-->

Header Menu

Cara Sukses Ternak Burung Kolibri Ninja Yang Baik Dan Benar

Cara Ternak Burung Kolibri Ninja

Assalamualaikum para pecinta kicau mania sesabang dan setanah air. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi lengkap tentang cara berternak burung kolibri ninja yang baik dan benar.

Burung kolibri ninja merupakan burung yang terkenal memiliki penampilan bulunya yang sangat indah dengan variasi warna yang mencolok dan sangat cantik. Selain memiliki penampilan bulu yang indah dan sangat cantik burung kolibri ninja juga memiliki beberapa kelebihan yang sangat memukau salah satunya ialah burung kolibri memiliki suara yang sangat merdu dan sangat bervariasi.
Banyak para sobat kicau mania pada saat ini memburu burung kolibri ninja, baik itu memburu dengan cara membeli burung kolibri dipasar burung maupun memburunya langsung dialam liar.

Yang membuat sobat kicau mania banyak yang tertarik dengan burung kolibri ninja ini, selain dikarenakan oleh penampilan dan suaranya yang merdu, salah satunya yang paling utama yaitu harga jual burung kolibri ninja inipun sangat tinggi. Terlebih lagi jiga burung kolibri ninja ini sering menang dikontes perlombaan burung maka harga jualnyapun melambung tinggi.

Ok baiklah marikita mulai kepokok pembahasan yaitu bagaimana caranya berternak burung kolibri ninja.

Ternak kolibri ninja:

1. Siapkan sepasang burung kolibri ninja yang sehat dan lincah.
Untuk kolibri jantan pilihlah pejantan yang memiliki ukuran tubuh yang besar dan paling mendominasi dikandangnya. Dan untuk kolibri betina pilihlah kolibri yang memiliki tubuh yang besar dan memilii sifat idukan yang tinggi, dan juga betina yang sudah cukup umur tidak terlalu muda. Dan yang paling terpenting keduannya sehat wal afiat.

2. Buatkan kandang penangkaranya.

Bahan-bahan yang kita gunakan untuk membuat kandang penangkaran burung kolibri ninja yaitu:
- Kayu Papan atau tripleks.
- kawat Ram-ram
- paku
- dan alat yang kita gunakan untuk membangun kandang penangkaranya.
Buatlah kandang penangkaran burung lovebird mirip dengan kandang penangkaran burung tekukur. Yaitu berbentuk kotak memanjang, untuk ukuranya visa sobat sesuaikan sendiri. Sesuai keinginan sobat.

Setelah bentuk bagian kanan kiri belakang sudah terpasang tripleks dan atapnya sudah terpasang dengan baik. Selanjutnya pasanglah kawat ram-ramnya dibagian depan kandangnya.

Bahan-Bahanya:

Dan untuk bahan-bahan penangkarang burung kolibri untuk beranak pinak adalah sebagai berikut:

  • kapas.
  • Daun, yang agak besar misalnya Daun mangga, Daun kakao, Daun lemon ataupun daun Nangka. Perlu diketahui daun yang saya maksud yaitu daun yang sudah kering.
  • Ranting pohon yang kering dan keras, tapi ringan.
  • Rumput jepang atau rerumputan kering lainya.
  • Tali rafia atau benang wol.
  • Jaring Laba-laba sebagai perekat sarang burung nantinya, tapi untuk sarang laba laba tidak di wajibkan.

Cara Pembuatanya

Untuk cara pembuatan media sarangnyapun cukup mudah, berikut ulasanya:

1. Pertama-tama ambil ambil daun yang sudak kita siapkan tadi, yaitu daun mangga ataupun daun kakao yang sudah dalam keadaan kering, selanjutnya pangkal daun tersebut ikat dengan tali atau dengan sabut kelapa, ikat saunya hingga menempel erat pada ranting pohonnya.
Baca Juga: Cara Merawat Anak Kolibri Yang Baik dan Benar
2. Jika sobat ingin membuat burung kolibri tidak takut untuk masuk sarangnya yang sudah sobat rancang, sobat bisa membuatnya tidak takut dengan cara merekatkan jaring laba-laba di pangkal daun maupun di sarangnya nanti.

3. Jika sobat tidak ingin repot-repot untuk membuat sarang burungnya. Sobat bisa dengan hanya membiarkan bahan-bahan yang sudah saya sebutkan diatas tasi berhamburan di kandangnya. Biarkan siburung membuat saranya sendiri dengan sesuai keinginanya.

Disini saya menggunaka betina yang sudah dewasa dan sudah matang buat diternak. Mengapa saya menggunakan betina kolibri yang sudah berumur matang? Karena betina yang sudah matang akan lebih mudah dan celat untuk proses penangkaran mereka lebih cepat vertelur jika dibandingkan dengan betina burung kolibri yang masih sangat muda.

Disini saya mengajarkan pembuatan kandang ternak burung konin diluar ruangan, namun lebih baiknya lagi setelah kandangnya sudah jadi selanjutnya pindahkan kandang tersebut ketempat yang agak tertutup seperti di gudang atau didalam rumah, namun usahakan kandang tersebut masi terkena sinar matahari dan ventilasi udaranyapun tetap bagus. Mengapa kandangnya harus dimasukan didalam rumah?

Tujuan yaitu agar siburung tidak takut untuk membangun sarangnya dan agar siburung tidak terganggu oleh gangguan suara bising manuasia.

Untuk pemberian pakan dan minumnya saya memberikan pakan berupa susu, nektar, kroto dan juga air putih setiap hari. Saya mengganti pakan dan airnya pada malam hari pada saat burung kolibrinya tertidur. Karena jika kita mengganti pakannya pada siang hari ditakutnya burungnya malah takut dan glabakan yang menyebabkan stres pada burung.

Setelah kandang konin sudah jadi dan kolibri jantan dan betina sudah berada dalam kandangnya, biarakan burung beradaptasi ditempat barunya jangan sekali-sekali menampakan diri anda dan jangan sering sering mengintip burung konin, biarka mereka membuat sarangnya sendiri.

Setelah sarang yang mereka buat sudah jadi biasanya indukan kolibri akan mulai masuk sarang yang mereka buat, itu pertanda bahkan koninya mau bertelur, biasanya indukan kolibri akan menghasil telur sebanyak 2 butir dan setelah melewati jangka 5 hari setelah bertelur biasanya indukan konin sudah melakukan proses pengeraman.

Dan dalam jangka 3 minggu konin sudah menetaskan telur-telurnya dan muncullah anakan kolibri yang telah kita tunggu tunggu.

Nah, itulah tadi tips tentang cara sukses ternak burung Kolibri Ninja. Untuk melakukan ternak burung kolibri ninja yang utama perlu sobat perhatikan yaitu indukan yang sobat piih merupakan indukan yang siap bertelur. Selain itu juga dalam berternak burung kolibri ninja dibututuhkan kesabaran yang ekstra. Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa membaca artikel menarik kami lainya dibawah ini.