-->

Header Menu

Perawatan Harian Burung Tuwu

Perawatan Harian Burung Tuwu

Assalamualaiku kicau mania sesabang dan setanah air. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips tentang perawatan harian burung Tuwu.
Namun, sebelum kita memulai tips perawatan burung Tuwu, mari kita ulas sedikit informasi tentang burung Tuwu.

Burung Tuwu dengan nama latinnya Eudynamis Scolopacea adalah spesies burung dari keluarga cuculidae. Burung Tuwu merupakan jenis spesies burung pemakan serangga dan juga buah-buahan.

Baik itu serangga yang masih hidup maupun yang sudah mati, serangga yang dimakan oleh burung ini seperti Ulat, kelabang, laba-laba, kupu-kupu, kumbang dan jenisserangga lainya.

Untuk buah biasanya burung Tuwu memakan buah-buahan yang ada dihutan maupun di kebun warga seperti buah rambutan, langsat, gersen, dan buah-buahan hutan lainya.

Penyebaran burung Tuwu dapat kita temukan di India, cina, asia tenggara, semenanjung malaysia, kalimantan, sumatra, sulawesi, bali, nusa tenggara, jawa, maluku dan papua.

Burung Tuwu dapat kita jumpai di daerah hutan sekunder yang didalamnya terdapat pepohonan rimbun dan juga tempat yang banyak tersedia makanan yang cukup.

Untuk membedakan burung Tuwu berjenis kelamin jantan dan betina sangat mudah yaitu kita cukup membedakannya dari segi penampilanya saja. Untuk burung Tuwu berjenis kelamin jantan berwarna hitam polos pada seluruh tubuhnya, sedangkan warna tubuh Tuwu berjenis kelamin betina berwarna Coklat abu-abu berbintik-bintik putih.

Baca juga: Cara Melatih Jalak Kerbau Sampai Jinak dan Patuh

Untuk ciri-ciri burung Tuwu yaitu pada iris mata berwarna merah, warna paruhnya berwarna hijau pucat, warna pada kakinya yaitu biru abu-abu. Sufat burung Tuwu yaitu pemalu dan jika saat ditaruh didalam kandang burung Tuwu sangat jarang berbunyi terkecuali jika kita menaruhnya secara ombyokan barulah burung ini akan berbunyi.

Dialam liar, burung Tuwu dalam bertelur mereka tidak pernah membuat sarang. Pada saat musim bertelur burung ini biasanya mencari bekas sarang burung yang telah ditinggalkan oleh pemiliknya, tetapi tidak jarang juga terdapat burung Tuwu yang mencampurkan telurnya pada telur burung kicau lainya. Untuk sarang burung yang mereka gunakan biasa bekas sarang burung Gagak SrigantiKepodang dan sarang burung Cabe-cabean.

Burung Tuwu biasanya bertelur sebanyak 3 butir telur, ciri-ciri dari telur burung Tuwu ini yaitu berwarna bintik-bintik agak keburuan, masa bertelur burung Tuwu yaitu pada bulan Maret, Juni, Agustus dan November.

Diindonesia, burung Tuwu biasanya dikaitkan dengan cerita misteri yang menandakan berita buruk, suara dari burung Tuwu ini sangat keras bisa terdengar sampai berkilo-kilo meter.

Mitos Burung Tuwu itu sendiri yaitu jika burung Tuwu berbunyi dimalam hari sering dikat-kaitkan dengan kabar yang kurang baik. Tapi itu semua tergantung dari kepercayaan sobat masing-masing.

Ok, itulah penjelasan singkat tentang burung Tuwu, selanjutnya mari kita mulai ke pokok pembahasanya yaitu Perawatan Harian Burung Tuwu.

Perawatan Burung Tuwu

1. Memandikan Burung

Pertama-tama yang harus sobat perhatikan yaitu perawatan dalam memandikan burung Tuwu, Mandikan burung Tuwu setiap pagi hari yaitu tepatnya pada pukul 6.30-07.00 pagi hari.

Mandikan burung Tuwu dengan menggunakan semprotan burung yang bisa sobat beli di pasar burung atau di toko. Mandikan burung Tuwu sampai basah kuyub, setelah itu angkat burung ketempat yang agak tinggi untuk diangin-anginkan sampai bulunya kering, sambil memberikan beberapa ekor jangkrik atau belalng. Setelah itu jemur burung sobat dibawah terik matahari selama 30-60 menit, dalam penjemuran burung jangan terlalu lama, karena itu tidak baik untuk kesehatan burung.

2. Pemberian Pakan Burung Tuwu

Setelah burung Tuwu sobat sudah selesai di jemur, silahkan angkat burung sobat dari penjemuran, kemudian berikan lagi 1 sendok teh kroto segar.

Dan juga jangan lupa untuk memberikan buah-buahan dan serangga segar yang bervariasi yaitu seperti pepaya, jambu, apel, rambutan, mangga atau pisang. Berikan juga beberapa serangga berupa siput dan belalang.

3. Bersihkan Kandang Burung Setiap Hari

Sobat juga perlu membersihkan kandangnya rutin setiap hari, yaitu pembersihan kotoran-kotoran burung yang menempel pada lantai sangkar dan juga dinding-dinding sangkar.

Cara membersihkanya cukup mudah yaitu dengan cara menyemprot seluruh area kandang dengan menggunakan slng air. Setelah disiram sampai bersih selanjutnya yang harus sobat lakukan yaitu menjemur sangkar burung dibawah terik matahari sampai kering.

Itulah beberap tips Perawatan Harian Burung Tuwu yang sangat mudah. Semoga artikel ini bermanfaat. Silahkan reques artikel dikolom komentar dibawah maka kami akn langsung menjawab komentar sobat. Terima kasih. Salam kicau mania.