-->

Header Menu

Jenis Burung Tekukur Yang Hidup dan Berkembang di Indonesia

Jenis Burung Tekukur Yang Hidup dan Berkembang di Indonesia

Jenis jenis Burung Tekukur Yang Memiliki Keunikan Tersendiri - Burung Tekukur merupakan jenis burung kicau yang hidupnya sangat familiar di lingkungan manusia tinggal. karna tidak jarang burung Tekukur ini sering di temui berkeliaran untuk mencari makan di perkebunan warga seperti di persawahan atau di perkebunan jagung sampai-sampai juga biasanya mereka sering dapat di temukan di pekarangan rumah warga.

Di indonesia sendiri burung Tekukur memiliki beberapa jenis dan ragamnya yang mungkin sobat sekalian belum pernah melihatnya, karna sebagian besar jenis burung Tekukur ini hidupnya hanya terdapat di bagian hutan saja. Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan mengulas beberapa jenis burung Tekukur yang hidup di hutan indonesia.

Jenis-jenis Burung Tekukur Yang Hidup dan Berkembang di Indonesia


1. Burung Tekukur Jenis Punai (Treron)


Yang pertama yaitu jenis burung Tekukur Punai. Burung Tekukur Punai merupakan salah satu jenis burung Tekukur yang hidupnya hanya terdapat di hutan-hutan tropis saja, hutan yang memiliki kelebatan pepohonan yang cukup dalam.

Burung Tekukur jenis Punai ini tidak hanya memiliki satu jenis saja, melainkan beberapa jenis yang berbeda-beda, yaitu Punai Besar, Punai Paruh Tebal, Punai Orange, Punai Kecil dan Punai Manten. Berbeda dengan jenis burung Tekukur yang biasa kita temui di pekarangan rumah kita, burung Tekukur jenis Punai ini memakan berupa buah-buahan saja, tidak memakan berupa biji-binian seperti jagung.

Selain itu juga jenis burung Tekukur Punai ini memiliki penampilan bulu yang lebih cantik dan menawan dibandingkan dengan jenis burung Tekukur yang biasa kita lihat, yang hanya memiliki warna bulu yang dominan coklat saja. Untuk ukuran tubuhnya, jenis Tekukur Punai ini memiliki ukuran tubuh 25 sampai 30 cm.

2. Burung Tekukur Jenis Katik-Katikan


Yang selanjutnya yaitu jenis burung Tekukur Katik-Katikan, tidak berbeda jauh dengan jenis burung Tekukur Punai, jenis burung Tekukur Katik-katikan inipun hidupnya hanya terdapat di hutan-hutan lebat saja, kabarnya jenis burung Tekukur jenis ini sangat liar dan tidak gampang untuk di jinakan.

Jenis burung Tekukur Katik-katikan ini gemar memakan buah-buahan dan juga biji-bijian, di alam liar, burung Tekukur Katik-katikan hidup secara berkelompok, baik itu pada saat mencari makan maupun pada saat tidur. Ukuran tubuh jenis burung Tekukur Katik-katikan sekitar 15 hingga 35 cm.

3. Burung Tekukur Jenis Ducula atau Pergam-pergaman


Selanjutnya yaitu jenis burung Tekukur Ducula atau Pergam-Pergaman, jenis burung Tekukur inipun hanya bisa di temukan di kawasan hutan saja, burung Tekukur Pergam-pergaman ini memiliki ukuran tubuh yang lumayan besar yaitu berukuran antara 40 sampai 45 cm.

Burung Tekukur Jenis Pergam-Pergaman ini di alam liar memakan berupa buah-buahan dan juga biji-bijian. Burung Tekukur Pergam-pergaman ini memiliki ciri-ciri tubuh seperti berikut. Warna punggung burung ini berwarna coklat kemerah-merahan, ujung rkormya berwarna kelabu, mata dan paruh berwarna hitam pekat, dan juga memiliki suara kicauan yang sangat merdu.

4. Burung Tekukur Jenis Uncal-Uncalan


Yang selanjutnya yaitu jenis burung Tekukur Uncal-uncalan, jenis burung Tekukur Uncal-uncalan memiliki 6 jenis yang hidup dan menyebar di hutan indonesia. Burung Tekukur Uncal-uncalan ini banyak tersebar di hutan-hutan tropis di daerah pulau kalimantan, sumatra, jawa, sulawesi dan bali.

Di alam liar burung Tekukur Uncal-uncalan hidup secara berpasang-pasangan, dan juga pada saat membuat sarang, burung ini membuat serang secara bersama-samaan, dan hanya mengeluarkan telur sebanyak 2 butir telur saja. Burung Tekukur jenis Uncal-uncalan ini memiliki ukuran tubuh yang lemayan besar yaitu sekitar 40 cm.

Burung Tekukur Uncal-uncalan ini di alam liar gemar memakan buah-buahan dan juga biji-bijian, burung Tekukur Uncal-uncalan ini memiliki ciri-ciri seperti berikut ini. Warna tubuhnya berwarna coklat polos denganbercak hitam, dan juga pada bagian kepala sampai pada lehernya berwarna coklat polos.

5. Burung Tekukur Jenis Mabruk-mabrukan


Dan yang terakhir yaitu jenis burung Tekukur Mabruk-mabruk. Burung Tekukur jenis ini memiliki ciri-ciri yang paling berbeda dengan jenis burung Tekukur pada umumnya yaitu burung Tekukur ini memiliki ciri khusus yang memiliki bulu yang berdiri mirip seperti kipas di atas kepalanya.

Selain itu juga jenis burung Tekukur jenis Mabrukan ini memilimi ukuran tubuh yang sangat besar yaitu bisa mencamai 70 sampai 75 cm. Burung Tekukur Mabrukan di alam liar lebih gemar hidup secara individu dan suka memakan buah-buahan dan juga biji-bijian.

Nah, itulah tadi ulasan mengenai  beberapa jenis burung Tekukur yang hidup dan berkembang di Indonesia. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan sobat sekalian.