-->

Header Menu

Cara Membedakan Anakan Lovebird Jantan Dan Betina Secara Akurat

Cara Membedakan Anakan Lovebird Jantan Dan Betina Secara Akurat

Assalamualaikum pecinta kicau mania sesabang dan setanah air. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips tentang cara membedakan lovebird jantan dan betina sejak masi anakan.

Lovebird atau biasa kita kenal dengan sebutan burung cinta ini merupakan salah satu burung yang paling diminati dan cari oleh sobat kicau mania diindonesia. Yang membuat burung ini banyak dipelihara diindonesia yaitu disebabkan oleh penampilannya dan juga suaranyan yang sangat merdu, bahkan mampu ngekek lama jika sudah dilatih dengan benar. Tidak sedikit pula yang menternakan burung lovebird untuk mendulang keuntungan dari burung ini.
Disebabkan burung lovebird dipasar burung pada sekarang ini dibandrol dengan harga yang cukup mahal. Jadi cocokbuat diternak.

Penampilan burung lovebird yang sudah terkenal cantik ini biasa juga diperlombakan diperlombaan burung. Warna Bulu burung lovebird sangat bervariasi yaitu ada yang berwarna merah bercampur kuning dan hijau, ada yangberwarna biru bercampur denga abu abu, dan masih banyak lagi kombinasi warna bulu burung lovebird yang sangat memukau mata yang melihatnya.

Perlombaan lovebird diindonesia meliputi perlombaan penampilan burung dan juga memperlombakan suara kicauanya yang dikenal mampu ngekek panjang.

Untuk perlobaan, biasanya para sobat kicau mania lebih sering memilih burung lovebird yang berjenis kelamin betina. Mengapa memilih lovebird betina? Karena lovebird betina dikenal lebih cerewet dan juga lebih suka ngekek. Berbeda denga lovebird yang jantan, mereka lebih suka birahi jika melihat lawanya.

Namun tidak sedikit sobat kicau mania awam yang mengeluhkan tentang "boro-boro memilih lovebird betina buat lomba, saya aja nga tau cara membedakan jenis lovebird jantan dan betina".

Maka dari itu saya akan memberikan tips cara membedakan jenis kelamin lovebird jantan dan betina saat masih kecil.

Cara membedakan lovebird jantan dan betina yang terbukti akurat.

1. Melihat bentuk paruh lovebird.
Ya, yang pertama untuk cara membedakan lovebird jantan dan betina yaitu kita lihat pada bentuk paruhnya, pada lovebird jantan bentuk paruhnya yang bagian atas yaitu pada bagian garis warna putih berbentuk lancip, sedangakan untuk bentuk atas paruh pada lovebird betina berbentuk tumpul.

2. Melihat bentuk hidung lovebird.
Selanjutnya untuk membedakan jenis kelamin lovebird jantan dan betina yaitu dengan cara melihat bentuk hidung lovebird.

Dengan cara tangkap lovebird sobat, selanjutnya pegang kepalanya lalu tiup hidungnya, tiupnya perlahan saja ya, pada saat hidung lovebird ditiup jika berubah bentuk menjadi lonjong atau oval, maka dapat dipastikan bahwa lovebird ini berjenis kelamin jantan. Tapi jika hidung lovebird pada saat ditiup berubah bentuk menjadi bulat lebar maka dapat dipastikan lovebird ini berjenis kelamin betina.

3. Melihat bentuk ekor lovebird.
Cara selanjutnya untuk membedakan jenis kelamin lovebird jantan dan betina yaitu dengan cara melihat bentuk ekornya. Dengan cara ini sobat tidak perlu menangkap dan memegang lovebird, cukup menaruh lovebird jantan dan betina didalam sangkarnya, selanjutnya amati pada bagian ekornya, untuk lovebird jantan bentuk ekornya berbentuk lancip, berbeda dengan lovebird betina bentuk ekornya berbentuk melebar.

4. Melihat bentuk dan ukuran badan lovebird.
Pada lovebird jantan bentuk dan ukuran badanya cenderung lebih kecil dari lovebird betina yang bentuk tubuhnya lebih besar atau gemuk. Selain berbeda pada bentuk tububnya, bentuk kepala lovebird juga menjadi pembeda lovebird jantan dan betina. Pada kepala lovebird jantan bentuk kepalanya berbentuk rata, sedangkan pada lovebird betina bentuk kepalanya cenderung atau melengkung.

Hal ini disebabkan oleh lovebird betina yang sudah pernah berproduksi. Selain itu untuk pembeda lovebird jantan dan betina juga terletak pada warna pada bagian lehernya, warna leher lovebird jantan lebih terang dan mengkilap dibandingkan lovebird betina yang tidak mengkilap.

5. Melihat bentuk sayap lovebird.
Pada saat lovebird bertengger, bentuk sayapnya akan membedakan jenis kelamin lovebird. Pada lovebird jantan bentuk sayapnya pada saat bertengger akan membentuk silangan pada ujungn sayapnya.
Sedangkan pada lovebird betina unjung sayapnya tidak bersentuhan atau berbentuk silang.

6. Melihat cara bertengger lovebird.
Ya, selanjutnya untuk membedakan jenis kelamin lovebird jantan dan betina
Kita bisa melihatnya pada saat bertengger, karena pada lovebird jantang pada saat bertengger kakinya tidak terlalu terbuka, berbeda dengan kaki lovebird betina, pada saat bertengger kaki lovebird betina akan lebih terbuka atau ngankang. Hal ini disebabkan oleh tulang pubis lovebird betina yang lebih lebar dan berjauhan dibandingkan dengan tulang pubis lovebird jantan yang verdekatan dan lebih runcing.

7. Melihat lubang anus lovebird.
Selanjutnya dengan cara melihat lubang anus lovebird. Cara ini biasanya digunakan untuk membedakan jenis kelamin lovebird jantan dan betina pada saat masi kecil.

Untuk lubang anus lovebird jantan, lubang anusnya lebih kecil, panjang dan menonjol. Berbeda dengan lubang anus atau klokoa lovebird betina yang bentunya lebih rata dan lebar.

8. Melihat tulang pubis lovebird.
Seperti yang saya katakan diatas tadi bahwa salah satu pembeda dari lovebird jantan dan betina kita bisa melihatnya dari tulang pubis lovebird.

Caranya yaitu pertama-tama pegang lovebird sobat lalu raba pada bagian tulang pubisnya, pada tulang pubis lovebird jantan akan terasa lancip, keras dan berdekatan pada saat diraba, berbeda dengan jenis burung lovebird betina, jika diraba tulang pubis betina akan terasa lebih elastis dan juga lebih berjauhan, kira-kira seukuran jari tangan manusia.

9. Melihat ukuran kacamata lovebird.
Selanjutnya untuk cara membedakan jenis kelamin lovebird jantan dan betina bisa kita lihat dengan cara memperhatikan ukuran klep atau kacamata lovebird.

Memang cara ini bisa dibilang tidak mudah karena ukuran kacamata lovebird jantan dan betina tidak jauh berbeda.
Namun, jika sobat perhatikan dengan seksama perbendaanya akan terlihat jelas. Yaitu pada lovebird jantan ukuran klep atau kacamatanya benbentuk lonjong atau memanjang. Sedangkan pada ukuran klep atau kacamata lovebird betina berbentuk lebih bulat.

10. Melihat cara berdiri lovebird jantan dan betina.
Melihat cara berdiri lovebird jantan dan betina, ya, cara ini memang lebih ngetrend digunakan para sobat kicau mania untuk membedakan jenis kelamin lovebird jantan dan betina.

Caranya cukup mudah yaitu dengan cara masukan lovebird jantan dan betina dalam kandangnya, dan lihat cara berdiri lovebird sobat, pada lovebird jantan cara berdirinya lebih kekar dan lurus, dibandingkan dengan lovebird betina yang lebih membungkuk, mungkin hal ini disebabkan oleh lovebird betina sudah pernah bertelur.

11. Membedakan jenis kelamin lovebird jantan dan betina dengan cincin emas.
Cara ini mungkin bisa dibilang agak sedikit lucu ya, tapi nyatanya cara ini banyak digunakan pada kicaumania untuk membedakan jenis kelamin lovebird jantan dan betina, dan cara ini terbukti ampuh, tapi cara ini membutuhkan modal yang besar ya, karena sobat harus membeli cincin emas kecuali sobat sudah memilikinya, tapi jika sobat tidak memiliki cincin emas jangan dipaksakan, sobat juga bisa menggunakan jarum.

Ok langsung saja kita mulai, pertama-tama ambil lovebird sobat lalu pegang dengan menggunakan tangan kiri sobat. Selanjutnya ambil cincin emasnya/jarumnya lalu ambil juga benang yang berukuran 15-20 cm lalu ikat ujung benagnya ke cincin emas sobat.

Jika semua sudah siap mari kita mulai, tempatkan cincin emas tadi yang sudah diikat dengan benang tepat diatas kepala burung lovebird. Lalu perhatikan gerakan cincin emasnya, jika cincin emasnya bergerak maju munduh searah berarti dapat dipastikan bahwa lovebird ini berjenis kelamin jantan, tapi jika cincinya bergerak memutar berarti lovebird ini berjenis kelamin betina.

12. Melihat perilaku lovebird pada saat birahi.
Cara selanjutnya untuk membedakan jenis kelamin lovebird jantan dan betina yaitu dengan cara melihat kelakukan lovebird pada saat birahi.

Pada saat birahi lovebird jantan akan berdiri didekat lovebird betina sambil manggaut manggut untuk menarik perhatian lovebird betina, kemudian lovebird jantan akan mengeluarkan suara untuk menarik perhatian lovebird betina, terkadang juga lovebird jantan melompati lovebird betina, mondar mandir memanggil pasangan, meloloh lovebird betina dan juga meloloh lovebird betina sampai akhirnya menaiki lovebird betina.

Sementara itu lovebird betina merundukan badanya sambil membuka sayapnya lebar-lebar. Salah satu pertanda bahwa lovebird betina sedang birahi akan menggigit benda benda yang ada didekatnya. Tapi sebenarnya tidak hanya lovebird jantan saja yang menggesek gesek ditangkringan biasanya juga lovebird betinapun melakukan hal yang sama.

13. Melihat saat membuat sarang.
Untuk membedakan jenis kelamin lovebird jantan dan betina ini juga bisa kita lihat pada saat lovebird membuat saranya, pada saat membuat sarangnya biasanya yangblebih aktif mengumpulkan bahan-bahan sarang yaitu lovebird betina, sedangkan lovebird jantan hanyaakan membantu memberikan bahan sarangnya kepada lovebird betina, barulah setelah itu lovebird betina yang merancang sarangnya.

14. Test DNA
Dari beberapa cara diatas tentang cara membedakan lovebird jantan dan betina, cara inilah yang paling akurat bisa dibilang 99.9% paling akurat. Karena cara ini langsung dilakukan oleh dokter hewan, cara ini dilakukan dengan menggunakan teknologi sehingga keakuratanya itu sangat terjamin, namun terdapat kelemahan yang sangat tinggi yaitu harga dalam melakukan test DNA sangatlah mahal, malahan bisa lebih mahal dibandingkan harga burungnya.

Itulah beberapa cara membedakan lovebird jantan dan betina yang menurut kami cara ini sangat umum dan juga sangat akurat. Semoga cara ini bisa membantu sibat kicau untuk membedakan jenis kelamin lovebird jantan dan betina sobat. Salam kicau mania.