirip seperti jenis burung kakak tua.

Di indonesia sendiri burung lovebird bukan hanya diperjual belikan saja, melainkan juga diternak seperti halnya burung kicau pada umumnya. yang bertujuan ingin meraup untung yang lebih besar lagi.

Jika sobat tertarik ingin belajar menangkar burung lovebird ini silahkan baca artikel dibawah ini:
Baca Juga: Cara Ternak Lovebird Lengkap dari A sampai Z


baiklah itulah tadi penjelasan singkat dari ciri - ciri burung lovebird.

Selanjutnya mari kita mulai ke pokok pembahasan tentang bagaimana cara melatih burung lovebird agar mempu ngekek panjang dan memmiliki mental juara.

Untuk melatih burung lovebird bisa ngekek panjang, hal pertama-tama yang harus sobat perhatikan yaitu perawatanya. Jika proses perawatannya sudah benar maka untuk melatih burung lovebird pun akan lebih mudah lagi.

Perawatan Harian Burung Lovebird Yang Baik dan Benar

1. Pengembunan lovebird

Pengembunan burung lovebird bisa sobat lakukan pada waktu subuh tepatnya pada pukul 5.15-6.00, pada saat matahari pagi belum nongol sedikitpun, pengembunan burung lovebird bisa sobat lakukan dengan cara meletakan sangkar burung sobat di teras depan rumah sobat.

Tapi sobat perlu mengawasi burung lovebirdnya karena ditakutnya rumah sobat banyak hewan yang berbahaya seperti kucing dan anjing. biarkan burung lovebird terkena embun pagi yang tebal.jangan lupa untuk menyemprotkan air bersih ke burung lovebird sobat, agar burung merasa segar.

Tujuan pengembunan ini yaitu untuk meningkatkan birahi burung agar burung bisa rajin bunyi. karena proses pengembunan ini merupakan awal dari kesuksesan burung bisa ngalas. sambil menjemur burung lovebird sobat juga mendengarkan suara kicauan burung lovebird lain dengan menggunakan mp3 player. letakan mp3 playernya didekat sangkar burung sobat.

2. Memandikan burung lovebird

Setelah proses pengembunan telah selesai, selanjutnya mandikan lovebird pada pukul 07.00, memandikanya dengan cara disemprot. untuk cara menyemprotnyapun sobat harus menyemprot dengan cara perlahan, gunakanlah air bersih untuk menyemprot burung, agar bulu lovebird tidak rusak. semprot burung lovebird hingga basah kuyub tapi ingat semprot burung secara perlahan.

Dalam menyemprot burung lovebird, semprot mulai dari atas kepala burung sampai ujung kaki, tapi ingat pada saat menyemprot usahakan jangan sampai terkena mata dan hidung burung. 

Sebenarnya jika sobat malas untuk memandikan burung lovebird sobat juga bisa memandikan dengan cara meletakan air saja didalam sangkar burung, biarkan burung mandi dengan sendirinya. namun cara ini kurang efektif dalam proses penjinakan burung lovebird, memandikan lovebird dengan cara ini juga bisa memicu kerusakan bulu burung lovebird. 

3. Penjemuran burung lovebird

Penjemuran lovebird bisa sobat lakukan didepan rumah ataupun dipepohonan pekarangan rumah sobat, dengan cara menggantung sangkar burungnya, agar terkena sinar matahari penjemurai bisa sobat lakukan dari pukul 10.00-10.30 penjemuran lovebird jangan terlalu lama karena takutnya burung kepanasan dan bisa saja mati. 

Tidak sedikit kejadian teman teman sobat kicau mania yang menjemur burung kicaunya kelamaan dan akhirnya burungnya mati kepanasan. jka burung sudah mulai glabakan dikandangnya itu menandakan bahwa penjemurah lovebird sudah cukup.

Penjemuran ini bertujuan untuk mengeringkan bulu burung yang tadi telah kita semprot. penjemuran ini juga bisa sobat lakukan dengan cara meletakan sangkarnya di teras rumah sobat, tanpa menggantungnya, tapi yaitu harus dijaga jangan sampai disergap hewan buas seperti kucing, tikus, anjng dan ayam.


4. Angin-anginkan lovebird

Setelah proses penjemuran sudah cukup, selanjutnya angin-anginkan burung lovebird, dengan cara meletakan sangkar burung dibawah pepohonan ataupun di depan rumah dengan cara digantung, dalam proses penangin-anginan ini jangan terlalu lama cukup 5menit saja. Takutnya jika terlalu lama nanti burungnya masuk angin hehehehe.

Proses pengangin-anginan ini bertujuan untuk proses adaptasi burung lovebird, karena kita harus menormalkan suhu badan burung lovebird tersebut. Yaitu dari suhu badan yang sangat panas langsung dipindahkan kedalam ruangan yang memiliki suhu yang normal, tentunya itu kurang baik dengan kesehatan burung lovebird bukan.

Maka dari itu proses pengangin-anginan sangat penting bagi  kesehatan burung lovebird, terlebih lagi dikarenakan burung lovebird merupakan burung yang tergolong burung manja. Jadi kita harus merawat dengan sepenuh hati dan harus sabar.

5. Memandikan burung untuk tahap kedua

Untuk proses memandikan tahap kedua ini tidak jauh berbeda dengan proses memandikan pada tahap pertama tadi. Dalam memandikan dengan tahab kedua ini sobat bisa memandikanya dengan menggnakan semprotan burung sama seperti tahab pertama tadi.

Semprot burung secara perlahan meliputi dari atas kepala sampai dengan ujung kaki, mandikan burung sampai basah kuyub. Proses memandikan pada tahab kedua ini dilakukan pada pukul 12.00 siang hari. 

Setelah proses pemandian selesai selanjutnya angin-anginkan kembali burung lovebird dengan cara digantung dibawah pepohonan atau disamping rumah sobat.

Perlu diingat dalam proses penjemuranya, jangan menjemur burung lovebird dibawah terik matahari langsung, karena itu tidak baik untuk kesehatan burung lovebird.
Setelah proses pemandian tahab kedua selesai, selanjutnya kita lanjut ketahap berikutnya.

6. Angkat lovebird dari tempat angin-angin/penjemuran.

Setelah proses penjemuran atau proses penganginan telah selesai selanjutnya pindahkan burung lovebird ketempat biasanya yaitu kedalam ruangan. Biarkan lovebird sobat beristirahat dengan nyaman.

Saat lovebird beristirahat, secara bersamaan dekatkan burung yang sudah jinak dan mulai ngalas sebagai pemasteran. Agar supaya lovebird sobat yang masih liar dapat menirukan suara dan tihkah laku lovebird sobat yang telah jinak.

Tapi jika sobat tidak memiliki burung lovebird yang sudah pintar dan sudah mulai ngalas, sobat bisa menggunakan jalan pintasnya yaitu mendengarkan suara ngalas burung lovebird dengan menggunakan mp3 player atau dengan hp sobat yang sudah diisi dengan suara pemasteran burung.

7. Memberikan pakan lovebird

Pada saat burung lovebird beristirahat di sangkarnya, selanjutnya sobat bisa mulai memberikan pakannya. Dalam pemberian pakan usahakan memberikan pakan yang lebih bervariasi, agar lovebird tidak bosan terhadap makanannya yang hanya itu itu saja.

Pemberian pakan secara bervariasi bertujuan untuk menjaga nafsu makan burung lobebird tetap terjaga, berikanlah pakan berupa, milet merah, milet putih, apel merah, jagung muda, biji oat, biji haver, biji kenari, kangkung muda, kacambah atau toge dan sebagainya, intinya berikan pakan yang tinggi vitamin dan bervariasi setiap hari.

Sementara untuk porsinyapun disesuaikan saja sebagaimana biasanya, jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit.

8. Membersihkan sangkarnya secara teratur

Setelah pemberian pakan sudah selesai kita lanjut dengan membersihkan sangkar lovebird secara teratur 2 hari sekali atau jika anda malas 4 hari sekali tapi jika sobat tergolong orang yang rajin, alagkah baiknya sobat membersihkan sangkar lovebird setiap hari, demi kenyamanan dan kesehatan burung lovebird sobat.

Pembersian sangkar meliputi wadah pakan, wadah minuman, tangkringan kawat-kawat sangkar dan juga alas lantai sangkar, alangkah baiknya pada saat pembersihan sangkar sobat keluarkan terlebih dahulu burung lovebird sobat, pindahkan kesangkar yang lain agar burung lovebird sobat tidak takut dan glabakan.

Bersihkan sangkarnya secara keseluruhan selanjutnya jemur sangkarnya dibawah terik matahari sampai kering. Lalu memasukan kembali burung lovebirdnya disangkar tersebut. Ok, itulah tadi tips merawat burung lovebird yang baik dan benar, maka selanjutnya kita akan lanjut ke tips berikutnya tentang cara melatih burung lovebird biar bisa ngekek panjang.


Cara Melatih Burung Lovebird Biar Ngekek Panjang 

1. Melatakan burung lovebird dikandang umbaran

Meletakan burung lovebird dikandang umbaran bertujuan untuk matih memanjangkan nafas burung lavebird, jadi artinya setelah burung lovebird sobat memiliki nafas yang panjang maka pada saat berbunyi lovebird sobat mampu ngekek panjang.

Berikan kesempatan kepada burung terbang bebas dikandang umbaran. Sobat bisa melakukan cara ini setiap 1 minggu sekali secara rutin. 

2. Melatih burung lovebird dengan cara berlatih berenang.

Pelatihan berenang pada burung lovebird memang belakangan ini cukup ngetrand dikalangan para kicau mania, karena banyak yang percaya bahwa pelatihan berenang pada burung lovebird dipercaya dapat melatih pernafasan burung lovebird, karena pada saat dilatih berenang burung lovebird merasa ketakutan dan bernafas sekuat kuatnya yang membuat nafasnya menjadi panjang. Hal inilah yang diinginkan para kicau mania agar burung lovebirdnya bisa ngekek panjang.

Meskipun cara ini sangat berbahaya namun para kicau mania masih saja melakukan cara ini untuk melatih pernafasan burung lovebird. Mengapa saya mengatakan berbahaya, karena pada saat dilatih berenang burung lovebird merasa takut. Ditakutkan burung lovebird bisa stres nantinya dan juga ditakutkan airnya bisa masuk rongga hidungnya dan dapat menyakitinya.

Itulah 10 Cara Melatih Burung Lovebird Biar Mampu Ngekek Panjang. Cara ini merupakan salah satu cara  yang saat ini sangat ngetrend dilakukan oleh para kicau mania yang bertujuan meningkatkan kecerdasan dan kualitas burung lovebird milik mereka.

Semoga arikel ini barmanfaat terima kasih. Jangan lupa membaca artikel menarik kami lainya dibawah ini.