-->

Header Menu

Perawatan Harian Nuri Dora Yang Baik Dan Benar

Perawatan Harian Nuri Dora Yang Baik dan Benar

Assalamulaikum kicau mania sesabang dan setanah air. Pada kesempatan kali ini saya membagikan tips tentang cara merawat burung nuri dora/nudor.

Nuri dora atau biasa kita kenal dengan nudor ini merupakan salah satu burung paruh bengkok yang memiliki ukuran tubuh yang sedang yaitu sekitaran antara 35-45cm.
Nuri dora diindonesia merupakan burung paruh bengkok yang lumayan populer dikalangan kicau mania. Dikarenakan penampilan bulunya yang lumayan cantik dan juga kecerdasan burung ini juga lumayan tinggi. Sangat cocok untuk dilatih.

Nuri dora memiliki warna bulu yang sangat bervariasi yaitu memiliki kombinasi warna antara merah, kuning, hijau, hitam dan biru , warna tubuh burung ini sangat enak untuk dipandang.

Diindonesia sendiri burung nuri dora ini biasanya dipelihara secara individual yaitu dengan cara diberi rantai pada kaki burung, selanjutnya ditaruh didepan rumah untuk mempercantik rumah.

Sobat juga bisa menemukan burung nuri dora ini dapasar burung disana banyak terdapat nuri dira mulai dari anakanya sampai yang sudah dewasa.

Untuk harga burung nuri dora dipasar burung bisa dikata lumayan tinggi yaitu berkisaran antara Rp.300.000-350.000 yang masih liar. Dan untuk yang sudah jinak kita biasa mendapatkanya dengan harga yang lebih tinggi sesuai skil yang sudah sang burung kuasai.

Biasanya burung nuri dora yang sudah memiliki skil dan sudah jinak akan dijual dengan harga antara Rp.700.000-800.000/ekor.

Jika sobat memiliki burung nuri dora yang masih dalam keadaan liar dan ingin dijinakan, tenang saya akan mengajarkan bagaimana cara menjinakan burung nuri dora namun, tipsnya akan menyusul diartikel saya selanjutnya. Ditunggu ya...

Ok baiklah kita akan mulai bagaimana cara merawat nuri dora.

1. Memberikan Pakan Secara Teratur Setiap Hari.

Pertama-tama yang harus sobat lakukan untuk merawat burung nuri dora yaitu memberikan pakan secara teratur setiap hari yaitu pada pukul 07.30 pagi, 12.00 siang hari, 04.00 sore hari dan juga pada malam hari. Berikanlah makanan yang sesuai kesukaan burung nuri dora sobat seperti: biji-bijian, milet, biji bunga matahari, biji jagung muda, dan juga berikan makanan tambahan berupa vitamin yang sobat beli dari pasar atau toko burung.

2. Memandikan Burung Nuri Dora 3 Atau 7 hari sekali.

Mandikan burung nuri dora sobat secara teratur 3 atau 7 hari sekali atau bisa juga 2 hari sekali yaitu tepatnya pada pagi hari pada pukul 08.00. Pertama-tama angkat burung sobat ditempat terbuka yaitu diteras rumah sobat setelah itu siapkan semprotan burung. Sobat bisa membeli semprotan burung dipasar burung.

Selanjutnya semprotlah burung nuri sobat dengan cara perlahan-lahan dan secara teratur mandikan burung nuri sobat sampai benar-benar basah. Perlu diingat jangan menyemprot pada bagian hidung burung karna itu akan menyebabkan burung sobat sakit. Waktu memandikan burung yaitu pukul 08.00-09.00 pagi hari.

3. Penjemuran

Setelah sobat sudah selesai memandikan burung sobat, selanjutnya yang harus sobat lakukan yaitu menjemur burung dibawah terik matahari. Proses penjemuran yaitu sekitaran 30-45menit. Jangan terlalu lama karena itu tidak baik untuk kesehatan burung sobat.

Saran saya pada saat menjemur sang burung, sebaiknya sobat menjaganya, ditakutkan burung sobat diserang atau disergap binatang-binatang berbahaya yaitu seperti kucing dan tikus. Dan juga ditakutkan sobat lupa untuk mengangkat burung sobat dari terik matahari.
Setelah sang burung sudah kering selanjutnya angkat burung dari penjemuran dan selanjutnya berikan pakan.

4. Membersihkan Sangkar Burung Setiap Hari.

Pembersihan sangkar burung harus sobat lakukan secara teratur setiap hari. Cara membersihkanya sangat mudah sobat cukup membersihkan kotoran-kotoran burung yang menempel pada lantai dan juga ram-ram sangkar. Bersihkanlah sangkar burung dengan menggunakan slang air setelah menurut sobat sudah bersih selanjutnya jemur sangkar dibawah terik matahari.

Itulah beberapa cara merawat nuri dora setiap hari yang sangat mudah. Jika cara diats sobat lakukan dengan benar maka burung nuri sobat akan makin cantik dari segi penampilanya. Terimakasih.