-->

Header Menu

6 Cara Menjinakan Burung Sogok Ontong/Sriganti

6 Cara Menjinakan Burung Sogok Ontong/Sriganti

Assalamualaikum Kicau Mania sesabang dan setanah air. Ya pada kesempatan kali ini saya akan berbagi Tips tentang Cara Menjinakan Burung Sogok Ontong yang masih dalam keadaan liar atau hasil tangkapan liar sobat.
Burung Sogok Ontong adalah satu jenis burung yang masih dalam spesies Burung Kolibri. Dikarenakan bentuh tubuhnya lebih mirip dengan jenis burung kolibri. Yaitu kecil dan ramping, tidak hanya mirip dengan keluarganya burung kolibri, ukuran burung sogok ontong juga mirip seperti burung cabe-cabean dan pleci.
Burung sogok ontong merupakan salah satu jenis burung pemakan nektar dari sari bunga. Tidak hanya nektar, burung ini juga biasanya memakan serangga-serangga kecil seperti kroto dan ulat kecil, dengan paruhnya yang kecil dan panjang burung ini bisa dengan mudah untuk menjangkau sari-sari nektar bunga.

Dialam liar keberadaan burung sogok ontong bisa dibilang masih terjaga dengan baik. Masih banyak sekali burung sogok ontong dialam liar berkeliaran secara bebas. Seperti ditempat saya, burung sogok ontong masih sangat banyak berkeliaran di perkebunan dekat rumah saya.

Salah satu kemiripan burung Sogok ontong ini dengan burung Kolibri yaitu bisa dilihat pada sarang burung sogok ontong. burung sogok ontong memiliki sarang yang digantung di daun maupun ranting pohon. Dengan ukuran sarang yang kecil. Yang sangat mirip dengan sarang burung kolibri.

Yang menyebabkan keberadaan burung sogok ontong dialam liar masih sangat banyak yaitu Perawatanya yang sangat rumit. Banyak sobat kicau mania yang gagal memelihara burung ini. Karena jika sobat salah dalam merawat burung ini maka akan beresiko tinggi, burung tidak mau makan dan akhirnya mati.

Perbedaan Sogok Ontong Jantan dan Betina


Untu Sogok Ontong jantan pada bagian dada dan leher bagian bawah berwarna hitam berkilau. Dan pada punggung burung berwarna hitam tua dan warna sayap dan dada bawah berwarna kuning.

Sedangkan pada Sogok Ontong betina, pada bagian leher, dad dan perutnya berwarna kuning. Sedangkan pada bagian kepala, punggung dan sayapnya berwarna hitam tua keabu-abuan.

Meskipun perawatan burung Sogok Ontong sangat rumit dan sulit, tetap saja masih banyak juga sobat kicau mania yang mau memelihara burung Sogok Ontong, dikarenakan suara kicauan burung Sogok Ontong sangat unik dan crecetanya kuat dan lantang. Terlebihlagi jika Sogok Ontong dirawat dengan benar. Maka burung akan semakin mantap.

Tidak sedikut Sobat Kicau Mania yang menggunakan suara sogok ontong untuk digunakan sebagai masteran burung kicau lainya.

Harga Sogok Ontong


Untuk harga burung Sogok Ontong yang masih dalam keadaan liar berkisaran antara Rp. 25.000-40.000 sedangankan untuk yang sudah jinaka dan mampu ngerol, biasanya dihargai antara Rp.150.00-300.000.

Jika sobat tertarik untuk memelihara burung Sogok Ontong namun, sobat tidak memiliki dana yang banyak untuk membeli burung ini, sebaiknya sobat menangkapnya langsung di alam liar.

Namun, kekurangan burung sogok ontong hasil tangkapan liar, burung masih takut untuk berbunyi dan butuh waktu yang lama untuk menjinakanya. Jika sobat tidak tahu dalam merawatnya. Namun jika sobat sabar dan tlaten dalam merawat dan menjinakan burung Sogok Ontong maka tidak akan membutuhkan waktu yang lama untuk menjinakan burung ini. Berikut perawatan burung sogok ontong biar bisa jinak.

Cara Menjinakan Burung Sogok Ontong Hasil Tangkapan Liar.


Sekali lagi saya katakan bahwa untuk menjinakan burung Sogok Ontong sebenarnya sangat mudah. Yang harus sobat lakukan ialah kesabaran yang kuat, ketlatenan dan juga sobat mengetahui tipsnya, agar Burung Sogok Ontong sobat mampu bertahan hidup serta mau berkicau di dalam sangkarmya.

1. Proses Adaptasi

Jika sobat mendapatkan burung Sogok Ontong hasil tangkapan liar atau sobat membelinya yang masih dalam keadaan liar, tentung burung tidak akan tenang didalam sangkar barunya dan mengakibatkan stres jika terus diperhatikan.

Untuk itu biarkanlah burung Sogok Ontong sobat beradaptasi disangkar barunya. Jangan sering-sering melihat burung. Gantunglah sangkar burung sobat ditempat yang tertutup didalam ruangan/atau gantung sangkarnya di bawah pohon.
Tapi jika burung masih glabakan didalam kandangnya coba untuk menutup seluruh bagian sangkarnya dengan menggunakan kain. Lalu biarkan burung tenang.

Sobat juga harus memperhatikan ukuran sangkarnya, jangan memasukan burung Sogok Ontong yang masih dalam keadaan liar kedalam sangkar yang berukuran kecil. Usahakan menaruh burung didalam sangkar yang berukuran besar, agar burung sobat bisa terbang secara bebas layaknya dialam bebas. Ini bertujuan agar si burung tidak stress.

2. Memberikan Madu+air/air gula manis.

Jika burung Sogok Ontongnya sudah mulai tenang, selanjutnya berikan Madu yang dicampur dengan air agr madu tidak terlalu kental. Atau sobat juga bisa memberikan air gula yang manis.

Perlu diingat, dalam memberikan campuran madu dan air gula kepada burung jangan menggunakan air panas. Gunakanlah air dingin karena jika kepanasan itu akan berakibat fatal.mengingat burung sogok onting merupakan burung yang tidak terlalu kuat.

Sobat harus memberikan makanan berupa madu atau air gula setiap hari. Dikarenakan ini merupakan makanan pokok burung sogok ontong.
Berikanlah pakan berupa madu/air gula ini pada saat pagi dan sore, jangan lupa untuk mengganti makananya secara teratur setiap hari.

Sobat juga bisa memberikan makanan tambahan berupa kroto atau ulat keci. Agar burung tidak kurus dikarenakan hanya mengkonsumsi Air gula saja.

3. Pembersian Kandang Burung

Selain harus memperhatikan ukuran kandang dan juga makananya setiap hari, sobat juga harus memperhatikan kebersihan sangkarnya.

Bersihkanlah sangkar burung secara teratur setiap hari. Dengan cara menyemprot sangkar dengan menngunakan slang air. Semprotlah pada bagian lantai dan dinding sangkar dari kotoran-kotoran burung yang menempel.

Cara Menjinakan Burung Sogok Ontong


Setelah sobat sudah melakukan perawatan burung sogok ontong secara teratur setiap hari, selanjutnya sobat sudah bisa melanjutkan ketahap selanjutnya yaitu untuk menjinakan burung sogok ontong dengan mengikuti tahap-tahap sebagai berikut:

1. Memandikan Burung 

Pertama-tama yaitu memandikan burung secara teratur setiap pagi. Yaitu tepatnya pada pukul 6.30-07.00 pagi hari. Mandikanlah burung sogok ontong dengan menggunakan semprotan burung dengan cara yang lembut dan perlahan-lahan.

Semprot tubuh burung Sogok Ontong sobat secara keseluruhan sampai basah kuyub. Untuk cuaca yang cerah. Namun jika cuacanya agak mendung atau bisa dibilang tidak mendukung, sobat cukup memandikan burung sogok ontong tubuhnya saja, jangan sampai basah kuyub.

Sobat bisa memandikan burung sogok ontong 2 hari atau 3 hari sekali secara teratur.

2. Menjemur Burung 

Setelah sobat telah selesai memandikan burung, selanjutnya yaitu proses penjemuran burung.
Sobat harus menjemur burung dibawah terik matahari sampai bulu-bulu burung kering.

Proses penjemuran ini cukup 30-40menit saja, jangan terlalu lama dalam proses penjemuran ini karena jika terlalu lama bisa beresiko bagi kesehatan burung sobat.

Jangan menjemur burung dan meninggalkanya begitu saja, karena ditakutkan sobat lupa dan jangan pula menjemur burung ditempat yang rendah terlebihlagi ditempat sobat banyak binatang buasnya seperti kucing dan tikus.

3. Penempatan Sangkar

Untuk menjinakan burung sogok ontong tidak jauh berbeda dengan cara menjinakan burung kicau pada umumnya. Yaitu sobat harus menempatkan sangkarnya secara rendah dan ditempatkan ditempat keraimaiyan, seperti tempat orang banyak berlalu lalang contohnya didepan pintu sobat.

Karena jika sudah terbiasa dengan keberadaan manusia, burung sobat tidak akan takut lagi dan lama-kelamaan bisa jinak.

Itulah beberapa Cara Menjinakan Burung Sogok Ontong. Semoga cara ini bisa membantu sobat dalam menjinakan burung sogok ontong sobat. Terimakasih.


0 Response to "6 Cara Menjinakan Burung Sogok Ontong/Sriganti"

Post a Comment