-->

Header Menu

Cara Membuat Kandang Ternak Lovebird Dengan Bahan Seadanya

Cara Membuat Kandang Ternak Lovebird Dengan Bahan Seadanya

Assalamualaikum pecinta kicau mania sesabang dan setanah air. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cara membuat kandang ternak lovebird.

Sekarang ini memang lagi maraknya sobat kicau yang tertarik untuk berternak burung lovebird. Dikarenakan ingin mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda. Bagaimana tidak, seperti yang kita tahu bahwa burung lovebird m.emiliki harga yang cukup mahal.

Baca juga: Cara Membedakan Anakan Lovebird Jantan Dan Betina

Dari yang dulunya hanya memelihara perekoran untuk memepercantik rumah, sekarang malah banyak sobat kicau yang beralih untuk lebih memfokuskanya untuk diternak.
Namun sebelum kita mulai untuk bagaimana langkah awal yang harus kita lakukan dalam berternak lovebird. Kita harus punya terlebih dahulu yang namanya KANDANGnya.

Berikut macam macam kandang lovebird.

1. Kandang untuk perjodohan lovebird.

Kandang ini digunakan untuk menjodohkan antara burung jantan dan betina dan nantinya akan dikawinkan. Kandang ini sangat cocok untuk sobat yang memiliki burung lovebird tapi burungnya belum saling kenal. Jadi sobat bisa meletakan burung sobat didalam kandamg ini. Tapi perlu diingat Kandang ini hanya digunakan untuk 2 ekor lovebird saja.

2. Kandang umbaran.

Kandang ini biasanya digunakan oleh sobat kicau mania untuk digunakan memilih indukan lovebird yang berkualitas dan sehat. Yang nantinya untuk dikawinkan.

3. Kandan petelur.

Kandang petelur ini biasanya digunakan untuk lovebird yang dalam masa bertelur. Untuk ukuranya disesuaikan saja dengan burung sobat.

Karena, kandang merupakan salah satu hal yang paling pokok dalam budidaya lovebird. Oleh sebab itu sebelum sobat memelihar lovebird untuk diternak sibat harus punya kandangnya dulu.
Apa harus punya kandangnya?

Yaiyalah, bagaimana mau berternak kalo kandangnya aja nga punya hehehehe...

Namun, banyak juga yang masih bingung dengan cara membuat kandang ternaknya. Banyak yang bertanya kepada saya. mas, gimana sih cara membuat kandang ternak lovebird? Apakah sama aja dengan kandang ternak burung perkutut?. Jelas beda karena burung lovebird lebih suka dengan kandang ternak yang ukuranya agak lebih kecil dibandingkan kandang ternak burung perkutut yang ukuranya relatif lebih besar.

Tapi sebenarnya nga harus membuat sih untuk sobat yang nga tau cara membuatnya. Sobat tinggal pergi kepasar burung terus pesan kandamhnya sama yang tukang buat. Tapi sobat harus merogok kocek agak dalam sih.

Tapi jika sobat nga punya dana yang banyak buat beli, lanjutin untuk membaca artikel ini sampai habis ya.

Untuk sobat kicau yang masih bingung atau sama sekali nga tau cara membuat kandang ternak lovebird maka perhatikanlah langkah-langkah berikut ini untuk membuat kandang ternak burung lovebird.
Bahan pembuatan kandang ternak:
- Tripleks
- Papan
- Kayu
- Tisu
- Palu
- Gergaji
- Paku kecil dan besar
- Palu
- Serbuk Kayu
- Penggaris atau meteran

Mulai membuat kandang.

1. Pertama-tama pastikan ukuranya terlebih dahulu. Untuk ukuran kandang lovebird yang umum yaitu memiliki ukuran 60x40x40cm.

2. Setelah ukuranya sudah ditentukan, mulailah memotong papan dan tripleks sesuai dengan ukuranya.

3. Satukan papan/tripleks yang telah sobat potong tadi dengan menggunakan paku. Satukan potonganya sesuai potongan papan. Ingat jangan memaku papan sampai tembus karena itu akan mengakibatkan burung tersangkut dipaku dan membuatnya luka.

4. Selanjutnya masukan tisu yang sobat telah siapkan tadi kedalam tempat penyimpanan telurnya.  Tapi jika Sobat tidak punya tisu, sobqt juga bisa membuat sendiri dengan kertas lembut lainya.

5. Selanjutnya masukan serbuk kayunya yang sydah sobat siapkan tadi kedalam kotnya. Masukan serbuk kayunya sedikit saja, setelah sobat memasukan serbuk kayunya biarkan saja siburung yang mengaturnya sesuai ketebaln yang mereka inginkan.

Jika kandang lovebird yang sobat buat tadi sudah jadi, maka kandangnya akan tampak seperti ini.
Setelah kandangnya sudah jadi 100% selnjutnya masukan kedua burung lovebird yang sobat miliki kedalam kandangnya. Biarkan mereka mengatur saranya jika sudah ingin bertelur.

Penempatan kandang


Sobat juga harus memperhatikan penempatan kandangnya. Jangan asal salan dalam menempatkan kandang lovebird karna itu akan berakibat burung tidak mau bertelur. Tempatkanlah kandan ternak lovebird sobat ditempat yang nyaman. Hindari penempatan kandang burung seperti ini:

- Ditempatkan diluar ruangan.
Penempatan kandang lovebird di luar ruangan tanpa atap, seperti disamping rumah atau ditempat terbuka tanpa atap akan mengakibatkan kandang terkena air pada saat hujan akan menyebabkan kandang basah dan kelamaan kandang akn busuk jika kandang terbuat dari tripleks dan papan.

- jangan juga menyimpan kandang ternak lovebird sobat dibawah terik matahari yang sangat panas. Karna itu akan menyebabkan kandang akan melengkung dan malar. Hal ini akan berdampak burung akan kepanasan dan tidak mau bertelur.

Saran saya tempatkanlah kandang lobebird sobat ditempat yang terhindar dari cipratan hujan dan juga terhindar dari panas yang ekstrim. Jadi simpanlah kandang sobat di tempat yang memiliki atap dan dinding seperti didalam rumah atau digudang sobat.

Baca juga: Setingan Lovebird Biar Bisa Ngekek Panjang

Selain sobat harus memperhatikan penempatan kandangnya, sobat juga harus memperhatikan perawtan kandang lovebird sobat. Karena jika kandang tidak pernah dirawat maka burung juga akan malas untuk bertelur dan juga itu tidak baik untuk kesehatan burung. Berikut tahap-perawatan kandang lovebird.


Perawatan kandang lovebird.


- Bersihkan kandang burung secara rutin seminggu sekali, bersihkanlah kandang burung dari kotoran burung yang menempel dan juga bersihkan dari kotaran makanan burung sampai bersih. Sobat bisa membersihkannya dengan cara disapu atau dilap menggunakan sedikit air.

- Gantilah kotak yang berisi serbuk kayu dan juga isinya setelah selesai digunakan. Penggantian ini dilakukan pada saat akan digunakan kembali burung itu atau burung yang baru untuk bertelur.

- Cek keadaan kandang secara teliti jangan sampi terdapat kerusakan yang sobat tidak tau, karena itu akan berakibat fatal, bisa saja burung lovebird sobat kabur tidak pamitan hehehehe...

Itulah tips dari saya tentang cara membuat kandang ternak burung lovebird dengan bahan seadanya. Jika sobat masih bingung silahkan ditanyakan dikolom komentar dibawah.









1 Response to "Cara Membuat Kandang Ternak Lovebird Dengan Bahan Seadanya"