-->

Header Menu

5 Cara Akurat Menjinakan Burung Cabe-cabean

Assalamulaikum sobat kicau mania sesabang dan setanah air. Ya, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips tentang Cara Menjinakan Burung Cabe-cabean/kemade.

Ya, sebenarnya artikel ini merupakan sambungan dari artikel sebelumnya yang membahas tentang Cara Merawat Burung Cabe-cabean Yang Baik dan Benar. Di artikel kali ini saya akan membahas dari keseluruhan artikel yang belum sempat saya bagikan kemarin.

Burung Cabe-cabean merupakan jenis burung kicau pemakan buah yaitu buah kemade. Burung cabe-cabean memiliki bentuk tubuh yang masuk dalam kategori burung kecil yang ukuranya hanya sekitar antara 15-20cm. Lebih kecil dari burung kolibri dan pleci.

Di alam liar burung Cabe-cabean hidup secara berkolonil, setiap kelompok bisa sampai 3-5ekor.

Burung Cabe-cabean biasanya dapat kita temukan di daerah dataran rendah seperti perkebunan kakao dan juga rambutan yang dipohonya terdapat banyak tanaman Kemade.

Baiklah mari kita mulai ke pokok pembahasan yaitu cara cepat menjinakan burung Cabe-cabean.
Sebenarnya untuk menjinakan burung Cabe-cabean tidak jauh berbeda dengan burung kicau pada umumnya. Namun, terdapat sedikit perbedaan yang harus sobat tau. Berikut Tipsnya.

Cara Menjinakan Burung Cabe-cabean

1. Pengembunan Burung Cabe-cabean Ya, untuk menjinakan burung Cabe-cabean, pertama-tama yang harus sobat lakukan yaitu proses pengembunan.

Lakukan pengembunan pada burung pada waktu subuh, tepatnya yaitu pada pukul 05.00-05.30 lakukan pengembunan secara teratur setiap hari, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, untuk lamanya proses pengembunan itu sendiri yaitu berkisaran antara 30-45menit.

Lakukan pengembunan burung Cabe-cabean diluar ruangan seperti di depan rumah sobat atau di bawah pohon.

2. Memandikan Burung Cabe-cabean Selanjutnya yang harus sobat lakukan setelah proses pengembunan yaitu memandikan burung di pagi hari.

Lakukan proses memandikan burung ini yaitu tepatnya pukul 06.00-06.30 pagi hari, sebelum matahari pagi muncul.

Mandikan burung Cabe-cabean menggunakan semprotan burung, yang bisa sobat beli dipasar burung atau di toko burung.

Perbedaan dalam memandikan burung saat perawatan dan pada saat penjinakan yaitu untuk perawatan sobat cukup memandikan burung untuk membersihkan bulunya saja.

Namun, untuk memandikan burung untuk dijinakan sobat harus menyiram seluruh tubuh burung sampai Basah kuyub.

Tapi ingat jangan menyemprot pada bagian mata, hidung dan telinga burung.

3. Penjemuran Burung Setelah proses memandikan burung Cabe-cabean sobat telah lakukan, selanjutnya sobat harus menjemur burung sobat di bawah terik matahari sampai bulunya kering.

Sampai di tahab ini sobat jangan dulu memberikan pakan pada burung sobat. Biarkan dia merasa lapar.

Karena setelah proses memandikan dan proses penjemuran dilakukan pasti burung sobat akan merasa sangat lapar. Dikarenakan semua stamina burung telah habis digunakan untuk memanaskan tubuhnya pada saat dimandikan tadi.

Waktu dalam penjemuran burung cukup 30-45menit saja, jangan terlalu lama karena ditakutkan burung bisa mati.

4. Proses Pengangin-anginan Selanjutnya setelah proses penjumuran telah sobat lakukan selanjutnya sobat lanjut ketahab yang selanjutnya yaitu proses pengangin-anginan.

Lakukan proses pengangin-anginan ini dibawah pepohonan, atau di dalam ruangan yang terbuka, dengan ventilasi udara yang baik.

5. Pemberian Pakan Nah, disinilah sobat baru boleh memberikan pakan untuk burung sobat.

Namun, untuk memberikan pakan pun, jangan memberikan pakan secara langsung yaitu seperti ditempatkan pada tempat pakannya.

Berikanlah pakan pada burung dengan menggunakan tangan sobat langsung.

Namun, jika burung merasa takut dan malah tidak mau makan, pada awal-awal berikan pakan menggunakan lidi atau sendok.

Jika burung mau makan menggunakan lidi/sendok selanjutnya dihari berikutnya, coba kembali untuk memberikan pakan dengan menggunakan tangan langsung. Lakukan cara ini sampai sukses.

Baca Juga: Cara Merawat Burung Kemade

Itulah beberapa cara akurat dalam menjinakan burung Cabe-cabean, lakukanlah beberapa cara diatas secara rutin setiap hari. Semoga artikel ini bermanfaat.