-->

Header Menu

Cara Mencari Sarang Burung Di Alam Liar

Cara Mencari Sarang Burung Di Alam Liar

Assalamualaikum pecinta kicau mania sesabang dan setanah air. Pada kesempatan kali ini saya akan memberitahukan bagaimana cara mencari sarang burung di alam liar.
Sarang burung merupakan tempat yang di buat oleh burung untuk digunakan berlindung disaat hujan dan juga digunakan oleh burung untuk berlindung dimalam hari dari serangan para predator. Namun fungsi utama sarang burung yang paling umum yaitu untuk digunakan pada masa bertelur. Tujuanya agar pada saat telur-telur siburung telah menetas maka anakan burung tersebut bisa dihangatkan oleh sarang tersebut.
Baca Juga: Cara Menjinakan Burung Kutilang Yang Masih Liar
Bahan pembuatan sarang burung sangat bervariasi tergantung burungnya.

Contoh burung kutilang, burung pipit, burung elang, burung perkutut dan burung kolibri. Kelima burung ini dalam membuat sarang menggunakan bahan yang berbeda-beda.

⏩  Burung Kutilang

Jika burung kutilang ia membuat sarangnya dengan bahan kulit-kulit pohon yang tipis dan lembut seperti kulit pohon pisang yang sudah kering. Dalam membuat sarang, burung kutilang mengambil kulit pohon pisang yang sudah kering dan telah tersuir-suir kecil-kecil, lalu mereka membentuknya menjadi bentuk bulat yang berukuran kecil dan mungil.
Burung kutilang dalam membuat sarangnya terdapat di pohon-pohon yang tinggi dan jauh dari jangkauan manusia. Sarang burung kutilang biasanya kita temukan di pohon cengkeh,pohon alpukat dan pohon rambutan yang tinggi.


⏩ Burung Pipit

Berbeda dengan bahan yang digunakan burung pipit dalam membuat sarangnya, burung pipit dalam membuat sarangnya menggunakan bahan yang mudah ditemukan, begitupula sarangnya sangat mudah untuk kita temui.
Bahan yang digunakan yaitu rerumputan kering yang halus yang sangat banyak terdapat diperkebunan warga.
Burung pipit menaruh sarangnya dipepohonan yang sangat mudah untuk kita jangkau seperti pohon kakao, pohong rambutan, pohon langsat,  pohon jambu sampai di rerumputan.

⏩ Burung Elang Dan Burung Perkutut

Sedangkan burung elang dan burung perkutut membuat sarangnya dengan bahan ranting-ranting pohon yang agak besar, berbeda dengan burung kutilang dan burung pipit yang hanya menggunakan bahan rerumputan.
Jika burung elang dan perkutut mereka mengambil ranting pohon seperti ranting pohon rambutan, pohon bambu, pohon gamal, dan pohon langsat.
Tempat yang mereka pilih dalam membuat sarang, merupakan tempat-tempat yang sangat jarang dilalui manusia, seperti pohon bringin yang sangat tinggi dan pohon jati.
Baca Juga: Cara Memilih Burung Perkutut Ombyokan Yang Berkualitas

⏩ Burung Kolibri

Sedangkang burung kolibri dalam membuat sarangnya dengan menggunakan bahan yang sangat berbeda dengan jenis burung yang sudah kita bahas diatas. Jika burung - burung diatas membuat sarangnya dan tempat yang mereka pilih untuk menaruh sarangnya sangat umum.
Berbeda dengan burung kolibri, mereka membuat sarang dengan bahan kapas dan sarang laba-laba yang sangat lembut. Mereka menaruh sarangnyapun sangat unik, yaitu dengan cara menggantung sarangnya dipohon. Dengan menggunakan jaring laba-laba yang mereka kombinasikan dengan kapas.

Tempat yang mereka pilih untuk menaruh sarangnyapun sangat sulit untuk kita jumpai.
Terkadang mereka menaruh sarangnya di pohon-pohon yang rindang.

Ok kita sudah mengenal bahan-bahan yang digunakan burung dalam membuat sarangnya, berbeda burung maka berbeda pula tempat dan bahan yang mereka gunakan.

Cara Mencari Sarang Burung Dialam Liar.

Selanjutnya saya akan mengajarkan bagaimana caranya mencari sarang burung di alam liar.

Cara Pertama

Dalam mencari sarang burung pertama-tama kita harus memperhatikan tempatnya dulu. Carilah tempat yang memiliki pohon yang banyak, seperti perkebunan kakao, perkebunan karet, perkebunan buah-buahan atau yang paling bagus yaitu pergi kehutan.

Jika kamu sudah menemukan tempat yang cocok untuk mencari sarang burung. Selanjutnya, mulailah pergi ke pohon yang paling besar biasanya burung dalam membuat sarangnya mereka memilih pohon yang lebih besar dibangkan pohon-pohon yang ada didekatnya itu.

Cara Kedua

Cara kedua yang bisa kamu lakukan yaitu melihat keaadaan burung berlalu lalang. Perhatikan tempat yang terdapat banyak burung berlalu lalang. Setelah menemukan tempat tersebut mulailah memperhatikan dimana burung itu bertengger, lalu mengeceknya, biasanya ditempat mereka biasa hinggap disitulah mereka membuat sarang.

Cara Ketiga

Dan cara yang terakhir ialah pergi kehutan, seperi yang kita tau hutan merupakan tempat yang menyediakan makanan yang bermacam-macam, artinya disitu pasti banyak burunnya. Biasanya burung dihutan dalam membuat sarang mereka memilih tempat-tempat yang dekat dari pohon makananya. Maka carilah pohon yang banyak menyediakan makanan burung lalu cari sarang burung dipohon itu juga.

Ya itulah beberapa cara mencari sarang burung dialam liar. Semoga postingan ini bermanfaat dan berguna untuk anda yang suka berburu sarang burung dialam liar. Salam kicau mania