-->

Header Menu

Cara Memilih Lovebird Ombyokan Yang Prospek Ngekek Panjang

Cara Memilih Lovebird Ombyokan Yang Prospek Ngekek Panjang

Assalamualaikum kicau mania sesabang dan setanah air. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips tentang cara memmilih ombyokan lovebird yang akan mampu ngekek.


Baca juga: Cara Membedakan Anakan Lovebird Jantan Dan Betina

Pasti alasan sobat sekalian lebih suka memilih Burung Lovebird ombyokan pasti karena harganya yang lebih terjangkau dan juga pasti dikarena oleh lebih senang memilih-memilih lovebird yang paling sesuai menurut sobat paling bagus. Memang lovebird ombyokan memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan lovebird rumahan yang sudah dirawat teratur setiap hari.

Karena lovebird yang masih dalam kandang ombyokan terkenal pasti lovebird ini masih belum memiliki skil dan juga belum dilakukan pelatihan seperti halnya lovebird rumahan yang telah mendapatkan pelatihan yang bagus setiap harinya.

Selain dikarenakan harganya yang relatif murah, kita juga lebih enak dan lebih leluasa dalam memilih-milih warna yang yang bagus dari burung lovebird.

Pada umumnya, dan banyak yang percaya bahwa lovebird dengan warna hijau lebih bagus untuk dipelihara dari ombyokan, dikarenakan lovebird yang berwarna dasar hijau lebih mudah untuk dilatih, dan juga dipercaya setelah dilatih dengan benar lovebird jenis ini mamp ngekek panjang setelah dilatih dengan benar.

Berbeda dengan lovebird yang berwarna hijau yang mampu ngekek panjang setelah dilatih dengan baik. Ternyata lovebird yang memiliki warna putih pada paruhnya ternyata burung jenis ini kurang baik untuk diperlombakan, burung ini tidak mampu ngekek panjang dan penampilanya kurang maksimal.

Hal tersebut juga dipengaruhi oleh keturunan dan trah dari burung lovebird tersebut.
Maka dari itu jika sobat lebih suka memilih burung lovebird ombyokan sobat harus ekstra teliti dalam memilih lovebird yang bagus dan mampu ngekek panjang nantinya.

Setelah sobat telah menemukan kategori jenis lovebird yang memiliki prospor bagus, lovebird ini nantinya bisa sobat gunakan untuk gacoan pada saat ajang perlombaan.

Burung lovebird memang memiliki banyak jenis dan kriterianya yang mana yang berkualitas dan yang mana yang biasa aja, maka dari itu kita harus tau bagaimana kritea atau ciri-ciri lovebird yang memiliki kemampuan bagus pada saat dilatih. Karena kita tahu bahwa burung lovebird merupakan burung impor yang memiliki harga yang tidak murah.

Jadi jangan sampai salah dalam memilih jenis lovebird yang bagus. Untuk itu saya akan mengajarkan bagaimana cara memilih ciri-ciri lovebird yang berkualitas. Berikut caranya:

1. Memilih jenis kelaminya.
Berbeda dengan cara memilih jenis burung kicau pada umumnya, contohnya saja jika kita memilih burung pleci untuk diperlombakan, pasti kita memilih burung pleci dengan jenis kelamin jantan. Tapi untuk burung lovebird kita harus memilih lovebird dengan jenis kelamin betina, karena lovebird betina dipercaya lebih cerewet dan mampu ngekek panjang dan lebih sering bunyi pada saat kontes perlombaan lovebird.

2. Melihat bentuk paruhnya.
Selain harus memperhatikan jenis kelaminya kita juga harus memperhatikan bentuk paruh lovebird yang akan kita beli. Pilihlah jenis lovebird yang memiliki bentuk paruh yang memiliki pangkal yang besar, karena, jenis lovebird yang memiliki pangkal paruh yang besar dipercaya mampu mengeluarkan suara yang kuat dan nyaring. Jangan memilih lovebird yang memiliki parung yang tipis dan lebar, karena lovebird jenus ini dipercaya tidak mampu mengeluarkan suara yang nyaring.

3. Memlihat ukuran kepala lovebird.
Selanjutnya yang harus kita perhatikan dalam memilih lovebird yang bagus dan berkualitas dan juga cocok untuk dilomba yaitu jenis lovebird yang memiliki bentuk atau ukuran kepala yang besar. Karena lovebird yang memiliki ukuran kepala yang besar dipercaya bahwa memiliki mental yang lebih baik pada saat diikutkan perlombaan.

4. Melihat postur tubuh lovebird.
Lovebird yang memiliki postur tubuh yang sedang dipercaya mampu mengeluarkan suara ngekek yang lebih baik dengan lovebird yang memiliki postur tubuh yang besar.

Pastikan bahwa jenis keturunan lovebird yang kamu pilih memiliki ukuran postur tubuh yang sedang. Selain harus memilih postur tubuh yang sedang sobat juga harus memilih lovebird yang memiliki leher lovebird yang panjang dan memiliki kaki dan ekor yang serasi.

5. Melihat bentuk sayapnya.
Pilihlah jenis lovebird yang memiliki bentuk sayap yang mengepit, dan juga memiliki kaki yang mampu mencengkram kuat pada saat bertengger di tangkringanya.
Beberapa hal diatas dapat menandakan bahwa lovebird ini dalam keadaan yang sehat.
Saran saya jangan memilih lovebird yang loyo dan murung  didalam sangkarnya.

6. Melihat kaki lovebird.
Selanjutnya yang perlu diperhatikan yaitu kaki lovebird.
Pilihlahlah jenis lovebird yang memiliki kaki yang besar dan juga terlihat kering.
Karena lovebird yang memiliki kaki yang besar dipercaya lebih gampang untuk dilatih ngekek buat perlombaan.

7. Melihat bentuk bola mata lovebird.
Sobat juga harus memperhatikan bentuk bola mata lovebird yang hendak sobat beli. Belilah jenis lobird yang memiliki bentuk bola mata yang bulat, memiliki warna putih yang tebal dan juga memiliki sorotan mata yang tajam. Karena burung jenis ini dipercaya bahwa suatu saat mampu menjadi burung jawara.

8. Melihat ukuran leher lovebird.
Dan yang terakhir yang harus sobat perhatikan dalam memilih lovebird ombyokan yaitu lilihlah jenis lovebird yang memiliki ukuran leher yang panjang dan besar, jika lehernya panjang pasti lovebird yang sobat miliki sering bunyi, dan jika sudah dirawat dengan benar maka lovebird jenis ini memiliki peluang yang besar untuk menjadi lovebird jawara.

Baca juga: Cara Melatih Lovebird Biar Bisa Ngekek Panjang

Ok, itulah beberapa tips tentang cara memilih lovebird ombyokan yang harus sobat perhatikan. Jika sobat telah mendapatkan jenis lovebird yang menurut sobat bagus, selanjutnya yang harus lakukan yaitu melatihnya untuk cara melatihnya silahkan ikuti caranya disini.